Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Halaman 7, 9, 10, 11, 12, 13
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Halaman 7, 9, 10, 11, 12, 13- Pembelajaran Kelas 2 Tema 7 Kebersamaan Subtema 1 Kebersamaan di Rumah Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran MTK, B.Indonesia dan SBDP.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 2 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1-14 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Tema 7
Kebersamaan
Kebersamaan
Siti tinggal bersama keluarga. Di rumah Siti ada Ayah, Ibu, Siti, dan Ali. Mereka sering makan malam bersama. Ayah Siti sering bercerita usai makan malam. Siti dan Ali menyukai cerita binatang. Siti anak yang rajin di sekolah. Di sekolah, Siti dan teman-temannya hidup rukun. Beberapa kegiatan di sekolah dikerjakan bersama. Siti sering bermain dengan teman. Mereka saling menghormati.
Subtema 1
Kebersamaan di Rumah
Suasana kebersamaan di rumah Siti pada hari Minggu. Ayah, Ibu, Siti, dan Ali berada di depan rumah. Siti dan Ali sedang memberi makan ayam. Ayah membersihkan selokan. Ibu menyapu halaman belakang rumah. Seusai bekerja, mereka makan bersama.
Pembelajaran 1
Kebersamaan di Rumah Siti
Ayo mengamati
Ayah Siti pandai mendongeng. Siti sangat suka dengan dongeng. Hampir setiap minggu ayah Siti mendongeng. Seusai mendongeng, ayah Siti menceritakan isi dongeng. Banyak sekali contoh yang baik dalam dongeng.
Ayo bercerita
Dengarkan dongeng “Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan” yang disampaikan oleh guru!
Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan
Di sebuah gurun pasir, hiduplah Ular dan Tikus pasir. Sebenarnya sang Ular sangat ingin memangsa tikus, sedangkan tikus berusaha mencari akal agar ular tidak lagi berniat memangsanya. Saat itu sang Ular sangat lapar, padahal ia sedang tidak mempunyai sedikit pun
makanan. Sedangkan tikus yang berada tidak jauh dari sang Ular sedang asyik melahap makanannya. Sang Ular merasa tidak senang melihat kelakuan Tikus.
Ular : “Dengarkan ucapanku, wahai Tikus yang angkuh! Aku pasti akan mendapatkan tubuhmu
yang mungil dan lezat itu!”
Tikus : “Hei, Ular. Berusaha dan bekerjalah. Jangan hanya berani mengancam. Kalau hany mengancam, seekor semut pun bisa!”
Sang Ular sangat marah mendengar ejekan Tikus. Ia lalu kembali ke sarangnya dengan perut yang lapar. Sedangkan Tikus masih lahap dengan makanannya.
Waktu terus berjalan, tetapi ular tidak juga menemukan makanan. Ia juga enggan untuk keluar dari sarangnya. Sementara itu Tikus sudah lelap dalam sarangnya. Ular yang masih dalam keadaan lapar segera mengandapendap mendekati sarang Tikus meski ia masih sangat kesal terhadap Tikus.
Dan kini ular telah berada di sisi Tikus yang sedang tidur pulas.
Ular : “Hei, Tikus. Aku sudah berada di sebelahmu dan siap untuk menyantapmu!” Tikus segera terbangun dari tidurnya. Sambil berpura-pura menguap, ia mulai memutar otak agar bisa lolos dari cengkeraman sang Ular.
Tikus : “Tunggu dulu Ular, sahabatku. Kalau kau ingin memakanku, kau harus berpikir dulu. Kita hanya berdua di sini, tidak ada hewan lain. Jika kau memakanku maka kau akan sendiri. Kau tidak akan mempunyai teman yang dapat kauajak mencari makan. Kalau begitu kau tidak akan makan dan akhirnya kau akan mati!”
Sejenak sang Ular terdiam. Ia mencoba merenungkan nasihat Tikus.
Ular : “Jadi, kita tidak bisa hidup sendiri?”
Tikus : “Tentu. Bukankah kita bisa berteman dan tentunya kita dapat mencari makan
bersama. Bukankah itu lebih menyenangkan daripada nantinya setelah kau memakanku kau hanya akan hidup sendiri.”
Ular mengangguk tanda mengerti.
Ular : “Baiklah kalau begitu, maafkan aku!”
Tikus pun memaafkan ular. Mereka tersenyum bahagia, kemudian beranjak mencari makanan bersama-sama.
(Nurngaini Solihati, 2007)
Ayo mencoba
Ayo cari tahu tentang isi dongeng yang disampaikan oleh guru!
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 7
1. Siapakah yang diceritakan dalam dongeng tersebut?
2. Bagaimana kecerdikan Tikus?
3. Mengapa Ular dan Tikus dapat hidup bersama?
Alternatif Jawaban :
1. Dongeng di atas menceritakan kisah ular dan tikus
2. Kecerdikan tikus adalah tikus berusaha mencari akal agar ular tidak lagi berniat memangsanya
3. Ular dan tikus dapat hidup bersama karena karena mereka saling memaafkan dan memutuskan untuk bersahabat serta mencari makan bersama.
Ayo berdiskusi
Diskusikan tentang isi dongeng yang telah kamu dengar dari guru! Sampaikan di depan kelas!
Alternatif Jawaban :
Dongeng tersebut menceritakan kisah ular yang ingin memakan tikus. Karena tikus memiliki banyak akal, tikus mengatakan kepada ular kalau dia akan sendiri jika dia memakan tikus. Ular setuju dan memutuskan berteman dengan tikus, dan mereka mencari makan bersama.
Ayo mengamati
Ibu menghidangkan 3 buah kue donat. Setiap kue dipotong menjadi dua potongan sama besar. Siti, Ali, dan Ayah mengambil masing-masing 1 potong. Siti sangat senang bersama keluarga di rumah.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 9
Ayo berdiskusi
1. Mengapa dua bagian donat di samping masing-masing disebut setengah?
2. Mengapa dua bagian donat di samping masing-masing tidak disebut setengah?
Alternatif Jawaban :
1. Karena dari satu donat utuh dibagi 2 sehingga memiliki 2 bagian donat yang sama besar.
2. Bagian donat tersebut tidak dapat disebut setengah karena tidak dibagi setengah dengan ukuran yang sama besar
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 10
1. Sebuah donat dibagi menjadi dua bagian sama besar. Setiap bagian disebut .... bagian.
2. Siti memiliki kertas berbentuk persegipanjang. Kemudian kertas tersebut ia potong menjadi dua bagian sama besar. Setiap potong kertas adalah .... bagian.
3. Siti memiliki kue donat. Siti ingin mendapatkan setengah bagian dari kue tersebut. Siti harus memotong kue tersebut menjadi .... bagian sama besar
4. Agar mendapatkan kue ½ bagian, maka kita harus membagi dua kue tersebut dengan ukuran ....
Alternatif Jawaban :
1. ½
2. ½
3. 2
4. Sama besar
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 11
Alternatif Jawaban :
Di dekat rumah Siti terdapat Pos Penjagaan. Di sana terdapat kentongan. Kita dapat membuat bunyi kentongan bervariasi. Bunyi yang teratur berulang disebut birama.
Jika dua bunyi di atas dibandingkan maka bunyi 1 lebih kuat daripada bunyi 2.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 12, 13
Ayo berlatih
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah!
1. Sebutkan dua bunyi yang ada di sekitarmu!
Kemudian, tentukan bunyi yang lebih kuat dan bunyi yang lemah!
Bunyi yang lebih kuat adalah ....
Bunyi yang lebih lemah adalah ....
2. Siti menyebutkan bunyi yang dihasilkan bendabenda berikut:
Bunyi yang paling kuat adalah nomor ....
Bunyi yang paling lemah adalah nomor ....
Alternatif Jawaban :
1. Bunyi pukulan telapak tangan ke meja dan tepuk tangan.
Bunyi yang lebih kuat adalah pukulan telapak tangan ke meja .
Bunyi yang lebih lemah adalah tepuk tangan .
2. Bunyi yang paling kuat adalah nomor 3
Bunyi yang paling lemah adalah nomor 2
Ayo mencoba
Lakukan kegiatan seperti gambar untuk membedakan bunyi kuat dan bunyi lemah!
Coba kamu menyanyikan lagu "Cicak" dengan iringan bunyi kuat dan bunyi lemah, bunyi kuat di bagian depan!
Beberapa irama dapat digabungkan.
Misalnya, irama dari kentungan dan tongkat kayu yang dipukul.
Kalian juga dapat membuat irama dengan memukul meja dan tepuk tangan.
Kegiatan bersama orang tua
Coba berikan contoh bunyi kuat dan bunyi lemah di sekitar rumahmu!
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Halaman 7, 9, 10, 11, 12, 13 - Pembelajaran Kelas 2 Tema 7 Kebersamaan Subtema 1 Kebersamaan di Rumah Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Halaman 7, 9, 10, 11, 12, 13"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.