Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Halaman 61, 62, 63, 64, 66, 67

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Halaman 61, 62, 63, 64, 66, 67- Pembelajaran Kelas 2 Tema 7 Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKN, B.Indonesia dan PJOK

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 2 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 59-69 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Subtema 2

Kebersamaan di Sekolah

Kebersamaan di Sekolah

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 59

Siti adalah siswa kelas 2 SDN Nusantara 01. Siswa-siswi kelas 2 hidup rukun. Mereka setiap hari belajar di sekolah bersama. Teman Siti di sekolah berasal dari berbagai daerah. Teman Siti berasal dari beragam suku. Mereka juga menganut beragam agama. Mereka belajar dengan giat dan rukun. Siswa kelas 2 dapat hidup bersama.

Pembelajaran 1

Ayo Mengamati

Upacara Bendera

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 60

Setiap hari Senin SDN Nusantara 01 melaksanakan upacara bendera. Siswa berbaris sesuai kelas masing-masing. Kelas dua berbaris satu barisan dipimpin seorang siswa. Siti menjadi pimpinan barisan.
Siti dan teman-temannya sangat senang mengikuti upacara bendera. Seusai kegiatan upacara bendera, ibu guru akan menyampaikan cerita. Ibu guru akan mendongeng. Siti dan teman-temannya bergegas masuk kelas.

Ayo Berlatih
Simak dan dengarkan dongeng yang akan disampaikan guru!
Ayo, dengarkan cerita fabel “Ikan dan Burung”!

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 61

 

Ikan dan Burung

Di sebuah hutan hiduplah dua binatang yang saling bersahabat. Binatang itu adalah Burung dan Ikan. Keduanya sangat dekat dan selalu saling membantu. Kedekatan keduanya ini tidak terjadi begitu saja, melainkan melalui suatu kejadian yang mengubah mereka. Waktu itu Ikan sedang
beristirahat di pinggiran sungai. Ia memandangi biji-bijian di pohon tepat di atasnya.

“Kelihatannya biji-bijian itu enak dimakan,” kata Ikan dalam hati. Ia lalu berusaha meloncat setinggi-tingginya untuk mendapatkannya.  Berkali-kali ia meloncat, namun tidak berhasil mencapai biji-bijian itu. Ia hanya bisa memandangi biji-bijian itu. Saat sedang memandangi biji-bijian itu, perhatiannya teralihkan oleh seekor Burung yang berterbangan ke sanakemari.

“Tuhan, kenapa Engkau tidak memberiku sayap untuk terbang agar aku bisa meraih biji-bijian itu?“ kata si Ikan dalam hati. Kita tinggalkan si Ikan dan beralih ke Burung. Setelah beterbangan, Burung lalu hinggap di salah satu dahan pohon di pinggir sungai untuk beristirahat.  Saat itu ia melihat ke air. Di dasar air sungai itu ia melihat banyak sekali cacing bergeliatan.

Kelihatannya cacing-cacing itu enak dimakan,” Kata Burung dalam hati. Ia lalu berusaha masuk ke dalam air untuk menyelam dan menangkap cacing-cacing itu. Namun, ia tidak berhasil karena ia tidak bisa berenang. Ia hanya bisa memandangi cacing itu dari atas pohon. Saat sedang memandangi cacing-cacing di dalam air, perhatiannya teralihkan pada Ikan yang sedang berenang di dalam air.

“Tuhan, kenapa Engkau tidak memberiku ekor dan sirip untuk berenang agar aku bisa meraih cacing-cacing dalam air itu?” kata si Burung dalam hati. Akhirnya Ikan dan Burung saling tahu kesulitan masing-masing. Berkalikali si Ikan melihat Burung menyelam ke air untuk mendapatkan cacing.

Demikian pun si Burung berkali-kali melihat Ikan meloncat-loncat untuk mendapatkan biji-bijian. Lalu mereka berkenalan.
“Hei Ikan, apakah kau menginginkan biji-bijian ini?” kata Burung.
“Benar, tetapi aku tidak punya sayap sepertimu sehingga tidak bisa terbang mendapatkan biji-bijian itu,” jawab si Ikan.
“Aku juga menginginkan cacing di dasar sungai, tetapi aku tidak punya sirip sepertimu sehingga tidak bisa mendapatkan cacing-cacing itu,” balas siBurung.
“Bagaimana jika kau membantuku mengambil biji-bijian itu dan aku akan membantumu mendapatkan cacing-cacing di dasar sungai,” ajak si Ikan.
“Wow ide bagus, aku setuju,” sahut si Burung. Akhirnya, Ikan dan Burung menjadi sahabat dan saling membantu.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 61

Ayo Bercerita
Ayo, ceritakan kembali dongeng yang telah disampaikan guru!

Alternatif Jawaban :
Di sebuah hutan hiduplah dua binatang yang saling bersahabat. Binatang itu adalah Burung dan Ikan. Kedekatan keduanya ini tidak terjadi begitu saja, melainkan melalui suatu kejadian yang mengubah mereka. Kedekatan keduanya diawali dari keinginan mereka, ketika siburung ingin mendapatkan cacing didalam air akan tetapi siburung tidak bisa berenang begitupun dengan si ikan, ketika si ikan menginginkan biji-bijian dipohon akan tetapi dia tidak bisa terbang untuk menggapai pohon itu.
Ketika burung berkali-kali melihat Ikan meloncat-loncat untuk mendapatkan biji-bijian dan si ikan melihat Burung menyelam ke air untuk mendapatkan cacing mereka pun berkenalan dan saling membantu, burung membantu mengambilkan biji-bijian dan ikan membantu burung untuk mengambil cacing-cacing di air. Ketika kejadian itu Ikan dan Burung menjadi sahabat dan saling membantu.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 62

Ayo Berlatih
1.     Siapakah tokoh dongeng yang disampaikan guru?
2.     Di manakah tempat dari cerita tersebut?
3.     Di manakah tempat hidup Cacing yang akan di makan oleh burung?
4.     Burung ingin membantu Ikan dengan cara …
5.     Ikan ingin membantu Burung dengan cara …
6.     Setelah Ikan dan Burung berkenalan, maka mereka …

Alternatif Jawaban :
1. Ikan dan Burung
2. Di pinggiran sungai
3. Di dasar sungai
4. Mengambil biji-bijian
5. Menangkap cacing dasar sungai
6. Menjadi sahabat dan saling membantu

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 63

Ayo Berdiskusi
Ayo diskusikan tentang sikap hidup rukun di kelas!
Tuliskan hasil diskusimu!

Sikaphidup rukun dikelas

Alternatif Jawaban :
Sikap kita kepada teman di kelas, kita harus saling menghargai dan menghormati satu sama lainnya ketika kita memiliki teman yang berbeda pendapat dengan kita ataupun memiliki hobi yang berbeda agar tercipta hidup rukun dikelas.

Tuliskan contoh sikap hidup rukun di kelas!

Alternatif Jawaban :
1.    Ketika kita mempunyai teman memiliki kesukaan yang berbeda dengan kita kita harus menghargai dan menghormatinya
2.    Menjaga kebersihan kelas dengan adanya jadwal piket atau kerja bakti
3.    Tidak bercanda dengan kalimat yang mengejek
4.    Menolong teman yang sakit
5.    Menjalankan piket kelas
6.    Melaksanakan upacara dengan tertib
7.    Mengutamakan musyawarah apabila ingin mengambil keputusan bersama
8.    Tidak memilih-milih teman, berteman dengan siapa saja tanpa melihat perbedaan
 
Membuat Kartu Pecahan
Siti dan teman-teman diberi tugas membuat kartu pecahan. Masing-masing siswa membuat tiga kartu pecahan. Siti membuat pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat.

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 64

Dalam membuat pecahan, membagi gambar harus sama besar.
Perhatikan gambar yang menunjukkan pecahan setengah berikut!

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 64 K13

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 65

Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.    Perhatikan kumpulan gambar bangun berikut!

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 65

Banyak bangun di atas adalah ...
Bangun warna biru dapat dinyatakan dengan pecahan ...

2.    Perhatikan kumpulan gambar bangun berikut!

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 65 K13

 Banyak bangun di atas adalah ...
Bangun warna biru dapat dinyatakan dengan pecahan ...

3.    Perhatikan kumpulan gambar bangun berikut!

 

Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 65 K13

Banyak bangun tersebut adalah ...
Bangun warna biru dapat dinyatakan pecahan ...

Alternatif Jawaban :

1. Banyak bangun 2, banyak warna biru dapat dinyatakan dengan pecahan 1/2   .
2. Banyak bangun 3, banyak warna biru dapat dinyatakan dengan pecahan 1/3 .
3. Banyak bangun 4, banyak warna biru dapat dinyatakan dengan pecahan 1/4 .

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 66, 67

Ayo Berlatih
Pilihlah pecahan berikut sesuai gambarnya dengan memberi tanda centang ( √ )!

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 66

Alternatif Jawaban :

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 66 K13

 Ibu Guru sering menceritakan berbagai dongeng hewan. Banyak hikmah atau contoh perbuatan baik dari dongeng. Mereka dapat hidup rukun dan menjaga kebersamaan. Ibu Guru hari ini mengajarkan tari gerakan kijang.

Gerak Dasar Tari Kijang

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 68-1

 Berlari-lari kecil ke arah depan dengan posisi tangan di kepala seperti tanduk. Pandangan lurus ke depan.

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 68-2

 Melompat ke kanan dan ke kiri. Posisi tangan lurus, jari membuka. Posisi badan membungkuk.

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 68-3
Menggerakkan tangan ke samping kanan dan kiri, posisi kaki jongkok seperti gambar.

Ayo Mencoba
Lakukan gerakan kepala, tangan, dan kaki seperti seperti gambar di atas! Siswa dapat merangkai urutan gerak kijang atau menambah gerakangerakan lain yang sesuai gerakan kijang.

Kegiatan Bersama Orang Tua
Dengan bantuan orang tua, siswa belajar mengenal pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Halaman 61, 62, 63, 64, 66, 67- Pembelajaran Kelas 2 Tema 7 Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Halaman 61, 62, 63, 64, 66, 67"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel