Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 146, 148. 149, 150, 153

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 146, 148. 149, 150, 153-Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran PJOK, B. Indonesia dan IPA.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 145-153 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 145 Ayo Mencoba

Pernahkan kamu bermain Engklek? Permainan ini adalah permainan tradisional yang sangat banyak dimainkan oleh anak-anak di Indonesia. Engklek merupakan permainan lompat pada bidang datar yang digambar di atas tanah. Permainan Engklek biasa dimainkan oleh dua sampai lima orang.
Mau tahu cara bermainnya? Ayo, kita coba!
Sebelumnya kamu harus mendiskusikan dengan temanmu cara bermainnya.

Permainan Engklek

Jumlah Pemain:Dua sampai lima orang.
Peralatan:
• Gacuk/pecahan genting
• Kapur/tepung untuk garis batas
 Cara Bermain:
• Lompatlah dengan menggunakan satu kaki di setiap petak-petak yang telah digambar.
• Siapkanlah gacuk sebelum bermain.
• Lemparlah gacuk ke salah satu petak.
• Petak yang ada gacuk-nya tidak boleh diinjak/ditempati oleh setiap pemain.
• Lompatlah ke petak berikutnya dengan satu kaki mengelilingi petakpetak yang ada.
• Pilihlah sebuah petak yang dijadikan sawah setelah menyelesaikan satu putaran. Petak itu boleh diinjak dengan dua kaki. Pemain lain tidak boleh menginjak petak itu selama permainan.
• Pemain yang memiliki sawah yang paling banyak adalah pemenangnya.

Permainan Engklek memerlukan keterampilan lokomotor, yaitu kemampuan untuk melakukan gerakan anggota tubuh sehingga seluruh tubuh berpindah tempat. Keterampilan lokomotor sangat penting untuk mengukur kemampuan motorikmu.
 Beberapa keterampilan lokomotor dasar yang perlu kamu kuasai adalah:
• berjalan
• berlari
• melompat

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 146

1.  Apa saja keterampilan lokomotor yang kamu perlukan dalam permainan engklek?
2.  Apakah kamu dapat melakukan keterampilan tersebut dengan baik? Jelaskan.
 

Alternatif Jawaban :
1. Gerakan lokomotor yang terdapat dalam permainan engklek diantaranya adalah berjalan dengan satu kaki, berlari dan melompat
2. Iya tentu saja saya dapat melakukannya dengan baik, ketika bermain engklek kita harus memiliki keseimbangan yang baik agar melakukan permainan dengan lancar.

Ceritakan pengalamanmu bermain engklek kepada temanmu.
• Apa kesulitan yang kamu temui ketika bermain engklek?
• Apa yang berhasil kamu capai?
• Apa manfaat permainan engklek bagimu?

Ayo Menulis

Selain permainan Engklek, bangsa Indonesia juga mempunyai banyak permainan yang diwariskan secara turun-temurun. Mari kita cari tahu lebih jauh tentang budaya Fahombo Batu atau Lompat Batu yang biasa dilakukan oleh Msasyarakat Nias.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 148, 149, 150

Dengarkan gurumu saat bercerita. Tulislah gagasan pokok dan pendukungnya pada diagram yang ada.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 148

Diskusikan dengan temanmu gagasan-gagasan yang telah kamu hasilkan.

Dengarkan lagi cerita selanjutnya dari gurumu. Lakukan hal yang sama dengan mengisi diagram setelahnya.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 149

Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 150
Setelah kamu mengenal tradisi Fahombo Batu, sekarang saatnya kamu mengenal keunikan budaya yang ada di daerahmu.
Apakah di daerahmu juga terdapat budaya yang unik.

Alternatif Jawaban :

Fahombo Batu

Tradisi lompat batu berasaldari suku Nias. Suku Nias berasal dari pulau Nias yang terletak disebelah barat Pulau Sumatra. Lompat batu atau yang dikenal dengan nama “ Fahomba Batu ” merupakan ciri khas masyarakat Nias.

Tradisi melompat batu haya dilakukan oleh kaum laki-laki, khusus pemuda. Mereka harus melompati susunan batu setinggi 2 meter dengan ketebalan 40cm. Tradisi ini bertujuan untuk menunjukan kekuatan dan ketangkasan para pemuda yang melakukannya.

Seseorang yang berhasil melakukan tradisi ini dianggap hebat, baik bagi dirinya maupun keluarga dan masyrakat di desa itu.

Alternatif Jawaban Paragraf 1

Gagasan pokok : Fahombo batu dari Nias
Gagasan pendukung : Fahombo batu merupakan ciri khas masyarakat Nias.

Alternatif Jawaban Paragraf 2
Gagasan pokok : Menunjukan kekuatan dan ketangkasan
Gagasan pendukung : Tradisi ini bertujuan untuk menunjukan kekuatan dan ketangkasan para pemuda yang melakukannya.  

Alternatif Jawaban Paragraf 3
Gagasan pokok : Dianggap hebat
Gagasan pendukung : Seseorang yang berhasil melakukan tradisi ini dianggap hebat.

 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 151

Ayo Berlatih

Beberapa permainan tradisional membutuhkan teriakan pemainnya. Semakin
banyak yang berteriak, semakin banyak pula suara yang kita dengar.

Pernahkah kamu mencoba berteriak di lapangan? Apa yang terjadi?
Bandingkan juga ketika kamu berteriak di kamar mandi. Apa perbedaannya?

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 151 K13

 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 152

Kita bisa menemui gendang di banyak wilayah di Indonesia. Pernahkah kamu memperhatikan bagaimana bunyi pada gendang? Gendang dapat berbunyi jika kulit gendang dipukul. Saat dipukul, kulit gendang bergetar. Getaran ini menghasilkan bunyi. Bunyi tersebut masuk ke sebuah rongga yang terdapat di bawah kulit. Bentuk rongga memengaruhi bunyi yang dihasilkan. Makin kecil dan panjang rongga pada gendang, makin nyaring bunyi yang dihasilkan.

Bacalah teks tentang Pemantulan dan Penyerapan Bunyi agar kamu lebih paham!

Pemantulan dan Penyerapan Bunyi

Bunyi dapat dipantulkan dan diserap.
1.  Pemantulan Bunyi
Sebuah kelereng yang kita lempar ke dinding yang keras akan mengalami pemantulan, demikian juga dengan bunyi. Bunyi juga dapat memantul, jika dalam perambatannya dihalangi oleh benda yang permukaannya keras, seperti kayu, kaca, dinding, atau besi.

2. Penyerapan Bunyi Bunyi juga dapat diserap. Benda-benda yang dapat menyerap bunyi adalah benda yang permukaannya lunak. Benda yang demikian disebut peredam bunyi, misalnya karpet, goni, kertas, kain, busa, dan wol. Benda-benda tersebut dapat digunakan untuk mencegah terjadinya gaung atau kerdam. Dinding dan langit-langit gedung pertemuan, studio rekaman, dan gedung bioskop dilapisi dengan bahan-bahan tersebut supaya tidak terjadi gaung atau kerdam

Macam-Macam Bunyi Pantul

1. Gaung atau Kerdam

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 152 K13

Gaung atau kerdam terjadi karena bunyi dipantulkan oleh dinding yang jaraknya tidak jauh dari sumber bunyi. Hal itu menyebabkan datangnya bunyi pantul bersamaan dengan bunyi asli yang belum selesai terucapkan. Akibatnya, bunyi pantul mengganggu bunyi asli sehingga suara yang terdengar tidak jelas.
2. Gema

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 153
Gema terjadi karena bunyi dipantulkan oleh dinding yang jaraknya jauh dari sumber bunyi. Hal itu menyebabkan datangnya bunyi pantul setelah bunyi asli selesai terucapkan. Jadi, bunyi pantul yang terdengar lengkap sesudah bunyi asli.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 153 K13
Gema sering terjadi di gua-gua, lembahlembah, dan bukit-bukit yang jaraknya jauh serta permukaannya keras dan rapat. Selain itu, gema juga dapat dipergunakan untuk mengukur kedalaman jurang atau gua.

Bersama teman kelompokmu, lakukan beberapa percobaan berikut.
1. Ambil beberapa botol atau alat lainnya yang menghasilkan bunyi seperti ember, gelas atau kaleng.
2. Bunyikan peralatan tersebut di dalam ruangan.
3. Bunyikan peralatan tersebut di luar ruangan
4. Catat hasilnya dan bandingkan.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 153

Ayo Renungkan

• Sikap apa yang perlu kamu praktikkan dalam permainan engklek? Mengapa?
Alternatif Jawaban :
Keseimbangan, agar kita dapat bermain engklek dengan baik

• Apa saja yang kamu ketahui tentang bunyi?
Alternatif Jawaban :
Bunyi adalah getaran yang merambat sebagai gelombang akustik melalui media transmisi seperti gas, cairan atau pada.

• Bagaimana sikapmu setelah belajar tentang kedua hal ini?
Alternatif Jawaban :
Lebih baik lagi dalam memahami permainan dan bunyi.

Kerja Sama Bersama Orang Tua

Praktikan pemantulan dan penyerapan bunyi di rumah bersama temanmu.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 146, 148. 149, 150, 153 - Pembelajaran Kelas 4 Tema Indahnya Kebersamaan Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan Pembelajaran 3 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 146, 148. 149, 150, 153"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel