Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 140, 141, 142, 143
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 140, 141, 142, 143 -Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran Matematika, PPKN dan SBDP.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 139-144 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Keberagaman Indonesia tercermin pada rumah adat. Kita harus mensyukuri keberagaman dan keindahan rumah adat tersebut.
Berikut adalah rumah adat dari berbagai provinsi di Indonesia.
Ayo Mengamati
Salah satu keunikan dari rumah adat Indonesia adalah bentuk sudut atapnya. Sudut-sudut pada segi banyak juga menjadi satu keunikan.
Coba amati segi banyak berikut. Bisakah kamu mengelompokkan segi banyak beraturan dan tidak beraturan berdasarkan sudutnya.
Ya, segi banyak beraturan memiliki sudut dan sisi yang sama. Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang keunikan sudut pada segi banyak beraturan.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 140, 141
Amatilah segi banyak beraturan berikut.
Ukurlah besar setiap sudut pada segi banyak. Hitung pula jumlah besar seluruh sudutnya.
Apa yang dapat kamu simpulkan?
Alternatif Jawaban :
Nama : Segi tiga sama sisi
Banyak sisi : 3
Besar sudut pada segi banyak : 60 º
Jumlah besar sudut pada segi banyak : 90 º
Nama : Persegi
Banyak sisi : 4
Besar sudut pada segi banyak : 90 º
Jumlah besar sudut pada segi banyak : 360 º
Nama : Segi lima beraturan
Banyak sisi : 5
Besar sudut pada segi banyak : 108 º
Jumlah besar sudut pada segi banyak : 540 º
Nama : Segi tujuh beraturan
Banyak sisi : 7
Besar sudut pada segi banyak : 128,6 º
Jumlah besar sudut pada segi banyak : 900, 2 º ( pembulatan 900 º )
Nama : Segi enam beraturan
Banyak sisi : 6
Besar sudut pada segi banyak : 120 º
Jumlah besar sudut pada segi banyak : 720 º
Apa yang dapat kamu simpulkan? Apa hubungan besar sudut pada segi banyak dengan sisinya?
Alternatif Jawaban :
Segi banyak beraturan memiliki besar sudut dan jumlah sisi yang sama.
Sekarang tanpa mengukur, coba kamu hitung sudut dalam pada bangun datar berikut.
Alternatif Jawaban :
Apa yang dapat kamu simpulkan?
Alternatif Jawaban :
Hubungan besar sudut pada segi banyak dengan sisinya adalah semakin banyak sisi pada bangun segi banyak maka semakin banyak sudut yang dibentuk.
Ayo Berdiskusi
Mozaik Kreasi Bersama
Lani duduk termenung di meja ruang tengah rumahnya. Di hadapannya terbentang sebuah karton besar. Masih kosong. Pak Burhan memberi tugas kepada anak-anak untuk membuat mozaik kreasi sendiri. Tugas tersebut harus dilakukan secara berpasangan. Lani berpasangan dengan Edo. Sejak kemarin Lani sudah mencari ide untuk tugas tersebut, tetapi ia belum menemukan yang sesuai.
“Ah, tunggu Edo saja,” pikir Lani.
Tugas bersama akan lebih baik hasilnya jika dikerjakan bersama.
Beberapa saat kemudian Edo datang. Benar saja dugaan Lani, Edo sudah mempunyai ide untuk mozaik mereka. Usul Edo adalah membuat mozaik rumah adat. Edo berasal dari Maluku. Ia sudah punya contoh gambar rumah adat Maluku. Baileo namanya. Menarik. Lani pun memberi usul untuk membuat juga mozaik rumah adat dari daerah lain. Rumah Gadang dari Padang, Rumah Kebaya dari Betawi, Rumoh Aceh, Rumah Joglo dari Jawa, atau Rumah Limas dari Sumatera Selatan. Rumah adat daerah-daerah di Indonesia memang beragam dan unik.
Mozaik rumah adat akan menjadi kreasi yang menarik. Selain itu, ketika nanti teman-teman mencoba merangkai mozaik, mereka akan belajar juga tentang keragaman rumah adat Indonesia.
Pak Burhan memang sengaja memberikan tugas membuat mozaik secara berpasangan. Bukan hanya untuk mengasah kreativitas, tetapi juga memunculkan diskusi, mengasah kerja sama, serta memecahkan masalah bersama-sama. Sama seperti mozaik. Ketika keping-kepingnya digabungkan menjelma menjadi gambar yang indah.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 142, 143
Berdasarkan teks di atas. Diskusikan pertanyaan berikut dengan kelompokmu. Presentasikan hasilnya di depan kelas.
1. Apa ide yang dimiliki Lani?
2. Apa ide yang dimiliki oleh Edo?
3. Bagaimana mereka menyikapi ide-ide berbeda?
4. Apakah ide mereka yang berbeda memberikan manfaat? Jelaskan!
5. Kerja sama apa yang terlihat pada cerita di atas?
6. Apa manfaat kerja sama dalam keberagaman?
7. Hal baik apa yang bisa didapatkan ketika mereka bekerja sama dalam keberagaman?
8. Nilai-nilai apa yang dapat kita contoh dari cerita Lani di atas?
Alternatif Jawaban :
1. Membuat rumah adat daerah lain.
2. Rumah adat Maluku
3. Dengan cara menghormati ide yang disampaikan oleh seseorang. Jika ide itu dirasa kurang tepat bisa dusempurnakan dengan ide yang lainnya tanpa adanya perpecahan.
4. Ide yang berbeda dapat memberikan manfaat yaitu memperkaya ide yang sudah ada.
5. Kerjasama membuat mozaik.
6. Agar tercipta kerukunan antar umat beragama. dan saling mendukung.
7. Saling memahami dan menghargai bahwa setiap orang itu berbeda, berbeda bukan berarti tidak dapat bersatu.
8. Kerjasama.
Terima kasih Tuhan Engkau memberikan kami teman-teman yang berbeda. Dari mereka kami
bisa belajar banyak hal. Terima kasih Engkau anugrahkan perbedaan pada kami.
Bagaimana dengan kamu, Pernahkah kamu bekerja sama dalam perbedaan.
Coba ceritakan pengalamanmu
1. Jenis kerja sama.
2. Perbedaan yang ada.
3. Manfaat dari kerja sama dalam perbedaan.
4. Nilai-nilai baik yang bisa kamu ambil.
Tulislah ceritamu, dan ceritakan kepada temanmu.
Ayo Berkreasi
Berlatihlah kembali Tari Bungong Jeumpa dengan formasi berdiri dan duduk. Jangan lupa gunakan iringan musik. Kamu akan tampil di depan kelas pada pertemuan ke 6. Pastikan bahwa kamu dan teman-teman kelompokmu hafal gerakannya.
Ayo Renungkan
• Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
• Apakah kamu merasakan manfaat kerja sama dalam perbedaan?
Kerja Sama Bersama Orang Tua
Mintalah orangtuamu untuk menceritakan pengamalannya bekerja sama dalam perbedaan. Ceritakan hasilnya kepada gurumu.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 140, 141, 142, 143 - Pembelajaran Kelas 4 Tema Indahnya Kebersamaan Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan Pembelajaran 2 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 140, 141, 142, 143"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.