Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 88, 89, 93, 94, 95, 96

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 88, 89, 93, 94, 95, 96-Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran Matematika, PPKN dan SBDP.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 86-99 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 86

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dalam hati.

Tong Sampah Gotong Royong

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 86 K13

      Ada yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini. Warga berkumpul dengan berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. Beberapa drum kosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok kiri lapangan. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan beberapa peralatan lain. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 87
      Pagi hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi terlebih dahulu di Pura. Sementara itu, warga bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah pohon. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih Ada juga warga yang menambal lubang-lubang di karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa dipakai kembali menjadi tempat sampah kering.

      Kira-kira pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah. Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat pola hiasan di tempattempat sampah baru. Lani turut membantu Dayu. Setelahnya, warga bergotong royong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah. Sebelum matahari meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan warga secara bergotong royong. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang anyam, sudah berubah menjadi tempat sampah yang cantik. pada ember dan drum bekas.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 87 K13

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 88

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan teks yang kamu baca, isilah grafik berikut!

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 88

Alternatif Jawaban :
Keberagaman : Agama, Budaya dan Suku Bangsa
Kerja sama : Saling mendukung dan saling membantu
Manfaat kerja sama : Pekerjaan cepat selesai, memperkuat persatuan dan kesatuan, dan kerukunan warga terjalin

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 89

Setelah kamu mengisi grafik di atas, Diskusikan pertanyaan berikut dengan temanmu.
1. Apa itu kerja sama?
2. Apa manfaat kerja sama?
3. Bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman?

Alternatif Jawaban :
1. Kerja sama merupakan suatu kegiatan atau usaha yang dilakukan beberapa orang  untuk mencapai tujuan bersama.     
2. Pekerjaan cepat selesai, memperkuat persatuan dan kesatuan, dan kerukunan warga terjalin.
3. Cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman adalah dengan menumbuhkan sikap toleransi dan menghargai perbedaan.

Kerja sama merupakan usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama. Bagaimana dengan warga di daerahmu?
Apakah mereka juga bekerja sama dalam keberagaman. Ceritakan satu bentuk kerja sama yang dilakukan di tempat tinggalmu.

1. Keberagaman di lingkunganmu
2. Memberikan satu contoh kerja sama dan menjelaskan sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan saat kerja sama
3. Manfaat kerja sama
4. Kesimpulan (apa pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman)


Kerja sama dalam keberagaman merupakan sikap yang harus dikembangkan.

Sikap tersebut akan semakin memupuk persatuan dan kesatuan. Jika setiap dari kita bekerja sama dengan baik, maka kebersamaan dalam keberagaman akan terus terjaga.

Ayo Mengamati

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 90

Keragaman budaya Indonesia juga terlihat dalam rumah adat. Rumah adat mencerminkan ciri khas suatu tempat. Mari amati rumah adat berikut.

 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 91
Diskusikan hasil jawabanmu dengan teman!
Temukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku pada kedua rumah adat tadi dengan cara melingkari dan memberi nama tiap sudutnya!

Dua sinar garis yang memiliki titik pangkal yang sama akan membentuk suatu sudut. Titik pangkal yang sama itu disebut titik sudut, sedangkan dua sinar garis disebut kaki sudut.

Jenis-Jenis Sudut
1.  Sudut Siku-Siku
Suatu sudut disebut sudut siku-siku jika kaki-kaki sudutnya tegak lurus, yaitu ukurannya adalah 90 derajat.

 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 92
 
2. Sudut Lancip
Suatu sudut disebut sudut lancip jika ukuran sudutnya lebih kecil dari sudut siku-siku, yaitu antara 0 dan 90 derajat (0º < sudut lancip < 90º).  Sudut-sudut berikut adalah sudut lancip.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 92 K13

  3. Sudut TumpulSuatu sudut disebut sudut tumpul jika ukuran sudutnya lebih besar dari sudut siku-siku, yaitu antara 90 dan 180 derajat (90º < sudut tumpul <180º ). Sudut-sudut berikut adalah sudut tumpul.

Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 92

Bagaimana kita mengetahui besar sudut? Ayo kita mempelajarinya!

Menggunakan Busur

 

Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 92 K13
Alat yang digunakan untuk mengukur sudut secara baku adalah busur. Sudut dilambangkan dengan “∠“. Satuan sudut adalah derajat.Untuk mengukur sudut secara lebih akurat, mulai sekarang kamu dapat menggunakan busur derajat seperti gambar berikut.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 93

 
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 93

Besar sudut BOC adalah . . . .
Besar sudut COD adalah . . . .
Besar sudut DOE adalah . . . .

Alternatif Jawaban :

Besar sudut BOC adalah 45 derajat
Besar sudut COD adalah 45 derajat
Besar sudut DOE adalah 45 derajat

Berapakah besar setiap sudut berikut?

 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 93 K13

Alternatif Jawaban :
Gambar No 1 = 45 derajat
Gambar No 2 = 90 derajat
GambarNo 3 = 120 derajat
Gambar No 4 = 180 derajat

Untuk mengukur sudut ABC, tempatkan busur di atas gambar sudut sehingga titik pusat busur terletak di titik sudut B; dan alas busur berimpit dengan sisi BA. Perhatikan gambar berikut.

 

Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 93
Kita menggunakan skala bagian dalam untuk menentukan ukuran sudut ABC. Kita lihat bahwa sudut tersebut berukuran 60º. Kita tuliskan besar sudut ini sebagai berikut: ∠ABC = 60º

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 94

Lihatlah benda-benda di sekitarmu!
Temukan lima benda yang mempunyai sudut. Ukurlah besar sudutnya dengan menggunakan busur. Perkirakan dahulu sebelum kamu mengukurnya!

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 94

Alternatif Jawaban : 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 94 K13

Diskusikan hasil jawabanmu dengan teman!

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 95

Mencetak Sudut.
Temukan tiga benda yang memiliki sudut yang sama. Gambarlah sudutnya!

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 95

Alternatif Jawaban :

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 95 K13
Apakah kamu menemukan benda yang besar sudutnya sama?
Alternatif Jawaban :
Iya, saya menemukan benda yang besar sudutnya sama

Apakah gambar sudutnya sama?
Alternatif Jawaban :
Iya, gambar buku, pintu lemari, bingkai foto, dan keramik lantai sudutnya sama

Apa yang dapat kamu simpulkan?
Alternatif Jawaban :
Gambar buku, pintu lemari, bingkai foto, dan keramik lantai sudutnya sama 90º

Ya, meskipun benda ukurannya berbeda tapi besar sudutnya bisa sama.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 96

Apakah besar sudut gambar berikut sama besar? Jelaskan!

 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 96

Mana yang sudutnya lebih besar? Jelaskan!

 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 96 K13

 
Apa yang memengaruhi besar sudut?

Alternatif Jawaban :
Apakah besar sudut gambar berikut sama besar? Jelaskan!
Gambar tersebut memiliki sudut yang berbeda, Sudut A lebih besar dari Sudut B

Mana yang sudutnya lebih besar? Jelaskan!

Alternatif Jawaban :
Sudut B lebih besar Sudut A

Apa yang memengaruhi besar sudut?

Alternatif Jawaban :
Besar sudut dipengaruhi oleh jarak antara kaki-kaki sudut.Jika jaraknya besar, nilai sudut juga semakin besar, begitu pula sebaliknya, jika jaraknya kecil maka nilai sudutnya juga semakin kecil.

Besar sudut dipengaruhi oleh bukaan kaki-kakinya. Besar Sudut tidak dipengaruhi oleh panjang sinar garis.

Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 96

Selain rumah adat, kita dapat menemukan sudut di sekitar kita.
Bangunan di sekitar kita, termasuk tempat ibadah juga terdapat sudut.
Sudut-sudut yang ada menjadikan ciri khas tersendiri. Keberagamannya semakin menjadikannya unik.

Ayo Berkreasi

Kamu sudah berlatih gerakan dasar tarian Bungong Jeumpa. Sekarang kamu akan berlatih menarikan dengan menggunakan formasi.
Kamu akan dibagi dalam kelompok, satu kelompok 8 siswa.
Lakukan gerakan dengan hitungan dan iringan musik.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 97
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 98

Ayo Renungkan
• Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini?
• Apakah kamu sudah bisa bekerja sama dengan teman-temanmu yang berbeda?

Kerja Sama Bersama Orang Tua
Berlatihlah tarian Bungong Jeumpa dengan orang tuamu. Mintalah pendapat mereka mengenai gerakanmu.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 88, 89, 93, 94, 95, 96- Pembelajaran Kelas 4 Tema Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Pembelajaran 2 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 88, 89, 93, 94, 95, 96"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel