Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 101, 102, 103, 104, 105, 106, 107, 108, 109
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 101, 102, 103, 104, 105, 106, 107, 108, 109 -Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran PJOK, B.Indonesia dan IPA.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 100-109 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Mencoba
Salah satu permainan tradisional Indonesia yang sangat menarik adalah permainan bakiak. Permainan ini berasal dari Sumatra Barat. Bakiak, atau biasa disebut Terompa Bakuak di Sumatra Barat merupakan permainan yang membutuhkan kekompakkan.
Hari ini kamu akan mencoba permainan tradisional bakiak dengan teman-temanmu.
Sebelum melakukan permainan Bakiak, kamu harus memperhatikan hal berikut.
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 orang.
2. Masukkan masing-masing kaki ke dalam tali Bakiak.
3. Anggota kedua memegang bahu anggota di depannya. Anggota ketiga memegang bahu anggota di depannya.
4. Anggota paling depan memberi tanda kapan berjalan dan kapan berhenti.
5. Diskusikan kaki mana yang akan diangkat terlebih dahulu, kaki kanan atau kaki kiri.
6. Untuk menjaga kekompakan, semua anggota bisa berteriak saat berjalan: kiri, kanan, kiri,...
7. Cobalah berkali-kali permainan ini dengan kelompokmu sampai terasa gerakan yang semakin baik dan kompak.
8. Kelompok yang pertama mencapai garis akhir adalah pemenangnya.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 101, 102
Setelah bermain Bakiak, diskusikanlah hal berikut dengan teman kelompokmu!
1. Apakah kelompokmu berhasil mencapai tujuan tepat waktu? Mengapa?
2. Bagaimana pengaruh gerak yang dilakukan setiap anggota kelompok terhadap pencapaian tujuan dalam permainan?
3. Apa kesulitan yang kamu hadapi saat bermain Bakiak?
4. Bagaimana sikapmu terhadap teman satu kelompok saat bermain Bakiak?
Alternatif Jawaban :
1. Ya, kelompok saya berhasil mencapai tujuan tepat waktu karena kekompakan dan kerja sama yang baik.
2. Gerak yang dilakukan setiap anggota kelompok mendukung gerak dalam anggota kelompok jika gerakan anggota kelompok kompak maka akan lebih mudah mencapai tujuan.
3. Kesulitan yang dihadapi setiap kelompok adalah jika anggota tim ada yang tidak kompak sehingga bakiak berjalan tidak beraturan dan menyebabkan terjatuh.
4. Sikap saya terhadap teman satu kelompok kami saling memberikan semangat dan saling menghargai karena kempuan setiap anggota kelompok berbeda.
Ayo Berlatih
Saat bermain Bakiak, kamu tentunya harus mendengarkan peluit yang ditiupkan guru dan aba-aba temanmu. Kegiatan tersebut tentunya membutuhkan pendengaran yang baik. Masih ingatkah kamu tentang pentingnya indra pendengar? Ayo, kita mengingatnya kembali.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 103
Bekerjalah dalam kelompok. Buat peta pikiran tentang indra pendengar dan sajikan di depan kelas.
Alternatif Jawaban :
Bagian-bagian indra pendengar :
1. Daun telinga
2. Tulang martil
3. Tulang landasan
4. Tulang sanggurdi
5. Tulang-tulang pendengaran
6. Saluran setengah lingkaran
7. Saraf serambi
8. Saraf rumah siput
9. Tuba Eustachius
10. Serambi
11. Gendang telinga
12. Serambi
13. Gendang telinga
14. Liang dengar
Cara merawat indra pendengar :
Membersihkan telinga dengan menggunakan benda yang lunak seperti kapas pembersih.
Cara kerja indra pendengar :
- Suara masuk ke telinga dan ditangkap gendang telinga.
- Gendang bergetar lalu diteruskan oleh tulang-tulang pendengar keujung saraf
- Oleh saraf getaran tersebut disampaikan ke otak sehingga kita dapat mendengar
Fungsi indra pendengar :
Telinga merupakan indra untukmendengar, selain sebagai indra pendengar telinga juga berfungsi sebagai alat keseimbangan tubuh
Telinga sangat penting bagi kita. Dengan telinga kita dapat mendengar bunyi-bunyian. Kamu sudah melakukan percobaan tentang sumber bunyi. Kamu bisa mendengar alat musik tradisional karena telingamu berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, rawatlah telingamu dengan baik.
Nah, sekarang kamu akan melakukan percobaan tentang sumber bunyi seperti pembelajaran sebelumnya. Namun, kali ini kamu harus mencari alat sendiri dan mencoba membunyikannya. Kamu bisa mencari berbagai peralatan seperti kertas, kayu, dan sebagainya.
Lakukanlah permainan bunyi bersama dengan teman kelompokmu. Secara bergantian kamu bisa menebak sumber bunyi yang dibunyikan temanmu.
• Ambillah berbagai macam benda.
• Kamu dan beberapa temanmu bersembunyi di tempat berbeda sambil memegang benda.
• Bunyikan benda secara bergantian. Minta temanmu menebak siapa pemegang benda.
• Tebak sumber bunyi benda dengan temanmu secara bergantian.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 104
Berapa kali kamu bisa menebak sumber bunyi?
Alternatif Jawaban :
3 kali saya bisa menebak sumber bunyi
Sumber bunyi mana yang mudah kamu tebak?
Alternatif Jawaban :
Suara botol minum, Ember, Kaleng biskuit yang dipukul pake kayu oleh teman-teman.
Sumber bunyi mana yang sulit kamu tebak?
Alternatif Jawaban :
Saya tidak bisa menebak suara tetesan air
Tulislah laporanmu pada tempat yang tersedia.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 105
Alternatif Jawaban :
Laporan Kgiatan Percobaan
Nama percobaan : Benda bergetar sebagai sumber bunyi
Tujuan percobaan : Menjelaskan penyebab timbulnya bunyi dan cara perambatan bunyi
Alat dan bahan : Botol minum, Ember, Kaleng biskuit dan air
Langkah kerja :
1. Ambilah berbagai macam benda
2. Kamu dan beberapa temanmu bersembunyi di tempat berbeda sambil memegang benda.
3. Bunyikan benda secara bergantian. Minta temanmu menebak siapa pemegang benda.
4. Tebak sumber bunyi benda dengan temanmu secara bergantian.
Hasil percobaan :
Telinga merupakan indera untuk mendengar, kemampuan setiap orang untuk mendengar suara/bunyi tidak sama satu dengan yang lainnya setelah dilakukan percobaan siswa dapat menebak asal suara, namun juga beberapa kali salah menebak asal suara tersebut.
Kesimpulan :
Kemampuan telinga manusia untuk mendengar bunyi sangat terbatas, telinga manusia normal umumnya hanya dapat mendengar bunyi dengan frekuensi antara 20-20.000 Hz
Ayo Membaca
Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Tong Sampah Gotong Royong.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 106, 107, 108
Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.
Alternatif Jawaban Paragraf 1 :
Gagasan pokok : Warga berkumpul di lapangan
Gagasan pendukung : Peralatan yang dibawa warga.
Alternatif Jawaban Paragraf 2 :
Gagasan pokok : Warga bergotong royong
Gagasan pendukung : Mereka saling membantu.
Alternatif Jawaban Paragraf 3 :
Gagasan pokok : Tong sampah siap dihias
Gagasan pendukung : Membuat pola hiasan, keranjang sampah yang cantik
Diskusikanlah hasilnya dengan teman dan gurumu.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 109
Ayo Renungkan
• Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Alternatif Jawaban :
Bekerja sama, saling menghormati, gotong royong dan mempelajari indra pendengar.
• Mengapa saling menghormati perbedaan sangat penting?
Alternatif Jawaban :
Karena dengan saling menghormati akan tercipta kerukunan dan persatuan bangsa.
Kerja Sama Bersama Orang Tua
Diskusikanlah bersama orang tuamu tentang pentingnya memelihara indra pendengaran. Catatlah contoh-contoh kegiatan merawat indra tersebut.
Berikan hasilnya kepada gurumu.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 101, 102, 103, 104, 105, 106, 107, 108, 109 - Pembelajaran Kelas 4 Tema Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Pembelajaran 3 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 101, 102, 103, 104, 105, 106, 107, 108, 109 "
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.