Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman  2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Sumber Energi Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran IPA, IPS dan B.Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1-9 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 1 

 

 




 


Ayo Berdiskusi

Matahari memiliki peran yang besar dalam kehidupan karena merupakan sumber energi terbesar di bumi. Panas matahari berpengaruh terhadap aktivitas manusia dan makhluk hidup lainnya di bumi.
Amatilah gambar berikut.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 1 K13

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 2

1.  Apa yang diceritakan gambar tersebut?
2.  Berdasarkan gambar, dapatkah kamu menyebutkan apa saja manfaat matahari bagi keluarga tersebut? Mengapa demikian? Kemukakan alasanmu!
3.  Apakah kamu dapat menyebutkan contoh kegiatan lain tentang manfaat matahari bagi kehidupan kita sehari-hari?

Aternatif Jawaban :
1. Gambar diatas menceritakan tentang ibu yang sedang menjemur baju, ayah yang sedang berolah raga dan juga bayi yang sedang berjemur.
2. Matahari bermanfaat untuk pembuatan oksigen karena matahari menyinari pohon untuk proses fotosintesis, mengeringkan pakaian karena panas sinar matahari menguapkan air dari pakaian, dan memberikan sinar hangat pada bayi.
3. Matahari adalah sumber penerangan. Matahari adalah cahaya terbesar menyinari bumi, mulai dari pagi hingga sore hari. Dengan penerangan cahaya matahari, manusia dapat melakukan berbagai aktivitas.

Buatlah tulisan dengan menggunakan jawaban-jawabanmu di atas!
Aternatif Jawaban :
Pada pagi hari, Ibu menjemur baju, ayah berolahraga dan dede bayi berjemur. Matahari membuat jemuran ibu kering dan memberikan rasa hangat untuk adek bayi. Matahari juga membantu proses pembuatan oksigen pada pohon sehingga menghasilkan udara segar.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 3

Ayo Mencoba

Beni ingin membuktikan panas bahwa matahari sebagai sumber energi yang penting untuk kelangsungan makhluk hidup. Ayo kita bantu Beni untuk membuktikannya! Lakukan percobaan ini di luar kelas!

1.  Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas.
2.  Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di tempat panas sedangkan sisanya letakkan di tempat teduh.
3.  Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit!

Sambil menunggu saat pengamatan, kamu dapat membaca kisah Ali Si Biji Energi di halaman 5 dan mengerjakan tugas selanjutnya.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 3, 4

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 3 K13

Alternatif Jawaban :

Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 3 K13
• Apakah ada perbedaan antara benda-benda yang dijemur di bawah sinar matahari dan yang diletakkan di tempat teduh?
• Diskusikan dengan temanmu, apakah penyebab perubahan dan perbedaan tersebut!
Berdasarkan tabel pengamatan hasil percobaan, tuliskan paling sedikit empat kesimpulan mengenai pengaruh panas matahari pada percobaanmu.

1.  ...........................................................................................................................
2.  ...........................................................................................................................
3.  ...........................................................................................................................
4.  ...........................................................................................................................

Alternatif Jawaban :

Dari tabel pengamatan hasil percobaan, tuliskan paling sedikit empat kesimpulan mengenai pengaruh panas matahari pada percobaanmu.
1. Tisu, kertas, dan sapu tangan yang dijemur di panas matahari lebih cepat kering.
2. Tisu di panas matahari lebih cepat kering.
3. Air yang ada di tisu, kertas, dan sapu tangan basah menguap karena panas matahari.
4. Tisu, kertas, dan sapu tangan di tempat teduh, lebih lama kering karena tidak terkena panas matahari sehingga penguapan air pada benda-benda tersebut lebih lama.
5. Panas matahari mengeringkan benda-benda basah.
Nah, sekarang cobalah untuk mengolah data ke dalam bentuk Laporan Kegiatan Percobaan di bawah ini!

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 4
Alternatif Jawaban :
Hasil Percobaan : Uji Panas Matahari

Tujuan Percobaan: Membuktikan bahwa panas matahari merupakan satu bentuk energi.

Alat-Alat: Kertas, tissue, kain

Langkah Kerja:
1. Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas.
2. Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di tempat panas dan sisanya letakkan di tempat teduh.
3. Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit!

Kesimpulan:
“Dari hasil percobaan terbukti bahwa panas matahari mampu mengeringkan benda basah, sehingga panas merupakan salah satu bentuk energi”

Ayo Membaca

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 5

Kisah Ali Si Biji Energi

Aku Ali Si Biji Energi. Aku menanam biji-biji energi di sebuah ladang yang luas di peternakanku. Saat matahari bersinar ada energi pada cahaya matahari.
Cahaya matahari membantu biji-bijiku tumbuh menjadi tanaman-tanaman yang tinggi.
Tanaman-tanamanku menyimpan energi itu di dalam akar, batang, daun, dan butiran biji yang baru.

Dengan segera, aku akan tumbuh tinggi dengan daun-daun yang lebar dan biji-biji yang baru. Kamu bisa memasak dan memakan aku supaya kamu memiliki energi. Energi itu akan membantumu tumbuh, bergerak, dan berpikir. Aku juga memberi makan hewan-hewan ternak dengan beberapa bagian dari tubuhku sehingga mereka tumbuh besar dan sehat.
(sumber: dengan terjemahan dari http://www.eia.gov/kid)

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 5

Sekarang, temukan sebanyak-banyaknya manfaat energi matahari bagi makhluk hidup dalam bentuk peta pikiran di bawah ini! Sertakan gambar agar lebih menarik.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 5 K13

Alternatif Jawaban :

Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 5 K13
Sampaikan hasilnya kepada temanmu. Apakah hasilnya sama?

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 6

Ayo Berdiskusi

Sebagai sumber daya alam, jagung banyak dimanfaatkan oleh penduduk Indonesia. Salah satunya adalah dengan mengolah dan menjualnya.
Amati gambar berikut dan sampaikan hasil pengamatanmu kepada teman di sebelahmu!

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 6 K13

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 6

Diskusikan pertanyaan berikut bersama teman sebelahmu!
1.  Apa yang terjadi apabila permintaan terhadap jagung tinggi?
2.  Apa yang harus dilakukan agar permintaan terpenuhi?
 
Alternatif Jawaban :
1. Apabila permintaan jagung tinggi maka harga jagung akan naik dan stok jagung akan cepat habis sehingga akan terjadi kelangkaan.
2. Agar permintaan terpenuhi pemerintah perlu melakukan impor jagung dari Negara lain atau memperluas lahan pertanian jagung yang ada di Indonesia.

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut untuk menambah pemahamanmu tentang sumber daya
alam.

Indonesia memiliki sumber daya alam berlimpah. Disebut sumber daya alam karena berasal dari alam. Penduduk Indonesia dapat menikmati sumber daya alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Laut Indonesia terkenal karena ikannya. Lahan yang subur menghasilkan padi,
jagung serta tumbuhan lainnya yang sangat berguna bagi penduduk. Gas bumi, minyak serta logam banyak memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sumber daya alam terbagi dua. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui. Sebagai anak Indonesia, kamu harus tahu apa yang termasuk ke dalam keduanya, dan apa dampaknya apabila kita kekurangan keduanya. Penggunaan sumber daya alam berlebihan akan memengaruhi kehidupan manusia. Kita harus menghemat penggunaannya.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui misalnya; tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin, dan air. Sumber tersebut termasuk kelompok sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena terus tersedia dan dapat kita kelola untuk kita perbanyak jumlahnya. Jumlah sumber daya alam ini sangat berlimpah. Agar sumber daya alam ini tetap tersedia, kita harus menggunakannya dengan bijak dan melestarikannya. Sumber daya alam ini sangat penting untuk dijaga keberadaannya.

Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai tambang termasuk ke dalam kelompok sumber daya alam tidak dapat diperbaharui. Mengapa demikian?
Karena jumlahnya sangat terbatas. Untuk menghasilkan minyak bumi diperlukan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, kita harus hemat menggunakan sumber daya alam ini.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 7, 8

Setelah memahami sumber daya alam, jawablah pertanyaan berikut!
1. Berdasarkan teks, berikanlah masing-masing 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui.
2. Berilah 3 contoh lain (di luar teks) sumber daya alam yang dapat dan tidak
dapat diperbaharui.
3. Berikanlah contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis
sumber daya alam tersebut.
4. Tulislah pendapatmu tentang kegiatan ekonomi tersebut. Apa saja dampaknya bagi kelastarian sumber daya alam tersebut? Apa yang harus dilakukan agar sumber daya alam tetap lestari?

Alternatif Jawaban :
1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui : Padi, jagung dan tumbuhan lainnya.
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui : Minyak, Gas bumi dan Logam.

2. Sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui, yaitu: minyak bumi, batu bara, dan bahan tambang lainnya.
Sumber daya alam yang dapat diperbarui yaitu: matahari, air, angin, kekayaan laut, hasil pertanian, hewan peternakan, dan hasil perkebunan.

3. Contoh kegitan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam
Pertambangan merupakan usaha ekonomi yang mengambil sumber daya alam dari dalam perut bumi. Usaha pertambangan ada yang dilakukan dengan peralatan sederhana. Contohnya adalah penambang pasir. Namun banyak usaha pertambangan yang harus dilakukan dengan peralatan berat dan canggih. Misalnya pertambangan minyak bumi, batu bara, bijih besi dan emas.

Perkebunan dapat dibedakan menjadi dua yakni perkebunan di dataran rendah dan perkebunan di dataran tinggi. Di atas sudah disebutkan contoh hasil perke-bunan. Indonesia merupakan negara penghasil kelapa sawit terbesar kedua di dunia. Selain itu dalam hal rempah-rempah, sejak dahulu Indonesia terkenal sebagai penghasil rempah-rempah.

Usaha pertanian merupakan bentuk usaha mengolah tanah dan menanaminya dengan berbagai jenis tanaman. Bentuk usaha pertanian dapat dibedakan menjadi tiga macam, yakni sawah, tegal dan ladang.

4. Kegiatan ekonomi yang dilakukan dapat mengakibatkan menipisnya sumber daya alam. Kita sebagai bangsa Indonesia tentunya bangga dengan kekayaan alam yang berlimpah, dan wajib memanfaatkan sumber daya alam tersebut dengan bijak.

Sampaikan hasilnya kepada teman kelompokmu dan diskusikanlah!
Penggunaan sumber daya alam yang berlebihan akan berdampak negatif terhadap kehidupan manusia.
Gambarlah penggunaan salah satu sumber daya alam yang menurutmu patut dicontoh!
Gambarmu harus memuat kegiatan ekonomi yang menggunakan salah satu sumber daya alam dan usaha menjaga keberadaannya.

Sampaikan gambarmu kepada temanmu. Mintalah pendapat mereka.
Jelaskan gambarmu melalui tulisan. Tulisanmu harus memuat sumber daya alam yang dipilih dan yang diperjualbelikan.

Kamu juga harus menyampaikan contoh-contoh kegiatan untuk menjaga kelestariannya. Sampaikan tulisanmu kepada gurumu.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 9

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Alternatif Jawaban :
Yang saya pelajari pada pelajaran hari ini adalah tentang manfaat matahari, membuat laporan percobaan, sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui dan kegiatan ekonomi.

Apakah hal tersebut berguna dalam kehidupan sehari-hari?
Alternatif Jawaban :
Ya, sangat berguna

Bagaimana perasaanmu selama belajar?
Alternatif Jawaban :
Perasaan saya saat belajar, semangat dan senang

Adakah hal lain yang ingin kamu ketahui?
Alternatif Jawaban:
Ya, banyak hal yang ingin saya ketahui.

Kerja Sama Bersama Orang Tua

Diskusikan bersama orang tuamu tentang pemanfaatan sumber energi matahari di lingkungan rumah dan sekitarnya. Kamu dapat melakukan pengamatan tentang pemanfaatan sumber energi matahari tersebut bersama orang tua.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Sumber Energi Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel