Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Sumber Energi Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran Matematika, PPKN dan SBDP.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 10-19 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Bernyanyi
Amatilah teks notasi angka “Menanam Jagung”.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 11
Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu tersebut. Apa yang kamu temukan?
Alternatif Jawaban :
Lagu menanam jagung terdapat nada rendah dan nada sedang. Nada rendah ditandaidengan notasi angka yang memiliki tanda titik di bawahnya. Notasi angka yang yang tidak memiliki tanda titik dinyanyikan dengan nada sedang.
Cobalah dengan gurumu untuk menyanyikan notasi lagu menanam jagung sesuai dengan tempo dan tinggi rendah nada. Gurumu akan memberikan tanda dengan ketukan.
Tanaman jagung dapat tumbuh karena air.
Apakah air juga merupakan sumber energi? Ayo kita cari tahu.
Ayo Mengamati
Energi Air
Air merupakan salah satu sumber energi. Tubuh kita membutuhkan air untuk beraktivitas. Tidak hanya manusia, tumbuhan, dan hewan juga membutuhkan air. Selain diminum, air juga kita gunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan lain-lain.
Air juga dapat dimanfaatkan sebagi sumber energi listrik. Salah satunya dengan menggunakan kincir air.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 12
Amatilah di sekitarmu. Tulislah sebanyak-banyaknya manfaat air bagi kamu.
Alternatif Jawaban :
Manfaat bagi saya adalah untuk mandi, mencuci, minum, dan memasak.
Air sangat penting bagi kita. Setiap orang berhak mendapatkan air yang bersih.
Perhatikan gambar berikut.
1. Mengapa anak tersebut minum?
2. Mengapa anak tersebut mandi?
3. Apakah mandi dan minum adalah kebutuhan?
4. Apa yang terjadi jika ia tidak mempunyai air bersih?
5. Apakah kita semua membutuhkan air bersih?
6. Apakah semua makhluk hidup berhak untuk mendapatkan air bersih?
7. Apa yang dimaksud dengan hak?
8. Carilah contoh hak-hak kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasanya.
Alternatif Jawaban :
1. Anank tersebut minum air karena air merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk beraktifitas.
2. Anak tersebut mandi karena dengan mandi bisa membuat tubuh kita bersih dan segar
3. Ya, mandi dan minum adalah kebutuhan
4. Yang akan terjadi jika tidakada air bersih maka kita tidakakan dapat minum, mandi dan aktivitas lain menggunakan air bersih. Akibatnya tubuh dapat mengalami dehidrasi dan menimbulkan penyakit.
5. Ya tentu saja kita membutuhkan air bersih.
6. Ya, semua makhluk hidup berhak mendapatkan air bersih
7. Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita.
8. Contoh hak-hak kita dalam kehidupan bermasyarakat :
- Hak mendapatkan perlindungan hukum
- Hak menyampaikan pendapat ketika ada rapat
- Hak memeluk agama
Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Untuk itu, setiap anggota masyarakat juga harus melaksanakan kewajibannya dengan baik.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 13
Diskusikan dengan kelompokmu
1. Apa saja dampak dari kegiatan pada gambar A?
2. Apa saja yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar A?
3. Apa saja dampak dari kegiatan pada gambar B?
4. Apa saja yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar B?
5. Apakah kita harus melakukan seperti gambar A dan B?
6. Apa yang dimaksud dengan kewajiban?
7. Carilah contoh kewajiban kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasannya.
Alternatif Jawaban :
1. Dampak dari kegiatan pada gambar A, sungai akan menjadi bersih dan airnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan hidup sehari-hari.
2. Yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar A, sungai akan menjadi kotor dan tercemar, dan airnya tidak bisa dimanfaatkan untuk keperluan hidup sehari-hari.
3. Dampak dari kegiatan pada gambar B, air tidak melimpah dan terbuang percuma, dan bisa menghemat biaya tagihan air.
4. Yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar B, air melimpah dan terbuang percuma, dan biaya tagihan air pun menjadi mahal.
5. Ya, karena itu adalah perbuatan baik
6. Kewajiban adalah suatu hal/tugas yang harus kita lakukan dengan baik & tepat waktu.
7. Salah contoh kewajiban kita dalam kehidupan masyarakat adalah ikut gotong royong membersihkan lingkungan, karena akan membantu kita untuk mempererat hubungan kekerabatan dengan tetangga yang ada disekitar lingkungan rumah kita.
Tuliskan dalam diagram berikut
Alternatif Jawaban :Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 15
Ayo Berlatih
Perhatikan gambar berikut!
Alternatif Jawaban :
Pertanyaan : Apakah dia sudah mendapatkan haknya dengan baik
Gambar 1 : Ya, dia sudah mendapatkan haknya
Gambar 2 : Ya, dia sudah mendapatkan haknya
Pertanyaan : Apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya
Gambar 1 : Tidak, dia belum melaksanakan kewajibannya karena tidak menutup kran ar ketika sedang tidak di gunakan.
Gambar 2 : Ya, dia telah melaksanakan kewajibannya untuk mencuci piring setelah digunakan
Pertanyaan: Apa yang sebaiknya dia lakukan
Gambar 1 : sebaiknya dia menutup kran air ketika sedang tidak digunakan
Gambar 2 : sebaiknya dia menggunakan air secukupnya ketika sedang mencuci piring agar hemat air.
Air merupakan salah satu energi yang paling penting bagi manusia. Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Kita wajib menghemat penggunaannya.
Jadi, apa perbedaan hak dan kewajiban?
Alternatif Jawaban :
Perbedaan hak dan kewajiban adalah hak lebih mengacu pada apa yang kita peroleh, hak juga harus dilihat sebagai hak individu seperti kebebasan sedangkan kewajiban lebih mengacu ke apa yang kita harus laksanakan, kewajiban disisi lain adalah tanggung jawab kita sebagai warga negara individu dalam masyarakat .
Ayo Mencoba
Siti ingin mengetahui penggunaan air bersih di rumah setiap minggunya.
Berikut adalah data yang siti temukan.
Apa itu penaksiran?
Kamu dapat melakukan penaksiran untuk mempercepat hasil perhitunganmu.
Untuk melakukan penaksiran kamu perlu memahami aturan pembulatan kepuluhan terdekat, ratusan terdekat atau ribuan terdekat.
Perhatikan jarak bilangan 22 ke bilangan 20 dan 25. Manakah yang lebih dekat? Mengapa? Bilangan 22 lebih dekat 20. Bilangan 22 dapat dibulatkan menjadi 20.
Bagaimana cara melakukan penaksiran?
Taksirlah penjumlahan berikut ke puluhan terdekat
123 + 267 = ….
Lakukan pembulatan bilangan dahulu.
123 mendekati 120
267 mendekati 270
Hasilnya 120 + 260 = 380
Jadi, hasil penaksirannya adalah 380.
Untuk operasi pengurangan caranya juga sama dengan cara di atas.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 17
Bagaimana cara melakukan penaksiran ke ribuan?
Isilah tabel berikut.
Kesimpulan
Bagaimana cara melakukan penaksiran?
Alternatif Jawaban :
Cara melakukan penaksiran yaitu :
- Puluhan : dibulatkan ke pembilang terdekat, jika bilangan satuannya lebih besar atau sama dengan 5 maka dibulatkan menjadi 10
- Ratusan : dibulatkan ke ratusan terdekat, jika bilangan puluhannya lebih besar atau sama dengan 50 maka dibulatkan menjadi 100.
- Ribuan : dibulatkan ke ribuan terdekat, jika bilangan ratusannya lebih besar atau sama dengan 500 maka dibulatkan 1.000.
- Puluhan ribu : dibulatkan ke puluhan ribu terdekat, jika bilangan ribuannya lebih besar atau sama dengan 5.000 maka dibulatkan menjadi 10.000.
- Ratusan ribu : dibulatkan ke ratusan ribu terdekat, jika bilangan puluhan ribunya lebih besar atau sama dengan 50.000 maka dibulatkan menjadi 100.000.
- Jutaan : dibulatkan kejutaan terdekat, jika bilangan ratusan ribu lebih besar atau sama dengan 500.000 maka dibulatkan menjadi 1000.000
- Dan seterusnya.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 18
Berdasarkan data yang ditemukan oleh Siti. Jawablah pertanyaan berikut.
Lakukan penaksiran ke puluhan terdekat.
1. Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Edo.
2. Jumlah air yang dgunakan di rumah Lani, Dayu, dan Udin.
3. Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu, dan Edo.
4. Jumlah air yang digunakan di rumah Siti, Edo, Lani, Dayu, dan Udin.
5. Selisih air yang digunakan di rumah Siti dan Dayu.
6. Selisih air yang digunakan di rumah Dayu dan Lani.
7. Selisih air yang digunakan di rumah Udin dan Edo.
Tukarkan jawabanmu dengan temanmu.
Alternatif Jawaban :
1. Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Edo.
Diketahui :
Jumlah air yang digunakan dirumah Siti sebanyak 273
Jumlah air yang digunakan dirumah Edo sebanyak 324
Ditanyakan :
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Edo.
Penyelesaian :
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Edo.
273 + 324 = ...
273 mendekati 270
324 mendekati 320
Maka 270 + 320 = 590
Jadi hasil penaksirannya adalah 590
2. Jumlah air yang dgunakan di rumah Lani, Dayu, dan Udin.
Diketahui :
Jumlah air yang digunakan dirumah Lani sebanyak 363
Jumlah air yang digunakan dirumah Dayu sebanyak 262
Jumlah air yang digunakan dirumah Udin sebanyak 291
Ditanyakan :
Jumlah air yang dgunakan di rumah Lani, Dayu, dan Udin.
Penyelesaian :
Jumlah air yang dgunakan di rumah Lani, Dayu, dan Udin.
363 + 262 + 291 = ...
Lakukan pembulatan kepuluhan terdekat
363 mendekati 360
262 mendekati 260
291 mendekati 290
Maka 360 + 260 + 290 = 910
Jadi hasil penaksirannya adalah 910
3. Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu, dan Edo.
Diketahui :
Jumlah air yang digunakan dirumah Dayu sebanyak 262
Jumlah air yang digunakan dirumah Edo sebanyak 324
Ditanyakan :
Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu dan Edo.
Penyelesaian :
Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu dan Edo.
262 + 324 = ...
262 mendekati 260
324 mendekati 320
Maka 260 + 320 = 580
Jadi hasil penaksirannya adalah 580
4. Jumlah air yang digunakan di rumah Siti, Edo, Lani, Dayu, dan Udin.
Diketahui :
Jumlah air yang digunakan dirumah Siti sebanyak 273
Jumlah air yang digunakan dirumah Edo sebanyak 324
Jumlah air yang digunakan dirumah Lani sebanyak 363
Jumlah air yang digunakan dirumah Dayu sebanyak 262
Jumlah air yang digunakan dirumah Udin sebanyak 291
Ditanyakan :
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti, Edo, Lani, Dayu, dan Udin.
Penyelesaian :
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti, Edo, Lani, Dayu, dan Udin.
273 + 324 + 363 + 262 + 291 = ...
Lakukan pembulatan kepuluhan terdekat
273 mendekati 270
324 mendekati 324
363 mendekati 363
262 mendekati 260
291 mendekati 290
Maka 270 + 320 + 360+ 260 + 290= 1.500
Jadi hasil penaksirannya adalah 1.500
5. Selisih air yang digunakan di rumah Siti dan Dayu
Diketahui :
Jumlah air yang digunakan dirumah Siti sebanyak 273
Jumlah air yang digunakan dirumah Dayu sebanyak 262
Ditanyakan :
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Dayu.
Penyelesaian :
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Dayu.
273 - 262 = ...
Lakukan pembulatan kepuluhan terdekat
273 mendekati 270
262 mendekati 260
Maka 270 - 260 = 10
Jadi hasil penaksirannya adalah 10
6. Selisih air yang digunakan di rumah Dayu dan Lani
Diketahui :
Jumlah air yang digunakan dirumah Dayu sebanyak 262
Jumlah air yang digunakan dirumah Lani sebanyak 363
Ditanyakan :
Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu dan Lani.
Penyelesaian :
Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu dan Lani.
262 - 363 = ...
Lakukan pembulatan kepuluhan terdekat
262 mendekati 260
363 mendekati 360
Maka 360 - 260 = 100
Jadi hasil penaksirannya adalah 100
7. Selisih air yang digunakan di rumah Udin dan Edo
Diketahui :
Jumlah air yang digunakan dirumah Udin sebanyak 291
Jumlah air yang digunakan dirumah Edo sebanyak 324
Ditanyakan :
Jumlah air yang digunakan di rumah Udin dan Edo.
Penyelesaian :
Jumlah air yang digunakan di rumah Udin dan Edo.
291 - 324 = ...
Lakukan pembulatan kepuluhan terdekat
291 mendekati 290
324 mendekati 320
Maka 320 - 290 = 30
Jadi hasil penaksirannya adalah 30
Ayo Berlatih
Lakukan penaksiran operasi hitung berikut.
Alternatif Jawaban :1. Bagaimana melakukan penaksiran ke puluhan, ratusan, ribuan?
2. Bagimana melakukan penaksiran ke ratusan ribu?
3. Apakah penaksiran membantumu dalam menghitung? Jelaskan.
Alternatif Jawaban :
1. Cara penaksiran ke puluhan, ratusan, ribuan :
Penaksiran ke puluhan: membulatkan ke bilangan puluhan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan satuan sebelumnya.
Penaksiran ke ratusan: membulatkan ke bilangan ratusan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan puluhan sebelumnya.
Penaksiran ke ribuan: membulatkan ke bilangan ribuan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan ratusan sebelumnya.
2. Penaksiran ke ratusan ribu: membulatkan ke bilangan ratusan ribuan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan puluhan ribu sebelumnya.
3. Ya, penaksiran membantu dalam menghitung karena menyederhanakan angka yang dihitung.
Ayo Renungkan
• Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini?
Alternatif Jawaban :
Berhemat air dan melakukan hak dan tanggung jawaba dengan baik
• Sudahkah kamu menghemat air di rumahmu? Jelaskan?
Alternatif Jawaban :
Saya sudah berhemat air dengan cara mematikan kran air ketika sudah digunakan dan menggunakan air seperlunya saja.
Kerja Sama Bersama Orang Tua
Sampaikan kepada orang tuamu pentingnya air bersih. Diskusikan apakah di keluargamu sudah menghemat air.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Sumber Energi Pembelajaran 2 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.