Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 21, 23, 24, 25, 26
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 21, 23, 24, 25, 26 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Sumber Energi Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran IPA, B. Indonesia dan PJOK.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 20-27 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Berlatih
Hari ini kamu akan ke luar kelas untuk bermain bola bersama guru olahragamu.
Kalian akan bermain ‘Ayo, Tangkap Bola!’ Bagaimana cara bermainnya? Ayo, ikuti petunjuknya!
Bacalah aturan permainan berikut!
Ayo, Tangkap Bola
Perlengkapan : Bola besar
Aturan bermain:
1. Kelas dibagi menjadi dua kelompok, kelompok A dan B.
2. Setiap kelompok berbaris menghadap ke depan.
3. Anggota kelompok A paling depan memegang bola. Begitu juga dengan kelompok B.
4. Masing-masing anggota kelompok harus memantulkan bola sambil berjalan ke arah target. Sampai ditarget, pemain mengelilingi target dan berbalik arah.
5. Bola kemudian diberikan kepada anggota kedua dan pemain pertama cepat berlari ke belakang barisan.
6. Anggota kedua melakukan hal yang sama. Begitu seterusnya sampai semua anggota mendapat giliran.
7. Barisan yang paling cepat menyelesaikan tugas adalah pemenangnya.
Sebelum melakukan permainan, lakukan pemanasan terlebih dahulu bersama gurumu.
Perhatikan arahan dari gurumu tentang teknik melempar dan menangkap bola dengan baik, khususnya teknik melempar bola dengan melambung.
Setelah kamu melakukan permainan melempar dan menangkap bola dengan guru dan temanmu. Bacalah lagi cara bermainnya dan diskusikanlah teknik gerakan dengan gurumu.
Setelah melakukan kegiatan, diskusikanlah hal berikut dengan teman dalam kelompokmu.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 21
Jawaban beragam sesuai dengan keadaan siswa, dibawah ini haya contoh.
Apakah kamu dapat melakukan teknik melempar dan menangkap bola dengan baik?
Alternatif Jawaban :
Ya, saya dapat melempar dan menangkapbola dengan baik.
Bagaimana dengan siswa lain dalam kelompokmu? Apakah mereka dapat melempar dan menangkap bola dengan baik? Jelaskan.
Alternatif Jawaban :
Teman satu kelompok ku ada yang tidak dapat menangkap bola dengan baik, karena kurang konsentrasi dalam bermain.
Apa rencanamu untuk lebih meningkatkan keterampilanmu dalam melempar dan menangkap bola?
Alternatif Jawaban :
Terus berlatih agar dapat melempar dan menangkap bola dengan baik.
Apabila kamu diberi kesempatan untuk mengulangi kegiatan, perbaikan apa yang harus dilakukan?
Alternatif Jawaban :
Memperbaiki kesalahan dalam bermain dan tidak mengulangi kesalahanyang sama.
Sampaikan hasil diskusimu kepada kelompok lain. Apakah hasil diskusi mereka memiliki persamaan dengan hasil diskusi kelompokmu?
Ayo Mencoba
Siti memiliki kincir yang terbuat dari kertas. Ia senang memainkannya.
Kincirnya berputar jika tertiup angin.
Siti belajar membuat kincir angin dari ayahnya. Menurut ayahnya, kincir angin yang sebenarnya bisa digunakan untuk menggerakkan alat penumbuk padi atau gandum. Selain itu, juga bisa digunakan untuk menggerakkan alat untuk memompa air.
Maukah kamu memiliki kincir seperti kepunyaan Siti?
Ayo kita membuat kincir sederhana dari bahan kertas atau plastik!
Ikuti langkah-langkah pembuatannya di bawah ini!
Kincir angin dari Kertas
• Alat dan bahan:
• Lidi/sumpit kayu
• Gunting
• Lem
• Kertas berbentuk persegi
• Jarum/pin/paku payung
Langkah-langkah pembuatan:
• Ambil kertas lalu ikuti instruksi pada gambar
• Setelah baling-baling kertas siap, tempelkan ke ujung sumpit menggunakan jarum. Pastikan baling-baling bisa berputar.
Kincir angin dari Plastik
Alat dan bahan:
• Botol plastik bekas
• Gabus bekas tutup botol
• Lidi/sumpit
• Gunting
Langkah-langkah pembuatan:
• Gunting botol plastik menjadi 4 bentuk persegi untuk baling-baling
• Buatlah 4 sayatan sepanjang baling-baling plastik, atur agar jaraknya sama.
• Masukan baling-baling ke dalamsetiap sayatan tersebut.
• Pasang sumpit/lidi di bagian tengah gabus
• Kincir siap digunakan
Tambahan:
Potongan bagian dasar botol, buat dua lubang di sisi kanan dan kiri badan botol. Masukan dan pasangkan balingbaling plastik ke dalamnya.
Panduan Keselamatan Kerja dalam Kegiatan
Dengan berhati-hati, kamu dapat menjaga keselamatan diri dalam melakukan percobaan.
Berikut ini adalah petunjuk keselamatan kerja yang biasa kamu lakukan, yaitu:
1. Berhati-hatilah dalam penggunaan benda tajam.
2. Minta bantuan guru jika benda-benda yang digunakan membahayakan keselamatanmu.
3. Lakukan kegiatan sesuai instruksi guru.
4. Perhatikan setiap peringatan khusus yang terdapat pada setiap percobaan.
Laporkan hal sekecil apa pun yang membahayakan kepada guru.
Bawa kincir anginmu yang terbuat dari kertas ke luar kelas. Buatlah kincirmu berputar dengan cara membawanya berlari atau ditiup.
Bawa kincir airmu yang terbuat dari plastik ke luar kelas, tuangkan air ke bagian atas baling-baling.
Perhatikan apa yang terjadi!
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 23
Diskusikan persamaan dan perbedaan kedua kincir tersebut dengan temanmu.
a. Persamaan kedua kincir
b. Perbedaan kedua kincir
Alternatif Jawaban :
a. Kedua kincir dapat bergerak karena adanya gaya kinetik
b. Kincir angin dapat bergerak karena bantuan angin, kincir air dapat bergerak karena bantuan air.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 24, 25, 26
Amatilah proses kerja kincir. Tulis hasil pengamatanmu pada tabel berikut.
Alternatif Jawaban :
Kincir Angin :
Kincir angin hanya dapat berputar saat angin bertiup.
Baling-baling pada kincir yang berputar menggerakan benda yang diletakkan di pusat baling-baling.
Kincir Air :
Putaran kincir plastik paling kencang adalah kincir yang dialiri air dari kran yang dibuka penuh.
Baling-baling pada kincir yang berputar menggerakan benda yang diletakkan dipusat baling-baling.
Kamu dapat memasang kincir yang telah kamu buat di halaman sekolah.
Kapan kincirmu berputar?
Sekarang, kamu sudah tahu kapan dan bagaimana kincirmu berputar.
Ayo Menulis
Alternatif Jawaban :
LaporanKegiatan Percobaan
Nama Percobaan: Uji Energi Angin
Tujuan Percobaan: Membuktikan bahwa energi angin dapat menggerak kincir.
Alat-Alat:
1. Lidi/sumpit kayu
2. Gunting
3. Penggaris
4. Pinsil
5. Lem
6. Kertas berbentuk persegi
7. Jarum/pin/paku payung
Langkah Kerja:
1. Ambil kertas lalu buat garis pada kedua diagonal persegi. Buat persegi kecil di bagian tengah untuk memberi batas guntingan.
2. Potong kertas mengikuti diagonal sampai garis persegi kecil di tengah.
3. Lipat ke atas masing-masing ujung potongan dan masing-masing ujung bertemu pada satu titik.
4. Lem bagian pertemuan masing-masing ujung potongan.
5. Setelah baling-baling kertas siap, tempelkan ke ujung sumpit menggunakan jarum. Pastikan baling-baling bisa berputar.
Hasil Percobaan:
1. Kincir angin hanya dapat berputar saat angin bertiup.
2. Baling-baling pada kincir yang berputar menggerakkan benda yang diletakkan di pusat baling-baling.
Kesimpulan:
Dari hasil percobaan terbukti bahwa kincir angin dapat berputar saat angin bertiup hal tersebut menunjukan bahwa energi angin dapat menggerakan kincir”
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan hasil percobaanmu, diskusikanlah pertanyaan berikut bersama teman kelompokmu.
1. Apa sumber energi kincir angin?
2. Bagaimana kincir angin bisa berputar?
3. Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari?
Alternatif Jawaban :
1. Angin
2. Kincir angin akan berputar pada porosnya jika adanya tekanan dari angin yang dapat membuat kincir bergerak. Semakin besar tekanan angin maka kincir berputar semakin cepat.
3.
Manfaat kincir air yang perlu diketahui :
1. Untuk kepentingan irigasi (pengairan) persawahan.
2. Untuk menggerakan generator (Pembangkit Listrik Tenaga Air).
3. Untuk dijadikan sebagai obyek wisata.
Manfaat kincir angin yang perlu diketahui :
1. Sebagai pembangkit listrik tenaga angin.
2. Membantu proses irigasi untuk pertanian dan perkebunan.
3. Bisa dijadikan sebagai obyek wisata (tourism)
Ayo Renungkan
1. Tuliskan lima manfaat kincir angin dan kincir air dalam kehidupan seharihari?
Alternatif Jawaban :
Manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari
1. Pembangkit listrik.
2. Membantu penyaluran air dalan irigasi.
3. Energi yang ramah lingkungan.
4. Alternative penggunaan bahan bakak fosil.
5. Membantu mengalihkan arah air.
Manfaat kincir air dalam kehidupan sehari-hari
1. Sebagai sumber energi bagi pembangkit listrik.
2. Digunakan untuk kepentingan irigasi atau pengairan.
3. Banyak juga digunakan sebagai alat penggiling hasil pertanian.
4. Digunakan juga sebagai alat pengering laut.
5. Dijadikan sebagai obyek wisata.
2. Menurutmu apakah pelajaran hari ini bermanfaat dalam kehidupan seharihari? Jelaskan.
Alternatif Jawaban :
Pelajaran hari ini sangat bermanfaat , setiap pelajaran yang kita pelajari dapat kita rasakan manfaatnya sekarang ataupun dimasa depan.
Kerja Sama Bersama Orang Tua
Buatlah kincir angin baru bersama orang tuamu dengan menggunakan berbagai macam kertas, seperti kertas koran, majalah, atau kertas kado. Pasanglah kincirmu di halaman rumah.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 21, 23, 24, 25, 26 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Sumber Energi Pembelajaran 3 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 2 Halaman 21, 23, 24, 25, 26"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.