Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 Halaman 140, 141, 143, 144, 146, 147, 148
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 Halaman 140, 141, 143, 144, 146, 147, 148-Pembelajaran Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran Indonesia, Matematika dan SBdP.
Related
Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat
Amatilah gambar berikut dengan cermat!
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 140
Ceritakan perbedaan kedua gambar di atas kepada teman di sampingmu dengan percaya diri.
Alternatif Jawaban :
Gambar 1: Lingkungan rumah yang kotor
Gambar 2: Masyarakatbergotongroyongmembersihkanlingkungansekitar,sehinggatampakbersihdansehat.
Gambar manakah yang menunjukkan sikap rukun di masyarakat?
Alternatif Jawaban :
Gambar 2
Kamu boleh bercerita menggunakan bahasa daerahmu.
Lakukan secara bergantian.
Apakah masyarakat di sekitar rumah Udin selalu rukun?
Alternatif Jawaban :
Ya, masyarakatdisekitarrumahUdinselalurukun.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 141
Alternatif Jawaban :
Apakah masyarakat di sekitar rumahmu hidup dengan rukun?
Alternatif Jawaban :
Ya, masyarakatdisekitarrumahku hidupdenganrukun.
Sebutkan contoh sikap rukun di lingkunganmu!
Alternatif Jawaban :
Bergotong royong ketika ada tetangga merenovasi rumah.
Pembelajaran 1
Ayo Mengamati
Dengarkanlah gurumu membaca teks di bawah ini!
Membuang Sampah di Tempat Sampah
Udin selalu menjaga kebersihan.
Sampah-sampah yang berserakan dibuang di tempat sampah.
Sebaliknya, Badu tidak menjaga kebersihan rumah.
Badu membuang sampah ke dalam got.
“Buang saja sampahmu ke dalam got dekat rumah!” Ajak Badu kepada Udin.
“Tidak mau, ah. Nanti air got menjadi tergenang dan bau,” jawab Udin.
Badu menyadari bahwa perbuatannya tidak baik. Ia minta maaf kepada Udin. Badu juga berterima kasih kepada Udin karena sudah mengingatkan agar tidak membuang sampah sembarangan.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 143
Ayo Berlatih
Udin menolak ajakan Badu untuk membuang sampah ke got.
Sebutkan penolakan Udin tersebut.
Alternatif Jawaban :
“Tidak mau, ah. Nanti air got menjadi tergenang dan bau,”
Pernahkah kamu menolak ajakan temanmu?
Alternatif Jawaban :
Pernah
Tuliskan kalimat penolakanmu kepada teman!
Alternatif Jawaban :
Maaf, nanti dore aku tidak bisa ikut bermain denganmu. Aku harus membantu Ibu bersih-bersih rumah.
Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah ini!
Urutkan gambar di bawah ini sehingga menjadi sebuah cerita.
Alternatif Jawaban :
Ayo Mengamati
Rumah Udin bersih dan nyaman.
Udin, Edo, dan Siti, membuat prakarya di rumah Edo. Mereka membuat prakarya dengan bahan yang berbeda.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 144
Pasangkan hasil karya dengan bahan dan peralatan yang sesuai!
Alternatif Jawaban:Tuliskan alat dan bahan yang digunakan Udin, Edo, dan Siti!
Alternatif Jawaban :Alat dan bahan yang digunakan Udin :
Kertas
Pensil
Lem
Spatula, dan biji-bijian.
Alat dan bahan yang digunakan Edo :
Kertas
Lem
Spatula
Pasir, dan kerang.
Alat dan bahan yang digunakan Siti :
Kertas
Pensil
Gunting dan dedaunan.
Ayo Berkreasi
Buatlah hiasan dari biji-bijian.
Sebelumnya, kamu harus menyediakan sketsa gambar.
Buatlah sketsa yang akan kamu buat menjadi hiasan.
Alat dan Bahan yang Digunakan
• Kertas karton putih untuk menggambar
• Pensil untuk menggambar
Cara Membuat
• Buatlah sketsa gambar hiasanmu!
Lanjutkan kegiatanmu ini pada pembelajaran berikutnya.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 146
Ayo Berlatih
Udin dan Mutiara membuat prakarya dari biji-bijian.
Udin menggunakan biji-bijian hingga 239 butir.
Sedangkan Mutiara sebanyak 185 butir.
Banyak biji-bijian dapat digambarkan dengan kubus satuan.
Berapakah selisih biji-bijian yang digunakan Udin dan Mutiara?Alternatif Jawaban :
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 147
Tentukan jumlah dan selisih kedua bilangan berikut!
Alternatif Jawaban :
Buatlah bilangan tiga angka terbesar dan terkecil dari angka berikut!
Alternatif Jawaban :Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 148
Tentukan jumlah dan selisih dari bilangan yang diperoleh!
Alternatif Jawaban :
Soal nomor 1
Diberikan angka 1, 2, 3
Maka bilangan terkecil yang dapat dibentuk adalah 123 dan bilangan terbesar yang dapat dibentuk adalah 321.
Jumlah = 123 + 321 = 444
Selisih = 321 - 123 = 198
Soal nomor 2
Diberikan angka 1, 3, 4
Maka bilangan terkecil yang dapat dibentuk adalah 134 dan bilangan terbesar yang dapat dibentuk adalah 431.
Jumlah = 134 + 431 = 565
Selisih = 431 - 134 = 297
Soal nomor 3
Diberikan angka 2, 3, 4
Maka bilangan terkecil yang dapat dibentuk adalah 234 dan bilangan terbesar yang dapat dibentuk adalah 432.
Jumlah = 234 + 432 = 666
Selisih = 432 - 234 = 198
Soal nomor 4
Diberikan angka 1, 3,
Maka bilangan terkecil yang dapat dibentuk adalah 135 dan bilangan terbesar yang dapat dibentuk adalah 531.
Jumlah = 135 + 531 = 666
Selisih = 531 - 135 = 396
Soal nomor 5
Diberikan angka 2, 3, 5
Maka bilangan terkecil yang dapat dibentuk adalah 235 dan bilangan terbesar yang dapat dibentuk adalah 532.
Jumlah = 235 + 532 = 767
Selisih = 532 - 235 = 297
Kegiatan Bersama Orang Tua
Siswa diajak mencari contoh prakarya dari bahan alam di media cetak atau internet.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 Halaman 140, 141, 143, 144, 146, 147, 148-Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terimakasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 Halaman 140, 141, 143, 144, 146, 147, 148"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.