Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 Halaman 150, 151, 153

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 Halaman 150, 151, 153-Pembelajaran Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn, B.Indonesia dan PJOK.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 2 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Related

Dalam Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 2 Halaman 149-155 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif  jawaban.

Pembelajaran 2

Ayo Membaca

Bacalah percakapan di bawah ini dengan percaya diri!
Guru akan menentukan siapa yang menjadi Udin, Badu, dan Edo.
Udin : “Coba, lihat! Got menjadi bau dan kotor karena banyak sampah.”
Edo : “Wah, iya, airnya juga tergenang.”

Udin : “Bagaimana jika hari Minggu kita bergotong royong membersihkan got?”
Badu : “Membersihkan got? Aku tidak mau, ah. Got kan kotor dan bau.
Edo : “Aku kurang setuju, Din. Membersihkan got pekerjaan yang berat. Kita sebagai anakanak belum bisa melakukannya.”
Badu : “Betul, Din. Sudah biarkan saja.”
Udin : “Tapi, got yang tersumbat dapat menyebabkan banjir. Sampah akan menyumbat aliran air sehingga akan meluap ke jalan.”
Edo : “Bagaimana jika kita mengusulkan kepada Pak RT untuk mengajak seluruh warga bergotong royong?
Kita bisa ikut membantu pekerjaan ringan, misalnya membuang sampah yang dikumpulkan”
Udin : “Aku setuju, Do.”
Badu : “Aku juga setuju jika demikian. Aku juga bersalah karena membuang sampah ke dalam got.” 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 150, 151

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut sesuai percakapan di atas!
1. Apakah gotong royong diperlukan di dalam masyarakat?
2. Apakah terdapat kalimat penolakan pada teks percakapan di atas?
3. Tuliskan kalimat yang menunjukkan penolakan tersebut!
4. Tuliskan kalimat yang menunjukkan persetujuan!

Alternatif Jawaban :
1. Gotong royong diperlukan di dalam masyarakat agar lingkungan tetap bersih.
2. Pada teks percakapan di atas terdapat kalimat penolakan saat Edo dan Badu meolak ajakan Udin.
3. Badu: “Membersihkan got? Aku tidak mau, ah. Got kan kotor dan bau.
Edo : “Aku kurang setuju, Din. Membersihkan got pekerjaan yang berat. Kita sebagai anak-anak belum bisa melakukannya.”
4. Udin : “Aku setuju, Do.”
Badu : “Aku juga setuju jika demikian. Aku juga bersalah karena membuang sampah ke dalam got.”

Ayo Berlatih

Tuliskanlah kembali percakapan di atas menjadi sebuah cerita!
Perhatikan hal-hal berikut, sebagai panduan menulis cerita.
 Judul yang sesuai dengan cerita
 Orang yang berbicara.
 Kegiatan yang dilakukan.
Alasan dilakukannya kegiatan.
Cara melakukan kegiatan. 

Alternatif Jawaban :
Jawaban dapat disesuaikan dengan jawaban siswa, dibawah ini hanya contoh :
Gotong Royong Membersihkan Got
Udin, Edo, dan Badu melihat got yang kotor.Udin mengusulkan kegiatan gotong royong membersihkan got.Badu menolak karena tidak mau terkena bau dan kotoran.Edo menolak karena merasa tidak mampu.Akhirnya, mereka mengusulkan kegiatan gotong royong kepada Pak RT.

Ayo Mengamati

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 152

Warga bergotong royong membersihkan got.
Sampah yang terangkut diletakkan di pinggir jalan.
Anak-anak ikut membantu memungut sampah yang tercecer.
Warga merasa senang lingkungan kembali bersih.
Perhatikan gambar berikut!

 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 152 K13

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 153

Sikap apakah yang sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila pada bacaan dan gambar tersebut?

Sikap apakah yang sesuai dengan pengamalan sila kedua Pancasila pada bacaan dan gambar  tersebut?

Tuliskan pada tabel berikut!

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 153

 Alternatif Jawaban :

Sikap apakah yang sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila pada bacaan dan gambar tersebut?
Alternatif Jawaban :
Sikap warga yang memaklumi warga lain yang terlambat mengikuti kerja bakti karena pergi ke gereja terlebih dahulu.

Sikap apakah yang sesuai dengan pengamalan sila kedua Pancasila pada bacaan dan gambar  tersebut?
Alternatif Jawaban :
Beristirahat sejenak dari kegiatan gotong royong untuk memberi kesempatan warga menjalankan ibadah.

Tuliskan contoh pengamalan sila pertama atau sila kedua Pancasila di lingkungan masyarakat! 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 153 K13

Alternatif Jawaban :

Pengamalan sila pertama ( Ketuhanan Yang Maha Esa ) Pancasila di lingkungan masyarakat!
1. Menjaga toleransi antar masyarakat yang berbeda agama.
2. Bersedia membantu sesama warga masyarakat meskipun berbeda keyakinan.
3. Menjaga ketenangan lingkungan ketika orang lain melakukan ibadah.
4. Menghormati orang lain yang berbeda agama dengan kita.
5. Menghindari perilaku yang bersifat mencela agama orang lain.

Pengamalan sila kedua ( Kemanusiaan yang Adil dan Beradab ) Pancasila di lingkungan masyarakat!
1. Menghormati hak-hak dan kewajiban antar-sesama anggota masyarakat.
2. Mengembangkan sikap peduli dan tolong menolong.
3. Tidak membeda-bedakan suku, ras, bangsa dan agama.
4. Membantu tetangga yang membutuhkan pertolongan.
5. Tidak memaksakan kehendak pada orang lain.

Ayo Bercerita

Ceritakan kegiatanmu di lingkungan masyarakat yang sesuai dengan pengamalan sila pertama!
Alternatif Jawaban :
Aku dan teman-temanku berbeda agama. Di lingkunganku, terdapat sebuah masjid dan sebuah gereja. Aku menghargai dan menghormati teman-temanku yang berbeda agama.

Ceritakan kegiatanmu di lingkungan masyarakat yang sesuai dengan sila kedua Pancasila!
Alternatif Jawaban :
Masyarakat di lingkungan rumahku hidup rukun. Kami terbiasa untuk tolong menolong. Ketika ada yang sakit, kami datang menjenguk bersama-sama. Begitu juga jika ada pesta, ibu-ibu dan bapak-bapak akan saling memberikan bantuan yang dibutuhkan.

Ceritakan secara lisan dengan percaya diri.

Ayo Berlatih

Lingkungan rumah Udin sudah bersih kembali.
Anak-anak pun dapat bermain dengan nyaman.
Lakukan gerakan-gerakan di bawah ini dengan percaya diri!
Lakukan gerakan itu di bawah bimbingan gurumu! 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 154
Setelah melakukan gerakan-gerakan di atas, mari melakukan permainan berikut. 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 155
Kamu dapat melanjutkan kegiatan dengan permainan tapak gunung. 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 2 Halaman 155 K13

Kegiatan Bersama Orang Tua

Siswa berdiskusi dengan orang tua mengenai kegiatan gotong royong di sekitar rumah. Orang tua membuka cerita dengan mengemukakan pentingnya hidup bermasyarakat. 

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 Halaman 150, 151, 153-Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat Pembelajaran 2 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terimakasih.

Related Posts

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 Halaman 150, 151, 153"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel