Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 3 Halaman 42, 43, 44, 45, 48, 49
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 3 Halaman 42, 43, 44, 45, 48, 49 -Pembelajaran Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku Pembelajaran 5 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn, B. Indonesia dan Matematika.
Related
Pembelajaran 5
Ayo Membaca
Bahan untuk membuat benda tidak hanya berasal dari kayu, kertas, dan plastik. Perhatikan benda-benda yang ada di rumahmu. Benda yang kamu gunakan sehari-hari. Adakah benda yang bukan berasal dari kayu, kertas, atau plastik? Tuliskan bahan yang digunakan untuk membuat bendabenda tersebut. Sebutkan nama benda-benda yang dihasilkannya!
Bacalah informasi berikut ini!
Benda dari Kaca
Ada benda-benda yang dibuat dari kaca. Benda tersebut, antara lain gelas, piring, mangkuk, kaca mata, akuarium, jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifat kedap air dan tembus cahaya. Oleh karena itu, kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.
Benda dari Logam
Coba amati benda yang ada di rumahmu! Adakah benda yang dibuat dari logam? Benda-benda tersebut, antara lain panci, penggorengan, sendok sayur, sendok makan, kerangka mobil, dan pagar rumah.
Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam?
Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.
Benda dari Karet
Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet.
Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung
tangan.
Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama temanmu!
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 42
Ayo Mengamati
Amatilah benda-benda di sekitarmu! Adakah yang terbuat dari bahan kaca, logam, atau karet?
Tuliskan hasil pengamatanmu pada tabel yang telah disediakan!
Alternatif Jawaban :
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 43
Ayo Mencoba
Kamu telah mengamati benda-benda di sekitarmu.
Lengkapilah bagan berikut ini!
Ayo Berdiskusi
Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentuk benda. Setiap bahan pembentuk benda mempunyai sifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dan sekolahmu! Sebutkan bahan yang biasa digunakan untuk membuat tempat sampah!
Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai kesadaran dalam membuang sampah di tempatnya?
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 44
Sekarang, musyawarahkan dengan teman sekelasmu! Bagaimana cara meningkatkan kebersihan di sekolahmu?
Tuliskan hasil musyawarah di kotak berikut!
Alternatif Jawaban :
1. Selalu membuang sampah yang telah kita gunakan pada tempatnya.
2. Melakukan kegiatan Jumat bersih secara rutin.
3. Melaksanakan piket kelas.
4. Mengadakan gerakan cinta kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 45
Ingatlah kembali saat kamu melakukan musyawarah bersama teman-teman! Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apakah setiap anak boleh memberikan pendapatnya saat musyawarah?
2. Mengapa kita harus memberikan pendapat saat bermusyawarah?
3. Apa yang terjadi jika hanya satu atau dua orang yang memberikan pendapat?
4. Apakah kita boleh memaksakan pendapat saat musyawarah?
5. Tuliskan pengalamanmu tentang musyawarah.
Apakah menurutmu musyawarah sudah berjalan lancar?
Alternatif Jawaban :
1. Setiap anak boleh memberikan pendapat saat musyawarah.
2. Karena dengan pendapat yang kita berikan akan membantu memberi masukan dalam musyawarah.
3. Jika hanya satu atau dua orang yang memberikan pendapat maka hasil keputusan hanya bersumber dari kedua orang tersebut.
4. Kita tidak boleh memaksakan pendapat kepada orang lain.
5. Iya, menurut saya musyawarah berjalan dengan lancar.
Ayo Mencoba
Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam) adalah bahan yang dapat digunakan untuk membuat penggaris. Mengapa bahan kaca tidak digunakan untuk membuat penggaris?
Coba perhatikan satuan yang tertera pada penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu
satuan panjang. Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan milimeter (mm).
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 48, 49
Ayo Berlatih
Ubahlah sesuai satuan yang diminta!
Alternatif Jawaban :1. 200 cm = 200 cm : 100 cm = 2 m
2. 500 cm = 500 cm : 100 cm = 5 m
3. 6 m = 6 x 100 cm = 600 cm
4. 400 cm = 400 cm : 100 cm = 4 m
5. 7 m = 7 x 100 cm = 700 cm
6. 2 m 45 cm = 2 x 100 cm + 45 cm = 200 cm + 45 cm = 245 cm
7. 4 m 32 cm = 4 x 100 cm + 32 cm = 400 cm + 32 cm = 432 cm
8. 8 m 79 cm = 8 x 100 cm + 79 cm = 800 cm + 79 cm = 879 cm
9. 4 m 8 cm = 4 x 100 cm + 8 cm = 400 cm + 8 cm = 408 cm
10. 70 m 9 cm = 70 x 100 cm + 9 cm = 7.000 cm + 9 cm = 7.009 cm
Ayo Berlatih
Lakukanlah aktivitas berikut ini!
1. Perhatikan gambar benda yang harus kamu ukur!
2. Ukurlah bagian benda sesuai gambar!
3. Tuliskan perkiraanmu terlebih dahulu! (ukuran hasil tebakanmu tanpa menggunakan alat ukur)
4. Ukurlah dengan menggunakan alat ukur!
5. Lengkapilah tabel di bawah ini dengan hasil pengukuranmu!
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua bersama siswa mengumpulkan benda-benda yang tidak terpakai menjadi benda yang bermanfaat. Misalnya membuat pot tanaman dari botol bekas atau kaleng
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 3 Halaman 42, 43, 44, 45, 48, 49-Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku Pembelajaran 5 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terimakasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 3 Halaman 42, 43, 44, 45, 48, 49"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.