Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 147, 149, 150, 151, 152, 153

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 147, 149, 150, 151, 152, 153 -Pembelajaran Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya Subtema 3 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran B. Indonesia, IPA dan SBdP.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 5 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Related

Dalam Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 145-154 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa di semester 2. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif  jawaban.

Pembelajran 2

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 145

Suatu pagi, Lani bergegas memasuki ruang kelas dengan membawa sebuah kotak. Ia segera menemui Dayu, yang saat itu sudah ada di kelas.
“Dayu! Coba lihat, saya bawa apa?” tanya Lani sambil menunjukkan sebuahkotak.
“Ah, kamu akhirnya mendapatkan botol minum tahan panas yang selama ini kamu idamkan, Lani! Bolehkah saya melihatnya?” timpal Dayu ikut senang.
“Tentu saja, Dayu. Saya senang sekali, akhirnya saya dapat menyimpan teh panas atau air dingin dari rumah agar saya masih bisa menikmatinya di sekolah. Nanti kita berbagi ya Dayu!” jawab Lani. “Sebenarnya saya lebih penasaran dengan cara kerja benda itu, Dayu. Bahan apa saja yang digunakan benda itu untuk menjaga panas dari air teh panas tidak keluar sehingga tetap hangat. Dan kamu pun tetap dapat memegangnya tanpa kepanasan.” Jawab Dayu. “Di dalam kotak ini ada brosur yang menggambarkan bagian-bagian benda ini. Nanti kita lihat ya! Tetapi saya bawa sebuah artikel yang kurasa juga menarik untuk kita ketahui. Sejarah termos! Benda ini pun sebenarnya hampir sama dengan termos yang biasa kita pakai untuk menyimpan air panas. Maukah kamu membaca bersama saya?” tanya Lani. “Tentu saja!” jawab Dayu bersemangat.

Ayo Membaca

Sejarah Termos

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 146

Hampir semua keluarga memiliki termos di rumahnya. Termos memang sering digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan. Biasanya keluarga yang memiliki bayi yang memerlukan susu setiap saat, menggunakan termos untuk menyimpan air panas. Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding berlapis. Benda ini dirancang berbentuk seperti kaca dengan bahan mengkilap yang dapat menyimpan cairan agar tetap memiliki suhu seperti semula. Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat. Panas yang dikeluarkan oleh air panas tadi, dapat ditahan oleh dinding dalam termos yang terbuat dari bahan mengkilap ini. Sehingga air panas di dalamnya akan tetap hangat hingga beberapa saat tergantung dari ketebalan dindingnya. Saat ini termos tidak hanya digunakan untuk menyimpan air panas, tetapi juga untuk menyimpan air dingin agar tetap dingin. 

Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga agar minuman bayinya tetap hangat. Tetapi saat itu, untuk menjaga suhu minuman agar tetap hangat merupakan hal yang sulit dilakukan, terutama dalam kondisi cuaca yang dingin seperti di Eropa.

Karena kebutuhan inilah, James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara. Botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat untuk mencegah agar panas tidak menjalar. Sementara dinding sebelah dalam botol tersebut, dilapisi perak untuk mempertahankan panas. Botol hampa udara itulah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa udara buatan James Dewar dan penutup wol buatan mertuanya sampai sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.
Sumber : diolah dari berbagai sumber

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 147

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskanlah hal-hal penting pada setiap paragraf dengan menggunakan kalimat lengkap. Tuliskanlah pada tabel berikut.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 147
Alternatif Jawaban :
Informasi penting pada paragraf 1 :
1. Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding berlapis.
2. Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat.

Informasi penting pada paragraf 2 :
1. Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar.
2. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga agar minuman bayinya tetap hangat.

Informasi penting pada paragraf 3 :
1. James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara. yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos.
2. Botol hampa udara buatan James Dewar sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.

Rangkailah kalimat-kalimat yang berisi informasi penting dari paragraf di atas menjadi sebuah tulisan satu paragraf yang menggambarkan isi dari bacaan di atas. Gunakan kalimat yang lengkap, kata-kata baku dan ejaan yang tepat.

Alternatif Jawaban :
Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung. Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar. James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa udara buatan James Dewar sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.

Jelaskanlah hasil pekerjaanmu kepada anggota kelompok yang telah dibentuk. Apakah kamu menemukan sesuatu yang menarik setelah kamu mendengarkan penjelasan dari teman-temanmu yang lain?
Apakah kamu memiliki pemahaman yang sama tentang isi bacaan tersebut?
Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut ini.
Tuliskan jawabanmu dengan menggunakan kalimat yang lengkap dan kata-kata yang baku!
1. Apakah fungsi sebuah termos?
2. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat termos pada masa itu?
3. Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas.
4. Apa saja benda di sekitarmu yang menggunakan prinsip yang hampir sama dengan termos?

Alternatif Jawaban :
1. Termos digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan.
2. Bahan yang digunakan pada masa itu adalah botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat.
3. gambar
4. Selimut dan jaket.

Ayo Membaca

Selain termos, tentu kamu pernah melihat benda-benda di sekitarmu yang menggunakan bahan isolator dan konduktor dengan berbagai kegunaannya.
Bacalah bacaan berikut yang disadur dari sebuah buku pelajaran elektronik ini dengan saksama.

Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 148
Kamu sudah tahu, bahwa panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ingat kembali, apa yang dimaksud dengan konduksi, konveksi, dan radiasi? Pikirkan bersama dalam kelompok kecil! Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator.
Benda apakah itu?

Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini. Selimut memerangkap udara. Udara adalah isolator, sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu.
Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat.

Terbuat dari apakah panci? Panci terbuat dari bahan logam, misalnya aluminium. Aluminium
merupakan penghantar panas yang baik. Panci akan menghantarkan panas ke makanan yang dimasak. Pegangan panci terbuat dari plastik. Plastik merupakan isolator sehingga kamu tidak akan kepanasan ketika memegangnya.

Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal. Karena itu, mesin dibuat dari bahan konduktor sebagai penghantar panas. Dari uraian di atas, kamu sudah tahu mana bahan yang bersifat konduktor dan isolator. Selain selimut, dan panci, tentu kamu dengan mudah menjumpai penggunaan benda yang bersifat konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari.
Sumber : IPA BSE Kelas 6, Pusbuk, 2010

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 149

Ayo Menulis

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 149
Alternatif Jawaban :
Isi paragraf 1 : Panas dapat berpindah melalui konduksi, konveksi dan radiasi.
Isi paragraf 2 : Selimut dan panci memanfaatkan sifat konduktor dan isolator .
Isi paragraf 3 : Panci terbuat dari bahan logam.
Isi paragraf 4 : Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas.

Berdasarkan kalimat-kalimat yang mewakili isi bacaan yang telah kamu tulis, buatlah sebuah diagram yang akan menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan di atas. Gunakan diagram berikut untuk membantumu! Tuliskanlah kalimat-kalimat yang menjadi pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan, ke dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak tentu mewakili satu paragraf. Berilah keterangan hal-hal penting lain dalam paragraf yang mendukung pokok pikiran tersebut. Lakukanlah bersama dengan teman sebangkumu!

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 150

Buatlah diagrammu pada tempat yang disediakan di bawah ini.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 150
Alternatif Jawaban :

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 150 K13

Tuliskanlah pemahamanmu tentang isi bacaan dalam bacaan dalam tulisan satu paragraf berikut.
Alternatif Jawaban :
Panas dapat berpindah melalui konduksi, konveksi dan radiasi. Beberapa barang memanfaatkan benda sebagai konduktor atau isolator. Contohnya seperti selimut dan panci memanfaatkan sifat konduktor dan isolator. Panci bersifat konduktor sedang pegangan panci bersifat isolator. Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan bersifat konduktor. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin ideal.

Jelaskanlah diagram yang kamu buat! Jelaskan pada hubungan setiap konsep yang kamu temukan dalam bacaan tersebut di dalam kelompok kecil. Bandingkanlah hasil pekerjaanmu dengan yang dibuat temanmu yang lain. Lakukanlah diskusi ketika ada pertanyaan di dalam kelompokmu.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 151, 152

Ayo Mengamati

Amatilah benda-benda yang ada di sekolah dan rumahmu. Gunakan tabel berikut untuk mengidentifikasi sifat hantaran benda tersebut dan kegunaannya.
Lalu buatlah kesimpulannya!

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 151

Alternatif Jawaban :

Hasil pengamatan nama Benda / Alat di sekolah 
Nama Benda/Alat di Sekolah : Bel Listrik
Sifat Hantaran : Konduktor
Kegunaan : Penanda waktu masuk dan istirahat

Nama Benda/Alat di Sekolah : Jaket
Sifat Hantaran : Isolator
Kegunaan : Menjaga badan tetap hangat

Nama Benda/Alat di Sekolah : Sarung tangan
Sifat Hantaran : Isolator
Kegunaan : Menjaga tangan tetap hangat

Nama Benda/Alat di Sekolah : Thermos Es
Sifat Hantaran : Isolator
Kegunaan : Menjaga es tidak mencair

Hasil pengamatan nama Benda / Alat di rumah

Nama benda/Alat di rumah  : Setrika
Sifat hantaran : Konduktor
Kegunaan : Merapikan baju

Nama benda/Alat di rumah  : Panci
Sifat hantaran : Konduktor
Kegunaan : Memasak dan merebus air

Nama benda/Alat di rumah  : Selimut
Sifat hantaran : Isolator
Kegunaan : Menjaga badan tetap hangat

Nama benda/Alat di rumah  : Thermos
Sifat hantaran : Isolator
Kegunaan : Menjaga air tetap panas

Presentasikan hasil pengamatanmu di dalam kelompok. Lalu, amatilah hasil pengamatan teman-teman pada kelompok. Catatlah hal menarik yang disampaikan teman-temanmu untuk memperkaya pengetahuanmu.

Buatlah kesimpulan terhadap kegiatan di atas.
Panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ketiga cara perpindahan panas dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ayo Mengamati

Perhatikanlah kembali gambar yang telah kamu buat sebelumnya, tentang gambar bagian-bagian termos berdasarkan bacaan yang kamu baca. Apakah gambarmu menyerupai gambar di bawah ini?
Menggambar dengan menggunakan keterangan yang dibaca, merupakan salah satu kegiatan menggambar cerita. Apakah gambar cerita itu?
Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa.
Fungsi gambar cerita antara lain untuk:

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 152 K13

Gambar cerita sering juga ditemukan dalam buku cerita, majalah, dan buku pelajaran. Poster dan brosur juga sering disertai gambar cerita agar menarik.
Petunjuk cara penggunaan barang pun sering dilengkapi dengan gambar cerita untuk membantu pengguna menggunakannya.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 153

Ayo Berlatih

Perhatikanlah gambar cerita berikut ini! Lengkapilah keterangan sesuai gambar cerita yang ditampilkan. Di manakah kamu menemukan gambar cerita tersebut?
Kesan apa yang kamu rasakan pada saat mengamati gambar ilustrasi tersebut?

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 153
Alternatif Jawaban :

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 153 K13

Bersama dengan teman sekelompok, buatlah sebuah kliping dengan mengumpulkan gambar-gambar cerita yang ada di berbagai media. Carilah gambar-gambar cerita yang ada pada buku pelajaran, buku cerita, koran, majalah, brosur, dan poster yang ada di sekitarmu. Berilah keterangan asal gambar cerita dan kesan yang kamu tangkap dari gambar tersebut seperti contoh di atas.

Ayo Renungkan

1. Apa saja keterampilan menurutmu yang diperlukan untuk memahami konsep-konsep pembelajaran hari ini?
2. Konsep manakah yang ingin kamu dalami lebih lanjut?
3. Bagaimana kamu memanfaatkan sumber informasi di sekitarmu?

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tuamu, carilah beberapa gambar cerita yang menjelaskan cara penggunaan beberapa alat elektronik yang ada di rumahmu. Apakah kamu dapat memahami gambar cerita tersebut? Bagaimana saranmu?

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 147, 149, 150, 151, 152, 153 - Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya Subtema 3 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan Pembelajaran 2 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terimakasih.

Related Posts

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 147, 149, 150, 151, 152, 153"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel