Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 138, 139, 141, 142, 143
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 138, 139, 141, 142, 143 -Pembelajaran Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya Subtema 3 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran B. Indonesia, dan IPA.
Related
Subtema 3
Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan
Pembelajran 1
Di suatu sore, Ibu sedang menyiapkan makan malam di dapur, dan Lani baru saja menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Lani menghampiri ibunya di dapuruntuk memberikan bantuan.
Lani : “Wah… Aroma masakannya wangi sekali, Bu! Ibu sedang memasakapa?”
Lani : “Wah, aku jadi penasaran! Hebat juga Ibu bisa belajar memasak dari televisi! Berarti aku juga bisa, ya!”
Ibu : “Televisi itu merupakan salah satu media elektronik yang paling banyak ditonton masyarakat kita, kan? Ada banyak informasi yang bisa diperoleh dari televisi, termasuk informasi tentang memasak ini. Selain televisi, sekarang ada internet yang menyediakan berbagai informasi melalui situs-situsnya. Yuk, bantu Ibu memasak. Tolong ambilkan spatula kayu itu untuk mengaduk sayuran yang sudah Ibu masukkan ke dalam masakan Ibu tadi, ya Lani.”
Lani : “Baik, Bu. Ngomong-ngomong, mengapa tidak memakai sendok sayur yang biasa kita pakai untuk mengambil sayur dari panci untuk mengaduk, Bu?”
Ibu : “Tahukah kamu sendok sayur yang biasa kita pakai itu terbuat dari bahan apa? Coba bandingkan dengan spatula kayu itu. Apakah keduanya terbuat dari bahan yang sama?”
Lani : “Sendok sayur itu terbuat dari logam dan spatula itu dari kayu. Lalu?”
Ibu : “Manakah yang menurut Lani akan mudah panas bila bersentuhan dengan kuah sayur yang mendidih di dalam panci itu? Sendok sayur dari logam itu atau spatula kayu?”
Lani : “Ah, saya tahu, Bu! Tentu saja sendok sayur logam akan lebih mudah panas! Saya tahu mengapa! Saat sendok logam ini mengenai kuah panas, panas dari kuah itu akan dialirkan melalui sendok logam itu, sehingga ia ikut panas. Itu konduksi, kan!”
Ibu : “Ah, kamu mengamati dengan baik, Lani! Jadi, mana yang akan kamu pakai untuk mengaduk sayur itu? Spatula kayu atau sendok sayur logam?”
Lani : “Ah, Ibu! Tentu saja spatula kayu akan saya pakai agar tanganku tidak kepanasan! Terima kasih sudah mengingatkanku, Ibu!”
Ibu : “Sama-sama, Nak.”
Masih ingatkah kamu mengenai perpindahan panas atau kalor dengan cara konduksi? Perpindahan panas dengan cara ini, memerlukan zat perantara yang membantunya mengalirkan panas dari sumber panas ke benda yang lain. Ingatlah bahwa panas mengalir dari tempat yang panas menuju tempat yang lebih dingin. Ada perantara panas yang dapat menghantarkan panas dengan baik, ada yang tidak.
Ayo Membaca
Lani memilih benda yang terbuat dari bahan kayu untuk mengaduk kuah panas, karena ia tidak ingin tangannya kepanasan. Di sekitar kita, terdapat banyak bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik dan ada juga yang tidak menghantarkan panas dengan baik. Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama! Salah satu sumber bacaan berikut ini berasal dari buku elektronik,
yaitu buku yang dimuat secara digital. Untuk melihat isinya, diperlukan jaringan internet dan alat elektronik seperti telepon genggam atau komputer pribadi. Oleh karenanya, buku elektronik menjadi salah satu media elektronik yang juga sering digunakan oleh masyarakat modern.
Bahan Konduktor dan Isolator
Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan. Pemilihan bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut. Misalnya, benda yang dapat menghantarkan panas dan benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator. Sedangkan ada bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor.
Bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya terbuat dari bahan logam. Panci, wajan penggorengan, dan beberapa peralatan masak di dapur terbuat dari
logam. Jenis logam yang paling sering digunakan untuk membuat alat-alat tersebut antara lain besi, aluminium, dan tembaga.
Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator. Beberapa bahan yang termasuk sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan plastik. Penggunaan bahan-bahan ini banyak sekali dijumpai di sekitar kita.
Penggunaan bahan konduktor dan isolator, dapat diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat. Perhatikanlah gambar di bawah ini!
Panci yang biasa digunakan untuk memanaskan air ini terdiri atas bahan yang berbeda. Ada bahan yang berfungsi sebagai konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator. Pada gambar tersebut, terlihat bahwa penggunaan bahan isolator berguna untuk mencegah panas dari sumber
panas dialirkan ke pengguna panci.
Aliran panas berhenti pada bahan isolator karena bahan tersebut, tidak dapat mengalirkan panas secara konduksi dari sumber panas. Sehingga, penggunaan bahan isolator terutama untuk melindungi pemakai alat agar tidak kepanasan dan dapat menggunakan alat tersebut sebagaimana mestinya.
Sumber : BSE IPA Kelas 5, Pusat Perbukuan, 2010
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 138, 139
Ayo Menulis
Perhatikan dengan saksama bacaan di atas, dan kamu akan menemukan beberapa kata yang dicetak miring. Tuliskan kata-kata tersebut di dalam tabel berikut, lalu carilah artinya dengan menggunakan kamus. Buatlah paling sedikit dua kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut dengan menggunakan kalimat lengkap dan kata yang baku.
Alternatif Jawaban :Kata : Bahan
Arti : Barang yang akan dibuat menjadi satu benda tertentu; bakal;
Kalimat :
- Konduktor biasanya terbuat dari bahan logam.
- Panci terbuat dari bahan aluminium
Kata : Menghantar
Arti : Mengirimkan (membawa) ke:
Kalimat :
- Logam besi dapat menghntar panas dengan baik
- Bahan isolator sulit menghantar panas.
Kata : Konduktor
Arti : Benda atau bahan penghantar panas, arus listrik, atau suara
Kalimat :
- Contoh bahan yang bersifat konduktor antara lain besi, tembaga, baja, aluminium
- Ada banyak bahan yang digolongkan ke dalam jenis konduktor.
Kata : Isolator
Arti : Penyekat atau pengisolasi
Kalimat :
- Isolator merupakan jenis bahan yang memiliki sifat berlawanan dengan bahan konduktor.
- Isolator bersifat tidak menghantarkan panas.
Kata : Semikonduktor
Arti : Bahan yang mempunyai daya hantar panas/listrik antara konduktor dan isolator
Kalimat :
- Bahan semikonduktor bisa ditemukan pada berbagai komponen elektronika.
- Bahan semikonduktor yang paling sering digunakan pada komponen elektronika adalah Germanium (Ge) dan Silikon (Si).
Kata : Alat
Arti : Benda yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu: perkakas; perabot(an)
Kalimat :
- Isolator melindungi pemakai alat agar tidak kepanasan.
- Panci, wajan, dan kompor termasuk alat-alat dapur.
Berdasarkan bacaan di atas, tentukan hal-hal penting dari setiap paragraf bacaan. Tuliskanlah dalam bentuk kalimat pada tabel berikut ini.Alternatif Jawaban :
Hal-hal penting pada paragraf 1 :
1. Pemilihan bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut.
2. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor.
3. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator.
4. Bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor.
Hal-hal penting pada paragraf 2 :
1. Bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya terbuat dari bahan logam.
2. Jenis logam yang paling sering digunakan antara lain besi, aluminium, dan tembaga.
Hal-hal penting pada paragraf 3 :
1. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator.
2. Beberapa bahan yang termasuk sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan plastik.
Hal-hal penting pada paragraf 4 :
1. Penggunaan bahan konduktor dan isolator, dapat diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat
2. Ada bahan yang berfungsi sebagai konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator.
3. Penggunaan bahan isolator berguna untuk mencegah panas dari sumber panas.
Perlihatkanlah hasil pekerjaanmu kepada teman sebangkumu. Lihatlah persamaan dan perbedaannya. Kamu juga dapat mendiskusikan alasanmu memilih kalimat penting di setiap paragraf. Apakah kalimat yang kamu buat mewakili pokok pikiran pada paragraf tersebut?
Dengan menggunakan hal-hal penting yang kamu tuliskan dalam bentuk kalimat di atas, kamu dapat juga menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan. Gunakan diagram di bawah ini untuk menjelaskannya. Tentukanlah pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan dan tuliskanlah di dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak mewakili satu paragraf.Alternatif Jawawaban :
Ceritakanlah diagram yang kamu buat di atas dalam sebuah kelompok yang terdiri atas paling banyak empat orang. Jelaskan pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan suara, intonasi, dan lafal yang jelas. Mintalah tanggapan dari temanmu dan lakukanlah diskusi ketika ada pertanyaan di dalam kelompokmu.
Ayo Mengamati
Berdasarkan bacaan di atas, kamu tahu bahwa banyak benda di sekitar kita yang memiliki kemampuan menghantarkan panas yang berbeda. Bagaimana cara untuk mengetahui kemampuan menghantar sebuah benda? Berikut ini adalah kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk menyelidiki kemampuan menghantarkan panas pada bahan yang berbeda-beda. Lakukanlah kegiatan ini di dalam kelompok. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan, lalu ikutilah langkah kegiatannya. Amati dan catat setiap perubahan yang terjadi.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 141, 142, 143
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan kegiatan di atas.
1. Apakah yang terjadi pada saat kamu memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan sumpit yang terbuat dari bambu?
2. Mengapa demikian ?
3. Apakah yang terjadi pada saat kamu memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan sumpit dari bahan plastik?
4. Mengapa demikian?
5. Apakah yang terjadi pada saat kamu memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan bahan kain?
6. Mengapa demikian?
7. Pada percobaan di atas, bahan manakah yang berfungsi sebagai konduktor?
8. Pada percobaan di atas, bahan manakah yang berfungsi sebagai isolator?
9. Sebutkanlah paling sedikit 3 bahan lain yang berfungsi sebagai isolator!
10. Tuliskanlah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan percobaan di atas.
Alternatif Jawaban :
1. Tangan tidak merasakan panas dari lilin yang mengalir melalui besi dan tembaga.
2. Karena sumpit bambu merupakan isolator sehingga tidak mampu menghantarkan panas.
3. Tangan tidak merasakan panas dari lilin yang merambat melalui besi atau tembaga.
4. Karena sumpit plastik, merupakan isolator sehingga tidak mampu menghantarkan panas.
5. Tangan tidak merasakan panas dari lilin yang merambat melalui besi atau tembaga.
6. Karena kain handuk yang merupakan isolator sehingga tidak mampu menghantarkan panas.
7. Besi dan tembaga.
8. Kayu, plastik, dan kain handuk.
9. Styrofoam, kertas, dan karet.
10. Kesimpulan :
Tidak semua jenis bahan dapat menghantarkan arus listrik dengan baik. Ada bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik ada pula bahan yang sangat buruk menghantarkan panas. Bahan-bahan yang sangat baik daya hantarnya disebut konduktor sedang yang sangat buruk daya hantarnya disebut isolator.
Ayo Renungkan
1. Apa saja hal menarik yang kamu lihat pada kegiatan pembelajaran kali ini?
2. Adakah hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih dalam?
3. Bagaimana usahamu untuk memenuhi rasa ingin tahumu terhadap topik pembelajaran kali ini?
Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama dengan orang tuamu, buatlah daftar barang di rumah sesuai sifat hantarannya. Manakah yang lebih banyak? Mengapa?
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 138, 139, 141, 142, 143 - Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya Subtema 3 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terimakasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 138, 139, 141, 142, 143"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.