Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 2 Halaman 30, 31, 32, 33, 34, 37

Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 2 Halaman 30, 31, 32, 33, 34, 37-Artikel ini berisikan tentang pembahasan mengenai buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 materi bab 2 yang berjudul Di Bawah Atap.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia Kurikulum Merdeka.

Dalam Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Materi Bab 2 Halaman 27-37 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Artikel  ini sudah di sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban buku paket siswa pada mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 kurikulum merdeka.

Menyimak

Guru akan membacakan cerita berikut ini.
Simaklah dengan baik!

Kepala Suku Len

Kunci Jawaban B. Indonesia bab 2 kelas 4 halaman 28

Tigor suka menyiram tanaman karena Tigor suka bermain air. Dengan semprotan air di tangannya, Tigor dapat membuat hujan. Jika Tigor memutar kepala semprotan ke kanan, Tigor bisa menyemprotkan air lebih jauh. Jika Tigor memutar kepala semprotan ke kiri, air keluar seperti hujan gerimis. Kadang-kadang Tigor dapat melihat pelangi!

Sayangnya, Molen tidak suka. Kucing yang suka membuntuti Tigor itu takut air. Begitu Tigor menyalakan keran, Molen segera kabur dan masuk rumah. Baiklah, Tigor bekerja sendiri saja.

Rasanya Tigor ingin menyiram tanaman seharian, apalagi saat cuaca panas seperti ini. Tentu saja Inang tidak membolehkannya karena halaman akan menjadi becek. Kata Inang, menyiram tanaman secara berlebihan itu membuang-buang air. Itu tidak baik.

Syuuur! Syuuuur! Tigor beraksi. Dari tanaman berbunga ungu di pojok kiri sampai pohon mangga besar di kanan, semua disiram Tigor. Tigor melakukannya secara sistematis agar tidak ada yang terlewat.

Kunci Jawaban B. Indonesia bab 2 kelas 4 halaman 29

 Tigor hampir sampai di tanaman kecil-kecil punya Kak Tiur. Tiba-tiba …
“Jangan! Kemarin sudah. Tanaman ini bisa mati kalau sering disiram,” kata Kak Tiur.
“Kenapa?” Tigor heran sekali. “Ini sukulen. Lihat, daunnya tebal sekali. Ini untuk menyimpan air. Kalau sering disiram, sukulen bisa membusuk,” Kak Tiur menjelaskan.

“Su-ku-len? Suku Len? Aku baru tahu tanaman juga punya suku,” sahut Tigor heran. Tigor tahu keluarga mereka bersuku Batak. Tigor dan Kak Tiur bermarga Siregar, mengikuti marga Bapak.

Jawaban B. Indonesia bab 2 kelas 4 halaman 29

“Kita bersuku Batak dan bermarga Siregar. Tanaman ini bersuku Len dan bermarga apa?” tanya Tigor.
Kak Tiur tertawa. “Bukan begitu. Namanya memang sukulen. Bukan karena punya suku.”
Tigor ikut tertawa. Seru juga seandainya tanaman juga punya suku. Ada suku Mawar, suku Mangga, suku Anggrek, dan suku Singkong.

Kunci Jawaban B. Indonesia bab 2 kelas 4 halaman 30
Eh, kenapa Molen mengendus-endus?

Tigor terpikir, “Hei, namamu juga ada ‘Len’. Mo-Len. Hmmm …, bagaimana kalau kamu menjadi Kepala Suku? Kepala Suku Len.” “Meooong …,” jawab Molen.
Cerita oleh Eva Nukman

Kunci Jawaban Bab 2 Kelas 4 Halaman 30, 31

Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini! Kalian tidak diperbolehkan membuka Buku Siswa untuk mencari jawabannya. Tuliskan jawaban kalian di buku tulis!
1. Mengapa Tigor suka menyiram tanaman?
2. Apakah yang sering dilakukan Tigor saat menyiram tanaman?
3. Disebut apakah tanaman Kak Tiur?
4. Mengapa tanaman Kak Tiur tidak boleh sering disiram?
5. Siapakah Molen?
6. Siapakah yang tidak membolehkan Tigor menyiram tanaman secara berlebihan?
7. Apakah nama suku keluarga Tigor?
8. Apakah nama marga Tigor dan Kak Tiur?
9. Mengapa Tigor mengira Molen ada hubungannya dengan tanaman Kak Tiur?
10. Jabatan apa yang disebutkan Tigor untuk Molen?

Alternatif Jawaban :
1.    Tigor suka menyiram tanaman karena Tigor suka bermain air.
2.    Dengan semprotan air.
3.    Tanaman Kak Tiur disebut Sukulen.
4.    Kalau sering disiram sukulen bisa membusuk.
5.    Molen adalah kucing peliharaan Tigor.
6.    Kak Tiur.
7.    Nama suku keluarga Tigor adalah Siregar.
8.    Nama suku keluarga Tigor dan Kak Tiur adalah Siregar.
9.    Karena Molen dan Sukulen memiliki kesamaan suku kata di akhir nama.
10.    Tigor menyebut Molen sebagai kepala suku Suku Len.

Bagaimana? Kalian bisa menjawab semuanya, bukan? Sekarang kalian boleh membaca ulang cerita “Kepala Suku Len” dan memeriksa jawaban kalian.

Dengan membaca kata-kata di atas, kalian berlatih membaca kata yang menjelaskan letak.

Berdiskusi

Selanjutnya, diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini bersama-sama.
1. Apakah kalian juga punya tugas yang kalian sukai di rumah?
Apa yang kalian kerjakan?
Apakah kalian melakukannya setiap hari?
Apa yang membuat kalian menyukainya?
2. Apakah Molen memang kepala suku tanaman Kak Tiur? Jelaskan jawaban kalian!
3. Tigor mengatakan dia bersuku Batak. Dari provinsi manakah suku Batak berasal?
4. Tigor menyebut ibunya “Inang”. Bagaimana kalian memanggil ibu kalian?

Alternatif Jawaban :
1. Tugas saya adalah menyapu halaman rumah setiap sore. Hal yang membuat saya menyukai menyukai kegiatan tersebut adalah halaman menjadi bersih dan aman untuk bermain.
2. Molen bukan kepala Suku Len, itu hanya sebutan Tigor untuk kucing peliharaannya.
3. Suku Batak berasal dari Provinsi Sumatera Utara.
4. Saya memanggil ibu dengan sebutan Bunda.

Jelajah Kata

1. Kata-Kata Baru

Jawaban B. Indonesia bab 2 kelas 4 halaman 32

Baca kembali cerita “Kepala Suku Len”. Kata-kata yang disorot kuning mungkin baru bagi kalian. Untuk mengetahui artinya, lakukan kegiatan berikut ini.

Kunci Jawaban Bab 2 Kelas 4 Halaman 32, 33

Salinlah kata-kata dan arti kata berikut ini ke buku tulis kalian.

Kunci Jawaban B. Indonesia bab 2 kelas 4 halaman 32
Alternatif Jawaban :

Kunci Jawaban B. Indonesia bab 2 kelas 4 halaman 32

Pasangkan kata dengan arti yang sesuai dan tepat. Buatlah garis lurus untuk menghubungkannya. Mulailah dengan kata yang paling mudah.
Tambahkan kata-kata baru tersebut ke dalam Kartu Kamus kalian.

2. Kata Bermakna Ganda
Coba perhatikan dua kalimat berikut ini.
1. Kalau tidak memakai kacamata, semua tampak kabur bagi Ruli.
2. Begitu Tigor menyalakan keran, Molen segera kabur masuk rumah.
Samakah arti kata /kabur/ pada kedua kalimat di atas?
Perhatikan bagan berikut ini, lalu baca kembali kedua kalimat di atas.
Mana arti yang lebih cocok untuk kalimat pertama dan mana arti yang lebih cocok untuk kalimat kedua?

Kunci Jawaban B. Indonesia bab 2 kelas 4 halaman 34
Dapat kita lihat bahwa terdapat dua arti kata /kabur/. Di dalam bahasa Indonesia, ada beberapa kata yang memiliki arti lebih dari satu. Kata seperti itu disebut homonim.
Homonim: kata yang sama lafal dan ejaannya, tetapi berbeda maknanya

Kunci Jawaban Bab 2 Kelas 4 Halaman 34

Kata-kata yang ada di dalam tabel berikut adalah contoh kata berhomonim.

Kunci Jawaban B. Indonesia bab 2 kelas 4 halaman 34 Kurikulum Merdeka
Carilah arti kata-kata tersebut. Tuliskan di buku kalian.
Kalian boleh bekerja berpasangan atau berkelompok. Jika kalian tidak mengetahui artinya, tanyakan kepada guru atau lihatlah dalam kamus.
 

Alternatif Jawaban :

Jawaban B. Indonesia bab 2 kelas 4 halaman 34

Menarik, ya?

Ragam kata bahasa Indonesia sangat kaya. Carilah kata berhomonim lainnya.
Kalian boleh minta bantuan orang tua atau kakak di rumah.
Jangan lupa, tambahkan kata-kata ini dalam Kamus Kartu kalian.

Bahas Bahasa

Kalian sudah mengenal awalan ‘me-’ sebagai pembentuk kata kerja. Tergantung kata dasarnya, awalan ‘me-’ bisa berubah bentuk menjadi ‘men-’, ‘mem-’,‘menge-’, ‘meny-’, atau tetap ‘me-’.
Perhatikan contoh berikut ini!

Kunci Jawaban B. Indonesia bab 2 kelas 4 halaman 35

Kunci Jawaban B. Indonesia bab 2 kelas 4 halaman 36


Apakah kalian melihat ada yang berbeda pada kata-kata yang diberi tanda bintang (*)?
Ya, betul. Huruf awal kata dasar tidak ditemukan setelah kata itu diberi imbuhan.
Huruf /s/ pada “siram” tidak ditemukan pada kata “menyiram”.
Begitu pula huruf /p/, huruf /k/, dan /t/. Huruf-huruf ini luluh jika ditambah awalan ‘me-’.

Kunci Jawaban B. Indonesia bab 2 kelas 4 halaman 37

Kunci Jawaban Bab 2 Kelas 4 Halaman 37

Kerjakan latihan berikut ini di buku tulis kalian.
1. Tuliskan 10 kata yang huruf pertama kata dasarnya luluh ketika diberi awalan ‘me-’.
Contoh: ‘me-’ + tiup meniup
2. Tuliskan 10 kata yang huruf pertama kata dasarnya tidak luluh ketika diberi awalan ‘me-’.
Contoh: ‘me-’ + lipat melipat
‘me-’ + aduk mengaduk

Alternatif Jawaban :
1.    10 kata yang huruf pertama kata dasarnya luluh ketika diberi awalan ‘me-’
me+sapu= menyapu
me+ tulis = menulis
me+ parkir = memarkir
me+ suruh = menyuruh
me+ simak = menyimak
me+ kayuh= mengayuh
me+pompa= memompa
me+ kepal = mengepal
me+tangkap= menangkap
me+tabur = menabur

2.    10 kata yang huruf pertama kata dasarnya tidak luluh ketika diberi awalan ‘me-’
me+lihat= melihat
me+langgar = melanggar
me+lawan= melawan
me+lompat = melompat
me+angkat = mengangkat
me+rusak= merusak
me+bawa = membawa
me+larang = melarang
me+buang = membuang
me+rokok= merokok


Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 2 ( Di Bawah Atap ) Halaman 30, 31, 32, 33, 34, 37 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Selamat belajar sekian dan terimakasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 2 Halaman 30, 31, 32, 33, 34, 37"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel