Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 2 Halaman 42, 43, 44, 46, 47

Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 2 Halaman 42, 43, 44, 46, 47 -Artikel ini berisikan tentang pembahasan mengenai buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 materi bab 2 yang berjudul Di Bawah Atap.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia Kurikulum Merdeka.

Dalam Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Materi Bab 2 Halaman 38-48 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Artikel  ini sudah di sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban buku paket siswa pada mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 kurikulum merdeka.

Berdiskusi

Kalian sudah bercerita tentang tugas yang kalian lakukan di rumah.
Bagaimana dengan di sekolah? Tugas apa saja yang ada di sekolah atau kelas kalian? Siapakah yang menyiram tanaman, menyapu kelas, merapikan buku, dan tugas-tugas lainnya?
1. Diskusikan dan putuskan bersama tugas apa saja yang perlu dilakukan di sekolah atau kelas kalian.
2. Buatlah kelompok sebanyak hari belajar kalian di sekolah.
Jika kalian belajar Senin sampai Jumat, berarti kalian perlu membuat 5 kelompok.
3. Tetapkan kelompok yang bertugas hari Senin, hari Selasa, dan seterusnya.
4. Di setiap kelompok, pilih satu orang untuk menjadi ketua kelompok. Ketua kelompok bertanggung jawab dan memastikan semua anggotanya bertugas dengan baik.
5. Berbicaralah dengan jelas agar mudah dipahami oleh teman-teman.

Dengan mendiskusikan tugas harian di sekolah, kalian berlatih untuk aktif berdiskusi dan dapat mengemukakan pendapat dengan kalimat yang jelas.

Kreativitas

Bekerjalah dalam kelompok.
Buatlah poster daftar piket sesuai hasil diskusi kalian sebelumnya.
Kalian bebas berkreasi dengan bentuk, tata letak, dan pilihan warna.
Setelah selesai, pajanglah daftar piket tersebut di dinding kelas.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 39

Membaca

1. Perhatikan judul cerita berikut ini.
Menurutmu, apa yang diceritakan dalam kisah “Ada Vampir di Rumah Ini”?
Lalu, bacalah cerita dengan nyaring!

Ada Vampir di Rumah Ini

Klik! Kipas angin pun menyala. “Sejuknya,” gumam Sani. Setelah berdiri sebentar di depan kipas angin, Sani kembali memilih-milih buku di rak.

Klik! Kipas angin berhenti berputar. Kak Lita mematikannya.

“Kipas angin ada di sini, kamu di sana, percuma kamu menyalakan kipas angin. Membuang energi saja,” kata Kak Lita.

“Aku kan mau membaca di sofa,” ucap Sani. Sani menyalakan lagi kipas angin, lalu duduk di sofa.

Baru sebentar Sani membaca, Kak Lita kembali mematikan kipas angin.
“Kak, jangan dimatikan,” pinta Sani. “Gerah.”

Kak Lita tak menjawab. Dia malah membuka jendela lebar-lebar.
“Sejuk, kan? Tidak perlu kipas angin dan hemat listrik,” kata Kak Lita sambil duduk di samping Sani.

Tiba-tiba dia melompat, lalu melepaskan kabel kipas angin yang tertancap di stopkontak. Aduh, jika tentang listrik, Kak Lita cerewet sekali. Sani sering diomeli jika lupa melepaskan kabel atau mematikan sakelar. Kak Lita juga menempel tulisan di tiap stopkontak di rumah ini: MATIKAN LAMPU! LEPASKAN KABEL! TARIK STEKERNYA, BUKAN KABELNYA!

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 40
 
Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 41
 

“TETAP NYEDOT MESKI MATI!”

“Kak, kok sukanya repot seperti itu?” tanya Sani. Kak Lita membelalak, “Repot bagaimana? Melepaskan  kabel kok dibilang repot.”

“Yang penting elektroniknya sudah dimatikan. Kenapa harus dicabut kabelnya?”

“Kalau kabelnya tidak dicabut, daya listriknya masih jalan terus.”
Kak Lita lalu berbisik, “Kalau sudah begitu, kita seperti memberi makan vampir.”

“VAMPIR? Kak, jangan main-main, aku takut,” Sani menoleh ke sekelilingnya dengan cemas. Masa di rumah ini ada kelelawar pengisap darah?”

“Bukan vampir yang itu. Vampir yang ini mengisap listrik.”
Kak Lita tertawa, lalu menunjukkan gambar yang ada di koran.

“Lihat ini,” katanya.
“Wah!” seru Sani terkejut. “Jadi, walau televisi sudah dimatikan, kalau kabelnya tetap tercolok ke stopkontak, listrik tetap mengalir?”

“Nah, pintar adikku!” Kak Lita tertawa sambil menjawil dagu Sani.

Cerita oleh Dian Kristiani
Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 42
 

Kunci Jawaban Bab 2 Di Bawah Atap Kelas 4 Halaman 42

2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Tanpa melihat buku, sampaikan kembali secara singkat isi cerita tersebut!
2. Cerita seperti apa yang kalian bayangkan saat pertama kali membaca judulnya?
3. Bagaimana pendapat kalian tentang judul cerita tersebut?
4. Apa yang membuat sikap Sani berubah di akhir cerita?
5. Apakah gambar diatas membantu kalian memahami cerita?
6. Menurut kalian, apa hubungan antara vampir, kelelawar, dan alat listrik di dalam cerita ini?

Alternatif Jawaban :
1. Sani menyalakan kipas saat membaca buku, namun kipas dimatikan oleh Kak Lita. Kak Lita juga mencabut kabel dari stopkontak. Kak Lita menjelaskan bahwa jika mematikan alat listrik namun tidak mencabut kabelnya maka listrik akan tetap mengalir. Kak Lita mengibaratkan kejadian tersebut seperti memberi makan pada vampir. Sejak kejadian tersebut Sani mengetahui bahwa jika alat listrik dimatikan namun tidak dicabut kabelnya dari stopkontak listrik tetap mengalir.
2. Cerita yang saya bayangkan adalah kemunculan vampir di rumah.
3. Judul cerita tersebut sangat menarik.
4. Sikap Sani berubah karena mengetahui jika alat listrik sudah dimatikan namun kabelnya tidak dicabut listrik akan tetap mengalir.
5. Gambar tersebut sangat membantu saya memahami cerita.
6. Hubungan antara vampir, kelelawar dan alat listrik dalam cerita ini adalah jika kita mematikan alat listrik namun tidak mencabut kabelnya listrik akan tetap mengalir dan diibaratkan dengan makhluk vampir bisa berubah menjadi kelelawar. Aliran listrik yang tetap tersedot ketika kabel tidak dilepaskan itu diibaratkan oleh penulis sebagai darah yang disedot vampir, yang bisa dilambangkan dengan kelelawar.

Kunci Jawaban Bab 2 Di Bawah Atap Kelas 4 Halaman 43

Jelajah Kata
Dalam cerita “Ada Vampir di Rumah Ini” terdapat beberapa kata terkait kelistrikan yang mungkin baru kalian dengar atau ketahui. Carilah artinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia dan catat di Kamus Kartu kalian.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 43
Alternatif Jawaban :
1. Stopkontak artinya tempat menghubungkan arus listrik; tempat steker ditusukkan.
2. Sakelar artinya penghubung dan pemutus aliran listrik (tombol untuk menghidupkan atau mematikan lampu).
3. Steker artinya pencocok yang dipasang pada ujung kabel listrik yang ditusukkan pada lubang aliran listrik untuk menyalakan lampu (listrik), radio, televisi, dan sebagainya.
4. Elektronik artinya alat yang dibuat berdasarkan prinsip elektronika; hal atau benda yang menggunakan alat-alat yang dibentuk atau bekerja atas dasar elektronika.
5. Vampir artinya kelelawar raksasa pengisap darah; makhluk halus yang menurut kepercayaan (orang Barat) bangkit kembali dan mengisap darah manusia

Menulis

Setelah kalian memahami artinya, buatlah kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut. Tulislah di buku kalian. Jangan lupa, kalimat kalian hendaknya terdiri atas Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), dan Keterangan (K).

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 43-2
Alternatif Jawaban :
1. Stopkontak = Edo membeli stopkontak di toko elektronik
Edo (S) + membeli (P) + stopkontak (O) + di toko elektronik (K)

2. Sakelar = Riuh mengganti sakelar yang rusak
Riuh (S) + mengganti (P) + sakelar (O) + yang rusak (K)

3. Steker = Dewi mengambil steker diatas kursi
Dewi (S)+ mengambil (P) + steker (O) + di atas kursi (K)

4.Elektronik = Suci membeli radio di toko elektronik
Suci (S) + membeli (P) + radio (O) + di toko elektronik (K)

5.Vampir = Vampir bisa berubah kelelawar
Vampir (S) + bisa berubah (P)+ kelelawar (O)

Kunci Jawaban Bab 2 Di Bawah Atap Kelas 4 Halaman 44

Berdiskusi

Dalam cerita “Ada Vampir di Rumah Ini”, Kak Lita membuka jendela lebar-lebar agar Sani tidak memerlukan kipas angin. Dengan demikian, mereka menghemat listrik.
1. Diskusikan hal ini di dalam kelompok.
2. Pokok bahasan yang kalian diskusikan meliputi pertanyaanpertanyaan berikut.
• Mengapa listrik penting bagi kehidupan manusia?
Alternatif Jawaban :
listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan utama manusia karena banyak sekali peralatan yang biasa menggunakan listrik sebagai sumber energinya

• Bagaimana kalau tidak ada listrik?
Alternatif Jawaban :
Jika tidak ada listrik maka yang terjadi di kehidupan adalah:
1.Tidak bisa menjalankan peralatan yang menggunakan listrik. Misalnya Lampu mati, sehingga gelap gulita saat malam hari, tidak bisa mendapatkan hiburan dari televisi, tidak bisa mendinginkan makanan dan minuman di Kulkas, Rumah terasa panas dan gerah, tidak bisa mandi, dan ttidak bisa memasak dengan mudah, dan tidak bisa mengerjakan tugas dan bekerja.
2. Yang berbahaya adalah pada sektor kesehatan. Karena berbagai alat kesehatan memerlukan listrik. Ini akan membayakan kesehatan dan keselamatan pasien apabila listrik tidak ada.
3. Sektor ekonomi, akan sangat terganggu dan bisa melumpuhkan perekonomian masyarakat jika tidak ada listrik. Karena perusahaan, perkantoran, restoran membutuhkan listrik untuk beroperasi.

• Mengapa kita perlu menghemat listrik?
Alternatif Jawaban :
Kita harus menghemat energi listik karena energi yang ada di alam jumlahnya sangat terbatas, jika tidak digunakan dengan bijak maka energi tersebut akan habis.

• Apa saja yang dapat dilakukan untuk menghemat listrik?
Alternatif Jawaban :

Untuk menghemat energi dapat dilakukan dengan cara menggunakan kendaraan bermotor seperlunya saja, menghemat penggunaan listrik misalkan mematikan TV jika tidak ditonton, mematikan kipas angin jika sudah tidak digunakan dan mematikan lampu ketika siang hari

3. Carilah informasi pendukung di buku, majalah, ensiklopedia, internet, atau lainnya. Saat mencari di internet, kalian harus didampingi orang tua atau guru.
4. Presentasikan hasil diskusi kelompok kalian di depan kelas.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 44

Bahas Bahasan 

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 45

Kalian bisa melihat bahwa ketiga kalimat itu dapat diuraikan menjadi dua kalimat terpisah. Kalimat seperti itu disebut kalimat majemuk. Kalimat majemuk adalah kalimat yang dibentuk dengan cara menggabungkan dua kalimat atau lebih. Untuk menyambungkan antar kalimat penyusun ini, biasanya digunakan kata hubung atau konjungsi.

Pada contoh-contoh di atas, kedua kalimat penyusun memiliki kedudukan yang sederajat. Keduanya dapat menjadi kalimat sendiri kalau konjungsi dihilangkan. Kalimat majemuk yang seperti ini disebut kalimat majemuk setara.

Konjungsi yang biasa dipakai dalam kalimat majemuk setara antara lain adalah dan (untuk menghubungkan kalimat yang situasinya sama),tetapi (untuk menghubungkan kalimat yang situasinya berlawanan), sehingga (untuk menghubungkan kalimat yang merupakan sebabakibat), dan lain-lain.

Di bawah ini ada beberapa kalimat yang bisa kalian jadikan bahan latihan. Gabungkanlah dua kalimat berikut ini menjadi satu kalimat majemuk menggunakan konjungsi yang tepat. Tuliskan di buku kalian, ya!

Kunci Jawaban Bab 2 Di Bawah Atap Kelas 4 Halaman 46

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 46

Alternatif Jawaban :
1. Siwi mematikan lampu dan Kak Lita mencabut steker
2. Abdul selesai menonton televisi namun Abdul lupa mematikan televisi
3. Kak Lita membuka jendela lebar-lebar supaya Udara segar memasuki kamar

Kunci Jawaban Bab 2 Di Bawah Atap Kelas 4 Halaman 47

Menulis

Pernahkah kalian mengalami pemadaman listrik seharian atau berada di daerah yang belum ada listrik?
Tuliskan pengalaman kalian tersebut dalam dua atau tiga paragraf.
Tulislah dengan struktur kalimat yang baik. Gunakan pengetahuan kebahasaan yang kalian dapat dari bab ini.
Ceritakan, misalnya:
• Apa yang kalian lakukan jika hari panas sekali?
• Apa yang kalian pakai untuk penerangan pada malam hari?
• Apa yang kalian rasakan saat itu, apakah bosan, marah, atau takut?
Tulislah secara jelas semua yang kalian lakukan, lihat, dengar, dan rasakan melalui indra kalian, sehingga orang lain yang membaca dapat membayangkan dan seolah-olah dapat merasakannya pula. Paragraf seperti ini disebut paragraf deskripsi.
Alternatif Jawaban :
Pada hari Minggu terjadi pemadaman listrik di desaku. Listrik padam mulai pukul 09.00 hingga 14.00. Sejumlah pekerjaan pun tidak bisa dilakukan karena tidak ada listrik.
Ketika siang hari dan cuaca panas aku tidak bisa menyalakan kipas angin karenae pemadaman listrik. Kemudian, aku membuat kipas dari kardus bekas.

Hari mulai gelap dan tidak bisa melihat sekeliling. Ayahku menyalakan lilin untuk penerangan. Karena tidak bisa menonton televisi, aku dan keluargaku memilih bercengkrama di teras rumah sambil melihat langit dimalam hari.

Jurnal membaca

Bacalah buku tentang hemat energi, misalnya buku “Mari Hemat Energi”.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 47
Kalian juga boleh membaca buku dengan tema lain yang kalian suka. Kalian dapat membacanya sebelum pelajaran dimulai, sepulang sekolah, atau di rumah.
Untuk kali ini, isilah Jurnal Membaca kalian seperti di bawah ini.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 48
Jawaban dapat disesuaikan dengan jawaban siswa

 
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 2 ( Di Bawah Atap ) Halaman 42, 43, 44, 46, 47 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Selamat belajar sekian dan terimakasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 2 Halaman 42, 43, 44, 46, 47"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel