Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 4 Halaman 80 dan 83

Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 4 Halaman 80 dan 83 -Artikel ini berisikan tentang pembahasan mengenai buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 materi bab 4 yang berjudul Meliuk dan Menerjang.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia Kurikulum Merdeka.

Dalam Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Materi Bab 4 Halaman 75-85 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Artikel  ini sudah di sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban buku paket siswa pada mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 kurikulum merdeka.

Siap-Siap Belajar

Perhatikan gambar pembuka Bab IV ini.
Pernahkah kalian melihat atau melakukan kegiatan seperti itu?
Sebutkan kegiatan yang dilakukan anak-anak di gambar tersebut.
Perhatikan judul bab ini: Meliuk dan Menerjang. Kegiatan mana pada gambar yang ada gerakan meliuk dan menerjang?

Menyimak

Pada bab sebelumnya kalian sudah belajar untuk menyimak.
Menyimak berbeda dengan mendengar. Dalam menyimak, kalian memusatkan perhatian terhadap sesuatu yang didengar dan berusaha memahaminya. Ada beberapa cara yang akan membantu kalian untuk dapat menyimak dengan baik.
1. Lihat dan perhatikan orang yang berbicara.
2. Jangan sambil berbicara dengan teman atau melakukan hal lainnya.
3. Kalau perlu, catat informasi penting seperti nama orang, nama tempat, tahun, dan lain-lain.
Tutuplah buku kalian, lalu simaklah guru membacakan teks “Dikenal karena Menari” dengan cermat!

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 76

Dikenal karena Menari

Indonesia memiliki banyak sekali budaya, khususnya tarian. Taritarian itu menjadi ciri khas suatu daerah. Berikut ini dihimpun lima desa yang terkenal dengan ciri khas tarian dan para penarinya.

Desa pertama adalah Desa Olehsari di Banyuwangi, Jawa Timur, yang terkenal dengan tari seblang. Tarian yang dilakukan setiap tahun ini diyakini untuk menghindarkan desa dari bahaya. Penarinya biasanya wanita dewasa yang wajahnya ditutupi daun kelapa. Penari memperagakan kegiatan membajak sawah sambil menggendong boneka mengikuti irama musik.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 77
Desa kedua adalah Desa Cempaga di Bali dengan tari baris. Tari ini dibawakan oleh laki-laki dewasa. Gerakannya menirukan pemuda gagah berani yang menerjang medan perang. Tari baris dibedakan menjadi dua berdasarkan jumlah penarinya. Tarian yang dibawakan seorang penari disebut tari jojor. Sementara tarian yang dilakukan berkelompok disebut tari dadap.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 78
Selanjutnya adalah Desa Barikin di Kalimantan Selatan dengan tari baksa kembang. Tarian ini dibawakan oleh penari perempuan yang jumlahnya ganjil, misalnya satu, tiga, atau lima penari. Gerakannya meliuk-liuk menggambarkan seorang putri yang sedang bermain di taman bunga. Tari baksa kembang sering dipentaskan di acara besar.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 79
Desa keempat adalah Desa Situraja di Jawa Barat yang terkenal dengan tari umbul. Para penarinya adalah perempuan berkebaya, berselendang, dan memakai kacamata hitam. Gerakannya gemulai, menggoyangkan badan, dan sedikit menirukan gerakan pencak silat.
Tari ini mengandung pesan bahwa perempuan juga bisa menjaga diri dengan ilmu bela diri.
Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 79-2
Desa terakhir adalah Desa Gigieng di Aceh dengan tari seudati. Fungsi tarian ini bukan hanya sebagai pertunjukan hiburan untuk rakyat, melainkan juga sebagai sarana dakwah untuk mengembangkan ajaran agama Islam. Tari seudati dibawakan oleh delapan pemuda. Gerakan yang dibawakan menggambarkan seorang syekh bersama para pembantunya.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 80
 

Disarikan dari tulisan Ni Putu Dinanty, di Travel Kompas.com

Kunci Jawaban Bab 4 Meliuk dan Menerjang Kelas 4 Halaman 80

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dan tuliskan di buku kalian!
1. Sebutkan nama-nama desa yang diceritakan di atas dan nama tarian masing-masing!
2. Berapakah jumlah penari pada tari seudati?
3. Tari apakah yang menggambarkan seorang putri di taman bunga?
4. Apakah nama tari yang gerakannya seperti ada gerakan silat?
5. Ada tarian yang dilakukan untuk tujuan tertentu. Sebutkan nama dan tujuannya!

Alternatif Jawaban :
1. Nama-nama desa yang diceritakan adalah Desa Olehsari di Banyuwangi, Jawa Timur, yang terkenal dengan tari seblang, Desa Cempaga di Bali dengan tari baris, Desa Barikin di Kalimantan Selatan dengan tari baksa kembang, Desa Situraja di Jawa Barat yang terkenal dengan tari umbul, dan Desa Gigieng di Aceh dengan tari seudati.
2. Tari seudati dibawakan oleh delapan pemuda
3. Tari baksa kembang menggambarkan seorang putri yang sedang bermain di taman bunga.
4. Tari umbul menirukan gerakan pencak silat.
5. a. Tari seblang dari Banyuwangi, Jawa Timur bertujuan untuk menghindarkan desa dari bahaya.
b. Tari baris dari Bali tujuanya untuk mengelu-elukan kejantanan pahlawan Bali,
c. Tari baksa kembang dari Kalimantan Selatan bertujuan untuk penyambutan tamu
d. Tari umbul dari Jawa Barat bertujuan untuk merekatkan kebersamaan untuk melawan penjajah.
e. Tari seudati dari NAD bertujuan untuk sarana dakwah untuk mengembangkan ajaran agama Islam.
f. Tari Yapong dari DKI Jakarta, adalah tari persembahan untuk menghormati tamu negara.
g. Tari Sekapur Sirih dari Jambi, adalah tarian untuk menyambut selamat datang kepada tamu tamu besar di provinsi Jambi.
h. Tari Topeng Kuncaran dari Jawa Barat, adalah tarian untuk menyambut tamu agung.
i. Tari Remog dari Jawa Timur tepatnya diSurabaya, adalah salah stu tarian untuk penyambutan tamu agung.
j. Tari Monog dari Kalimantan Barat, adalah tarian untuk tari penolak penyakit agar si penderita dapat sembuh kembali.

Sekarang bukalah buku kalian. Periksalah jawaban kalian, apakah ada jawaban kalian yang tidak tepat? Makin sering kalian berlatih, kalian akan makin mahir memahami informasi dari teks yang dibacakan.

Jangan lupa, carilah arti kata-kata yang belum kalian ketahui.
Masukkan dalam Kamus Kartu kalian.

Jelajah Kata

KBBI

tari
n gerakan badan (tangan dan sebagainya) yang berirama, biasanya
diiringi bunyi-bunyi (musik, gamelan, dan sebagainya)
memperagakan
v memamerkan (baju, topi, sepatu, dan sebagainya);
menerjang
v menendang; menyepak (ke bawah atau ke depan)
v menyerang; menyerbu: pasti ia sudah ~ sopir itu jika aku tidak cepat-cepat menahannya
meliuk
v berkeluk ke sisi (gerak pesenam, penari, dan sebagainya)
mementaskan
v memainkan sesuatu di panggung (tentang sandiwara dan sebagainya)
gemulai
a lemah lembut (tentang gerak anggota tubuh)

Membaca dan Bahas Bahasa

Ide Pokok dan Ide Pendukung

Di kelas tiga sudah disinggung tentang ide pokok. Mari, kita ulang sedikit. Ide pokok adalah hal utama yang ingin disampaikan. Karena itu, ide pokok juga disebut gagasan utama atau pikiran utama. Ada ide pokok paragraf dan ada ide pokok tulisan.

Ide pokok suatu paragraf biasanya dapat kita baca di dalam salah satu kalimat di paragraf tersebut. Sementara, ide pokok suatu teks utuh biasanya tidak tertulis begitu saja. Karena itu, untuk memahami ide pokok teks utuh, kita harus membaca semua paragraf. Dengan melihat hubungan ide pokok satu paragraf dengan paragraf lainnya dalam suatu tulisan, kita bisa mengetahui ide pokok tulisan tersebut.

Ide pendukung atau gagasan pendukung adalah informasi tambahan yang menjelaskan ide pokok. Karena itu, ide pendukung sering pula disebut sebagai ide penjelas.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 82

Kunci Jawaban Bab 4 Meliuk dan Menerjang Kelas 4 Halaman 83

Latihan

Sekarang bacalah kembali teks “Dikenal karena Menari”. Temukan ide pokok dan ide pendukung setiap paragraf. Tuliskan di buku kalian.

Tuliskan pula ide pokok dari teks “Dikenal karena Menari” tersebut.
Kalian dapat membuatnya seperti tabel di bawah ini!
Paragraf 1
Ide Pokok:
Berikut ini dihimpun lima desa yang terkenal dengan ciri khas tarian dan para penarinya.
Ide Pendukung:
Indonesia memiliki banyak sekali budaya, khasusnya tarian.
Tari-tarian itu menjadi ciri khas suatu daerah.

Paragraf 2
Ide Pokok:
Ide Pendukung:
dan seterusnya
Ide Pokok teks “Dikenal karena Menari”:

Alternatif Jawaban :
Paragraf 1
Ide Pokok: Lima desa yang terkenal dengan ciri khas tarian dan para penarinya.
Ide Pendukung:
1. 1ndonesia memiliki banyak sekali budaya, khasusnya tarian.
2. Tari-tarian itu menjadi ciri khas suatu daerah.

Paragraf 2
Ide Pokok: Desa Olehsari di Banyuwangi, Jawa Timur, terkenal dengan tari seblang
Ide Pendukung :
1. Tarian ini diyakini untuk menghindarkan desa dari bahaya.
2. Penarinya biasanya wanita dewasa yang wajahnya ditutupi daun kelapa.  
3. Penari memperagakan kegiatan membajak sawah sambil menggendong boneka mengikuti irama musik.

Paragraf 3
Ide Pokok: Desa Cempaga di Bali terkenal dengan tari baris
Ide Pendukung :
1. Tari ini dibawakan oleh3laki-laki dewasa.
2. Gerakannya menirukan pemuda gagah berani yang menerjang medan perang.
3.  Tari baris dibedakan menjadi dua berdasarkan jumlah penarinya.
4.  Tarian yang dibawakan seorang penari disebut tari jojor.
5.  Tarian yang dilakukan berkelompok disebut tari dadap.

Paragraf 4
Ide Pokok: Desa Barikin di Kalimantan Selatan dikenal dengan tari baksa kembang
Ide Pendukung :
1. Tarian ini dibawakan oleh penari per4mpuan yang jumlahnya ganjil.
2. Gerakannya meliuk-liuk menggambarkan seorang putri yang sedang bermain di taman bunga.
3. Tari baksa kembang sering dipentaskan di acara besar.

Paragraf 5
Ide Pokok: Desa Situraja di Jawa Barat terkenal dengan tari umbul
Ide Pendukung :
1. Para penarinya adalah perempuan berkebaya, berselendang, dan memakai kacamata hitam.
2. Gerakannya gemulai, menggoyangkan badan, dan sedikit menirukan gerakan pencak silat.
3. Tari ini mengandung pesan bahwa perempuan juga bisa menjaga diri dengan ilmu bela diri5

Paragraf 6
Ide Pokok: Desa Gigieng di Aceh dengan tari seudati
Ide Pendukung :
1.Fungsi tarian ini bukan hanya sebagai pertunjukan hiburan untuk rakyat, melainkan juga sebagai sara6a dakwah untuk mengembangkan ajaran agama Islam.
2. Tari seudati dibawakan oleh delapan pemuda.
3. Gerakan yang dibawakan menggambarkan seorang syekh bersama para pembantunya.

Dari kegiatan ini kalian belajar mengenali ide pokok dan ide pendukung.

Bahas Bahasa

Perhatikan poster berikut ini

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 84

“Mari cintai dan pelajari tarian Nusantara!”
“Tunjukkan warna Indonesiamu!”
Kalimat pada poster di atas bersifat mengajak. Kalimat tersebut berusaha meyakinkan atau membujuk orang agar mau mengikuti isi atau pesan dari kalimat tersebut. Kalimat seperti ini disebut kalimat persuasif.
Ciri-ciri kalimat persuasif antara lain:
• bersifat ajakan,
• menggunakan tanda seru,
• biasa dipakai dalam iklan atau imbauan,
• sering menggunakan kata ajakan seperti ayo, mari, marilah, dan sebagainya, dan
• ditulis dengan pilihan kata yang menarik agar gampang diingat.
Kreativitas dan Menulis
Bentuklah 5 kelompok.
Setiap kelompok harus membuat poster yang berisi kalimat persuasif.
Pilihlah salah satu tema di bawah ini untuk poster kelompok kalian.
a. Ajakan untuk menjaga kebersihan
b. Ajakan untuk suka membaca
c. Ajakan untuk mengikuti latihan menari
d. Ajakan untuk menjaga kesehatan
e. Seruan untuk membangkitkan semangat

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 4 ( Meliuk dan Menerjang ) Halaman 80 dan 83 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Selamat belajar sekian dan terimakasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 4 Halaman 80 dan 83"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel