Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 3 Halaman 64, 65, 69

Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 3 Halaman 64, 65, 69 -Artikel ini berisikan tentang pembahasan mengenai buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 materi bab 3 yang berjudul Lihat Sekitar.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia Kurikulum Merdeka.

Dalam Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Materi Bab 3 Halaman 63-72 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Artikel  ini sudah di sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban buku paket siswa pada mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 kurikulum merdeka.

Bahas Bahasan

Awalan ‘ber-’
Salah satu imbuhan di dalam bahasa Indonesia adalah awalan ‘ber-’. Fungsinya sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk oleh awalan ber- tidak membutuhkan objek, karena itu kalimat yang dihasilkannya tidak bisa dijadikan kalimat pasif.

Penulisan kata yang memiliki imbuhan ‘ber’- termasuk mudah, yaitu ‘ber-’ + kata dasar.
Namun, kalian harus berhati-hati, ada pengecualian untuk kata dasar yang diawali huruf /r/ atau yang suku kata pertamanya berakhiran /er/. Lihat contoh pada tabel di bawah ini!

 

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 63

Kunci Jawaban Bab 3 Lihat Sekitar Kelas 4 Halaman 64, 65

Menulis

1. Kata Berawalan ‘ber-’
Kerjakan soal latihan berikut ini di buku tulis kalian!
Berilah imbuhan ‘ber-’ atau ‘ber-’ + ‘-an’ pada kata yang ada dalam kurung sehingga menjadi kalimat yang benar.
a. Capung (terbang) di udara.
b. Bibi (cermin) sambil mematut diri.
c. Bima (sekolah) di SD Tunas Mulia.
d. Adik (ajar) membaca.
e. Tuti (rambut) panjang.
f. Petani (kerja) di sawah.
g. Tina dan Tini (main) petak umpet.
h. Kerbau (rendam) di kubangan.

Alternatif Jawaban :
a. Capung berterbangan di udara.
b. Bibi bercermin sambil mematut diri.
c. Bima bersekolah di SD Tunas Mulia.
d. Adik belajar membaca.
e. Tuti berambut panjang.
f. Petani bekerja di sawah.
g. Tina dan Tini bermain petak umpet.
h. Kerbau berendam di kubangan.

Dengan melengkapi kalimat, kalian berlatih menggunakan awalan ‘ber-’ dengan benar.

2. Pengalaman Bepergian
Tuliskan pengalaman kalian pergi ke suatu tempat di buku tulis.
Kalian boleh menceritakan perjalanan dari rumah ke sekolah atau menceritakan pengalaman saat kalian bepergian ke kota lain atau ke suatu tempat yang berkesan.

Pertanyaan-pertanyaan berikut ini dapat kalian jadikan panduan.
Kendaraan apa yang kalian naiki untuk menuju ke sana?
Apa yang kalian lakukan saat di dalam perjalanan?
Apa saja hal menarik yang kalian temui?
Hal apa saja yang tidak kalian sukai di dalam perjalanan?

Gunakan kata-kata kerja berawalan ‘ber-’ dalam tulisan kalian. Jangan lupa perhatikan pemakaian tanda baca dan huruf kapital, ya!

Alternatif Jawaban :
Pengalaman Bepergian Ke Pasar
Pada hari Minggu aku dan ibuku pergi ke Pasar Pahing. Jarak pasar dari rumah cukup jauh. Kami berdua pergi ke pasar menggunakan sepeda motor. Perjalanan ke pasar bersepeda motor ternyata cukup menyenangkan.

Selama perjalanan menuju ke pasar aku melihat banyak gedung tinggi dan rumah-rumah penduduk yang saling berhimpitan. Aku juga melihat pohon-pohon di pinggir jalan yang berjajar seperti ikut mengejarku. Aku tidak lupa berpegangan pada ibu agar tidak terjatuh.

Mengamati

Amatilah denah berikut ini bersama-sama!
Carilah air mancur bertanda Y! Jika kalian berada di X, telusuri jalan yang harus kalian tempuh agar dapat sampai di Y.
Deskripsikan perjalanan itu menggunakan kata-kata seperti berjalan lurus, berbelok ke kanan, menyeberang, di sebelah kiri, dan lainlainnya. Gunakan bangunan atau pohon sebagai penanda.
Apakah ada jalan lain yang bisa kalian tempuh? Mana yang lebih dekat?

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 65
Alternatif Jawaban :

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 65-2

Dari depan sekolah berjalan lurus ke arah selatan melewatu dua buah perempatan. Setelah menemui pohon besar berbelok ke arah timur. Setelah beberapa meter kembali berbelok ke arah selatan. Sampailah di air mancur.

Berdiskusi

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 66

Ada disana

1. Gambarlah denah sederhana sekolah kalian dan lingkungan sekitar sekolah!
2. Pikirkan dua tempat yang ada di sekolah kalian atau di lingkungan sekitar. Tempat pertama menjadi titik awal (start) dan tempat kedua menjadi titik tujuan (finis). Kalian boleh memilih ruang guru, ruang kelas empat, kantin, lapangan, atau yang lainnya. Supaya tidak lupa, kalian boleh menuliskannya.
3. Dari titik awal, pandulah salah satu teman yang mendapat giliran agar sampai ke titik tujuan yang kalian pilih. Ucapkan perintah dengan menggunakan kata-kata yang menunjukkan arah seperti kanan, kiri, depan, belakang, menghadap, membelakangi, dan lain-lain.
Contoh:
Titik asalnya adalah ruang kelas empat. Berdirilah membelakangi kelas empat. Lalu, menghadaplah ke kanan dan berjalanlah sejauh dua kelas. Berbeloklah ke kiri sampai tiba di lapangan. Dari lapangan, berjalanlah lurus sampai tiba di persimpangan jalan.
Berbeloklah ke kiri, lalu berjalanlah melewati tiga rumah. Titik tujuan ada di sebelah kanan.
4. Sewaktu petunjuk dibacakan, kalian yang belum mendapat giliran bisa menelusuri rute tersebut pada denah masing-masing.
5. Periksalah apakah titik tujuan hasil penelusuran kalian sudah benar. Diskusikanlah!
Dengan menuliskan petunjuk cara mencapai tempat tertentu di sekolah, kalian berlatih menyampaikan prosedur atau instruksi sederhana.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 67
Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 68

Menulis

Rute Menuju Sekolah
Ceritakan di buku tulis rute perjalanan kalian dari rumah ke sekolah, dimulai dari rumah sebagai titik awal.
Gunakan panduan dan pertanyaan berikut ini untuk membantu kalian menuliskannya.
1. Apakah kalian berjalan kaki atau naik kendaraan? Apakah kalian naik kendaraan umum atau diantar orang tua atau kakak? Ini akan menjadi bagian awal tulisan kalian.
2. Lalu, ceritakan tempat-tempat yang kalian lewati. Apakah rute yang kalian tempuh selalu sama ataukah kadang-kadang kalian mengambil rute yang berbeda? Mengapa kalian mengambil rute itu? Apa saja yang kalian jumpai sepanjang perjalanan? Informasi-informasi ini akan menjadi bagian tengah tulisan kalian.
3. Berapa lama waktu yang kalian perlukan untuk sampai di sekolah? Apakah biasanya kalian datang saat sekolah masih sepi ataukah saat sekolah sudah ramai? Itulah bagian akhir dari tulisan kalian, yaitu sampai di sekolah sebagai titik tujuan.

Kunci Jawaban Bab 3 Lihat Sekitar Kelas 4 Halaman 69

Ceritakan pengalaman kalian dengan jelas sehingga orang yang membaca dapat membayangkannya. Paragraf yang seperti ini disebut paragraf deskripsi. 

Kalian juga dapat menggambar rute tersebut dengan denah sederhana atau menceritakannya dalam 

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 69

Alternatif Jawaban :
Jawaban dapat disesuaikan dengan jawaban siswa, dibawah ini hanya contoh
Hari ini, tepat pukul 06.30 pagi, saya dan ayah berangkat menuju ke sekolah. Kami berangkat lebih awal bukan karena lokasi sekolah jauh tetapi untuk menghindari kemacetan di jalan raya. Ayah mengantarku ke sekolah menggunakan sepeda motor.

Hari ini ayah mengambil jalur yang berbeda dari hari biasanya. Biasanya ayah menggunakan jalur jalan besar, namun kali ini memasuki jalan kampung. Jika menggunakan jalan besar pasti akan macet. Selama perjalanan ayah mengendarai motor dengan pelan dan hati-hati. Kami melewati banyak rumah penduduk, bangunan pertokoan, pasar, dan sekolah TK sepanjang jalan menuju ke sekolahku.

Dari rumah kami bergerak ke arah selatan menuju jalan Dahlia. Setelah berjalan sekitar 3 km berbelok ke kanan menuju jalan Mawar. Setelah melewati jalan mawar sampailah di sebuah perempatan. Sekolahku berada di seberang perempatan tersebut.

Setelah menempuh perjalanan hampir 20 menit, kami pun tiba dengan selamat di sekolah pada pukul 06.50 pagi. Ternyata sudah banyak siswa yang hadir di sekolah. Ayah hanya mengantar sampai di depan pagar saja. Setelah berpamitan dan mencium tangan ayah, saya pun masuk ke dalam sekolah dan berjalan semangat menuju kelas.

Jurnal Membaca

Bacalah buku atau tulisan di majalah, koran, atau di internet yang menceritakan perjalanan atau kendaraan. Buku berikut ini dapat kalian jadikan pilihan:

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 70
Kalian juga boleh membaca buku dengan tema lain yang kalian suka. Kalian bisa membacanya sebelum masuk sekolah, sepulang sekolah, atau di rumah. Untuk setiap buku atau bacaan lain yang kalian baca, buatlah catatan seperti di bawah ini di buku tulis.

Kreatifitas

Saatnya berkreasi!
Untuk kegiatan ini, kalian perlu bekerja bersama.
1. Perhatikan lingkungan sekolah dan sekitar sekolah! Menurut kalian, adakah tempat-tempat yang perlu diberi rambu-rambu, misalnya tanda tempat penyeberangan di depan sekolah. Di
pojok baca atau di perpustakaan kalian bisa memasang tanda larangan makan atau minum. Di halaman sekolah kalian bisa memasang petunjuk tempat membuang sampah. Tanyakan
kepada guru apakah kalian boleh menciptakan rambu-rambu dengan kreativitas dan imajinasi kalian sendiri.
2. Bersama teman-teman, buatlah gambar rambu-rambu tersebut. Kalian bisa menggunakan karton, manila, kardus bekas, atau kertas bekas. Berilah warna yang sesuai dengan
tujuan rambu-rambu tersebut.
3. Tempelkan atau pasanglah di tempat yang sesuai! Kalau perlu, mintalah bantuan guru atau orang dewasa lainnya!

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 72
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 3 ( Lihat Sekitar ) Halaman 64, 65, 69 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Selamat belajar sekian dan terimakasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 3 Halaman 64, 65, 69"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel