Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 7 Halaman 157, 161, 162, 163
Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 7 Halaman 157, 161, 162, 163 -Artikel ini berisikan tentang pembahasan mengenai buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 materi bab 7 yang berjudul Asal-USul.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia Kurikulum Merdeka.
Dalam Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Materi Bab 7 Halaman 156-163 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Artikel ini sudah di sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban buku paket siswa pada mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 kurikulum merdeka.
Siap-Siap Belajar
Kalian sudah siap untuk belajar?
Perhatikan gambar wajah anakanak yang ada pada awal bab ini. Mereka adalah anak-anak Indonesia, sama seperti kalian.
Menyimak
Simaklah lagu “Nenek Moyangku” yang diputarkan oleh guru.
Apakah kalian sudah mengenal lagu ini?
Catatlah syairnya di buku kalian.
Ayo nyanyikan bersama-sama.
Dengan mendengarkan lagu dan mencatatnya, kalian berlatih untuk memahami instruksi dan gagasan yang disampaikan secara audio.
Membaca
Baca kembali syair lagu “Nenek Moyangku” yang sudah kalian catat. Perhatikan pula syair lagu “Rayuan Pulau Kelapa” di bawah ini.
Apakah ada kesamaan yang kalian lihat? Betul! Huruf atau suku kata terakhirnya berbunyi sama. Baris-barisnya memiliki rima.Huruf akhir yang sama dapat ditemukan pada baris yang berurutan, disebut berima AA BB, atau AA AA. Rima dapat pula pada baris yang berselang-seling, disebut berima AB AB. Salinlah syair lagu “Rayuan Pulau Kelapa” di buku tulis kalian.
Kunci Jawaban Bab 7 Asal-USul Kelas 4 Halaman 157
Tandai suku kata atau huruf terakhir yang memiliki rima. Rima apa yang ada di setiap bait?Alternatif Jawaban :Menulis
Banyak lagu anak-anak memiliki rima, misalnya lagu “Balonku Ada Lima”, “Anak Gembala”, “Aku Anak Indonesia”, dan “Burung Bernyanyi”.
1.Carilah lagu anak-anak yang kalian suka dan memiliki rima.
2.Salinlah lagu tersebut ke buku kalian. Jangan lupa tuliskan nama pengarangnya, kalau ada.
3.Ubahlah kata-kata pada lagu tersebut dengan kata-kata kalian sendiri untuk menggambarkan Indonesia atau daerah kalian.
4.Pastikan lagu gubahan kalian juga menggunakan baris-baris yang memiliki rima.
Contoh:
Aku anak Indonesia
Anak yang merdeka
Satu nusaku
Satu bangsaku
Satu bahasaku
Reff:
Indonesia ... Indonesia ...
Aku bangga menjadi anak
Indonesia
Pending di khatulistiwa
Tanahku Indonesia
Beribu pulaunya
Beragam sukunya
Satu jiwa raganya
Membaca
1. Membaca CeritaBacalah teks “Nenek Moyang Kita” di bawah ini secara nyaring.
Nenek Moyang Kita
Sebagian orang akan menjawab dengan tempat kelahirannya. Sebagian lainnya akan menjawab dengan daerah asal atau suku orang tuanya, misalnya Bugis atau Aceh. Ada juga yang menjawab dengan daerah asal kakek-neneknya, atau malah kakek-nenek buyutnya jika mereka tidak berasal dari daerah yang sama, misalnya, kakeknya dari Jawa dan neneknya orang Dayak.
Ada pula yang asal leluhurnya lebih jauh, misalnya Pakistan, Tiongkok, Arab, atau negara lainnya. Tidak jarang kita berjumpa dengan orang yang berdarah campuran. Di darahnya mengalir berbagai suku atau bangsa. Kalau sudah begitu, sebagian orang lebih senang menjawab “Saya orang Indonesia”. Dari suku atau daerah mana pun dia atau orang tua dan leluhurnya, yang penting kita sama-sama orang Indonesia, bukan?
Sejak dahulu orang-orang sudah pergi merantau, berpindah dari daerah asalnya. Di tempat baru mereka menetap dan berkeluarga dengan warga setempat atau pendatang lainnya. Tahukah kamu, migrasi manusia di muka bumi ini sudah terjadi sejak zaman purba.
Menurut para ahli, berjuta-juta tahun lalu pada awalnya belum ada manusia di pertiwi kita ini. Manusia pertama yang datang adalah Homo erectus dari Afrika. Tentu saja mereka tidak datang langsung ke Indonesia begitu saja. Mereka berpencar ke Eropa, Asia, dan sebagiannya ke Indonesia. Mereka kemudian beranak pinak dan menyebar ke berbagai daerah. Setelah itu, ada beberapa gelombang kedatangan lagi dalam rentang waktu yang lama.
Sejalan dengan makin berkembangnya peradaban dan kebudayaan manusia, berkembang pula interaksi dan perdagangan antar masyarakat. Oleh karena itu, berdatangan pula orang-orang
dari budaya lain ke Nusantara, seperti dari India, Tionghoa, dan Arab.
Semua proses migrasi ini berlangsung dalam rentang waktu yang sangat lama. Dari mana kita tahu tentang proses ini?
Untuk itu kita harus berterima kasih kepada para ahli yang terus melakukan penelitian mendalam. Para ahli meneliti barang-barang peninggalan sejarah dan fosil.Gambar di atas ini dapat membantu menjelaskan gelombang kedatangan nenek moyang kita dahulu kala.
Kunci Jawaban Bab 7 Asal-USul Kelas 4 Halaman 161
2. Memahami Bacaan
Setelah membaca teks “Nenek Moyang Kita” dan memperhatikan gambar dengan saksama, ceritakan hal yang kalian pahami tentang asal-usul nenek moyang kita.
Tuliskan jawaban kalian di buku tulis.
Alternatif Jawaban :
Menurut para ahli manusia pertama yang datang adalah Homo erectus dari Afrika. Mereka berpencar ke Eropa, Asia, dan sebagiannya ke Indonesia. Mereka kemudian beranak pinak dan menyebar ke berbagai daerah. Setelah itu, ada beberapa gelombang kedatangan lagi dalam rentang waktu yang lama. Sejalan dengan makin berkembangnya peradaban dan kebudayaan manusia, berkembang pula interaksi dan perdagangan antarmasyarakat. Oleh karena itu, berdatangan pula orang-orang dari budaya lain ke Nusantara, seperti dari India, Tionghoa, dan Arab.
Dengan membaca teks “Nenek Moyang Kita”, kalian belajar untuk menemukan dan mengidentifikasi informasi.
Kunci Jawaban Bab 7 Asal-USul Kelas 4 Halaman 162, 163
Jelajah Kata
Perhatikan kata-kata yang disorot kuning di dalam teks “Nenek Moyang Kita”.
1. Berdasarkan pemahaman kalian, perkirakan arti kata-kata tersebut.
2. Tulislah di buku kalian dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah ini.
Alternatif Jawaban :
4. Periksa jawaban kalian bersama-sama dengan menggunakan KBBI.
5. Tambahkan kata-kata tersebut ke dalam Kamus Kartu kalian.
Berdiskusi
Sebelum melakukan kegiatan berikut ini, kalian perlu bertanya kepada orang tua kalian. Dengan dipandu guru, diskusikan asalusul keluarga kalian.
Pertanyaan-pertanyaan berikut ini dapat kalian jadikan panduan diskusi.
1. Dari manakah asal orang tua kalian?
Alternatif Jawaban : dari Jawa
2. Apakah orang tua kalian berasal dari suku atau daerah yang berbeda?
Alternatif Jawaban :tidak
3. Bagaimana pengaruh perbedaan tersebut bagi keluarga kalian?
Alternatif Jawaban : tidak ada perbedaan didalam keluarga saya
4. Setujukah kalian jika dikatakan bahwa sebenarnya nenek moyang kita sama?
Jelaskan pendapat kalian.
Alternatif Jawaban : Ayah dan ibuku berasal dari suku yang sama yaitu suku jawa. Kakek dan nenek dari ayah dan ibu juga berasal dari suku jawa. Ayahku memiliki ayah dan ibu yang kusebut dengan kakek dan nenek. Ayahku juga memiliki seorang adik laki-laki sehingga aku menyebutnya paman, sementara adik perempuan ayah kupanggil bibi. Ibuku juga memiliki ayah dan ibu sehingga mereka saya sebut kakek dan nenek. Ayah dan ibu menikah dan lahirlah aku.
Menulis
Buatlah tulisan sepanjang 3 paragraf tentang asal-usul kalian.
Untuk itu kalian perlu mewawancarai orang tua kalian.
• Pada paragraf pertama, ceritakan tentang asal orang tua dan kakek-nenek kalian.
• Pada paragraf kedua, sampaikan penyebab mereka pindah ke tempat sekarang (jika orang tua atau kakek-nenek kalian tidak berasal dari tempat kalian tinggal sekarang). Jika mereka berasal dari daerah tempat kalian tinggal sekarang, tanyakan apakah ada keinginan untuk pindah ke tempat lain beserta alasannya. Jika mereka tidak ingin pindah, tanyakan pula sebabnya.
• Pada paragraf ketiga, tuliskan tentang keinginan kalian sendiri. Di daerah atau kota manakah kalian ingin tinggal?
Tidak apa-apa kalau kalian memilih kota atau daerah yang sama dengan tempat kalian tinggal sekarang. Jelaskan alasan kalian memilih daerah atau kota tersebut.
Alternatif Jawaban :
Jawaban dapat di sesuaikan dengan jawaban siswa, dibawah ini hanya contoh !
Ibuku adalah orang Jawa, sedangkan ayahku adalah orang Minang. Kakek-nenekku berasal dari daerah yang sama seperti ibu dan ayahku. Meskipun berasal dari daerah yang berbeda, kami bisa tetap hidup dengan harmonis.
Pada mulanya, ibu dan nenekku membuka warung makan di daerah Jawa, tetapi ternyata tidak banyak peminat. Lalu, salah satu teman dari nenekku menawari mereka untuk mencoba mengadu nasib di Padang degan bantuannya. Setelah itu, ibu dan nenek dari ibuku dahulu merantau dari Jawa ke Padang untuk membuka rumah makan Jawa. Tak disangka ternyata banyak peminat masakan Jawa di Padang. Di kota inilah kemudian ayah dan ibuku bertemu, melangsungkan pernikahan, dan membangun rumah tangga.
Kalau sudah besar, aku ingin sekali kembali ke Jawa untuk berkuliah dan mengembangkan usaha ibu dan nenekku. Aku ingin ke Jawa karena aku belum pernah mengunjunginya sekaligus ingin kembali ke daerah asal ibuku.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 7 (Asal-Usul ) Halaman 157, 161, 162, 163 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Selamat belajar sekian dan terimakasih.







0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 7 Halaman 157, 161, 162, 163"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.