Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 130, 131, 132, 135, 137, 138

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 130, 131, 132, 135, 137, 138-Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran IPS, B. Indonesia dan IPA.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 129-138 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

 Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 129Ayo Berdiskusi

Makanan tradisional Indonesia membutuhkan waktu dalam mengolahnya. Pembuatnya pun harus ahli membuatnya. Kamu akan belajar tentang seorang ibu pembuat dodol Betawi, makanan tradisional Betawi.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 130, 131, 132

Dengarkan gurumu bercerita. Tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya pada diagram yang telah disediakan.
Diskusikan dengan temanmu diagram yang kamu hasilkan.
Dengarkan kembali cerita selanjutnya dari gurumu. Lakukan hal yang sama pada diagram berikutnya.

 Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 130, 131, 132

Alternatif Jawaban :

Dodol Betawi Mak Salmah

        Sebentar lagi kota Jakarta akan berulang tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Mak Salmah menerima banyak pesanan. Mak Salmah adalah pembuat dodol tradisional betawi di kampungnya. Biasanya, ketika menyambut ulang tahun kota Jakarta banyak pertokoan yang
mengadakan Festival Betawi. Makanan betawi menjadi jajanan di festival. Kerak telor, bir pletok, dan dodol betawi menjadi primadona makanan dalam menyambut dirgahayu Jakarta.

        Sudah sejak seminggu yang lalu Mak Salmah bekerja keras. Ia dan beberapa ibu-ibu tetangganya membuat adonan dodol. Ketan, gula merah, gula pasir, dan santan dicampur menjadi satu. Membuat dodol betawi membutuhkan kerja sama. Tidak hanya perempuan. Laki-laki pun terlibat dalam pembuatannya. Biasanya, Mak Salmah dan ibu-ibu menyiapkan bahan, memarut kelapa, dan menumbuk beras ketan. Adonan dituang kawa, lalu diaduk hingga kental. Proses mengaduk ini dilakukan terus menerus selama 8-12 jam. Pembuatannya memang berat dan lama. Oleh karena itu, pembuatan dodol betawi membutuhkan kerja sama.

        Untuk memenuhi pesanannya, Mak Salmah selalu melibatkan tetangga- tetangganya. Mak Salmah ingin rejeki yang diperolehnya dari dodol betawi tidak dirasakannya sendiri. Mak Salmah juga ingin dodol betawi selalu dikenal. Ia ingin warga di sekitarnya juga ikut melestarikan makanan tradisional milik kampung sendiri. Dodol Betawi Mak Salmah ikut melestarikan budaya, memupuk kerja sama, serta menjalin keakraban antarwarga.

Alternatif Jawaban Paragraf 1
Gagasan Pokok Paragraf 1 : Jakarta berulang tahun
Gagasan Pendukung Paragraf 1 : Ketika menyambut ulangtahun kota Jakarta, pertokoan menyelenggarakan Festival Betawi. Banyak makanan betawi yang menjadi jajanan difestival. Karena Mak Salmah adalah pembuat dodol tradisional betawi dikampungnya, ia menerima banyak pesanan.

Alternatif Jawaban Paragraf 2
Gagasan Pokok Paragraf 2 : Mak Salmah bekerja keras
Gagasan Pendukung Paragraf 2 : Membuat adonan dodol membutuhkan kerja sama, Proses membuat dodol membutuhkan waktu yang lama.

Alternatif Jawaban Paragraf 3
Gagasan Pokok Paragraf 3 : Pembuatan dodol Betawi Mak Salmah dapat melestarikan budaya, memupuk kerja sama, dan menjalin keakraban antarwarga.
Gagasan Pendukung Paragraf 3 : Dalam membuat dodol pesanan, Mak Salmah selalu melibatkan tetangga agar rejeki pembuatan dodol dapat dirasakan semua orang. Selain itu, Mak Salmah ingin agar dodol betawi selalu menjadi makanan tradisional yang lestari dan kerjasama antar masyarakat selalu terpupuk.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 133

Ayo Menulis

Tahukah kamu bahwa banyak sekali makanan khas daerah di negeri kita ini?
Berikut adalah beberapa contohnya. Ayo, kita kenali beberapa di antaranya!

 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 133 K13

Diskusikanlah dengan teman sekelompokmu tentang makanan tradisional yang kamu ketahui.
Sampaikan asal daerahnya, bagaimana membuatnya, dan kapan biasanya masyarakat setempat mencicipinya.

Pernahkah kamu mencoba salah satu makanan tradisional?
Ceritakan pengalamanmu dalam bentuk tulisan. Tulisanmu dapat memuat tempat kamu makan, asal makanan tradisional, bagaimana makanan dibuat, dan siapa yang sering makan makanan tersebut.
Wah, banyak sekali ya makanan di Indonesia ini. Apa lagi yang ingin kamu ketahui tentang keberagaman makanan tradisional Indonesia?

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 134

Ayo Mencoba

Ingatkah kamu bahwa bunyi memerlukan penghantar untuk bisa terdengar?
Media penghantar untuk perambatan bunyi adalah udara, zat cair, dan benda padat. Tahukah kamu sifat-sifat bunyi lainnya?
Ayo kita lakukan percobaan berikut!

Percobaan Pemantulan dan Penyerapan Bunyi

Tujuan:
Membuktikan macam-macam bunyi pantul melalui percobaan terhadap bunyi benda-benda sederhana dalam ruangan.

Alat dan Bahan:
Piring kaca, piring plastik, piring kaleng, gabus, dua tabung kertas, beberapa buku, dan arloji yang berdetak.

Langkah Kerja:
1. Susunlah dua baris buku dengan ketinggian yang sama.
2. Letakkan tabung-tabung di atas buku dengan hati-hati.
3. Pegang arloji di telingamu. Dengar baik-baik untuk meyakinkan bahwa kamu mendengar bunyi detak arloji.
4. Letakkan arloji ke dalam salah satu tabung. Dengarkan dari ujung tabung yang lain. Apakah kamu dapat mendengar bunyi detakan jarum arloji?
5. Minta temanmu untuk memegang piring atau benda lain di ujung tabung yang lain. Apakah sekarang kamu dapat mendengar bunyi detakan jarum.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 135

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 135

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan percobaan.
1. Apa yang terjadi dengan gelombang bunyi pada tabung kedua jika kamu meletakkan piring kaca?
2. Ketika piring kaca diganti dengan gabus yang empuk, apa yang terjadi? Jelaskan!
3. Apa yang terjadi pada gelombang bunyi pada tabung pertama?

Alternatif Jawaban :
1. Yang akan terjadi pada gelombang bunyi pada tabung kedua jika diletakkan piring kaca, maka bunyi arloji pada tabung 1 akan dipantulkan oleh piring kaca sehingga bunyi dari arloji dipantulkan dan dapat di dengar dari tabung ke dua. Piring kaca bersifat memantulkan bunyi dengan baik.
2. Yang akan terjadi ketika piring kaca diganti dengan gabus yang empuk, gelombang bunyi tidak akan dipantulkan, melainkan akan diserap. Gelombang bunyi akan dipantulkan jika mengenai permukaan yang keras. Gelombang bunyi akan diserap jika mengenai permukaan yang lunak. Benda yang permukaannya lunak dijadikan peredam suara, seperti gabus, karpet, wol, kertas.
3. Jika kamu membunyikan sebuah benda,benda tersebut akan megeluarkan sebuah wujud bunyi benda tersebut.

Benda lain untuk dicoba:
Cobalah sepotong kayu, logam, atau kapas, dan letakkan pada posisi yang sama seperti piring kaca dan gabus. Dengarkan bunyi yang terjadi!


Apa saja yang dapat kamu simpulkan dari percobaan tentang bunyi tadi? Diskusikan dengan kelompokmu!

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 137

Tulisl laporan kegiatan percobaan tentang sifat bunyi yang baru saja kamu lakukan.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 137

Alternatif Jawaban :

Laporan Percobaan Pemantulan dan Penyerapan Bunyi

Nama Percobaan: Percobaan Pemantulan dan Penyerapan Bunyi

Tujuan Percobaan: Memahami macam-macam bunyi pantul melalui percobaan terhadap bunyi benda-benda sederhana dalam ruangan.

Alat dan Bahan:
1.    Piring kaca
2.    Piring plastik
3.    Piring kaleng
4.    Gabus
5.    Dua tabung kertas
6.    Beberapa buku
7.    Arloji yang berdetak.

Langkah Kerja:
1. Susunlah dua baris buku dengan ketinggian yang sama.
2. Letakkan tabung-tabung di atas buku dengan hati-hati.
3. Pegang arloji di telingamu. Dengar baik-baik untuk meyakinkan bahwa kamu mendengar bunyi detak arloji.
4. Letakkan arloji ke dalam salah satu tabung. Dengarkan dari ujung tabung yang lain. Apakah kamu dapat mendengar bunyi detakan jarum arloji?
5. Minta temanmu untuk memegang piring atau benda lain di ujung tabung yang lain. Apakah sekarang kamu dapat mendengar bunyi detakan jarum.

Hasil Percobaan:
Yang terjadi pada gelombang bunyi pada tabung kedua jika diletakkan piring kaca, maka bunyi arloji pada tabung 1 akan dipantulkan oleh piring kaca, sehingga bunyi dari arloji dapat didengar dari tabung kedua. Piring kaca bersifat memantulkan bunyi dengan baik.

Kesimpulan:
Jika kamu membunyikan sebuah benda, benda tersebut akan mengeluarkan sebuah wujud bunyi.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 138

Ayo Renungkan
• Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini? 

Altrnatif Jawaban :
Belajar mencari gagasan pokok dan pendukung pada bacaan Dodol Betawi Mak Salmah dan belajar tentang pemantulan dan penyerapan bunyi

• Kesulitan apa yang kamu hadapi pada pembelajaran hari ini?

Alternatif Jawaban :
Mengetahu pemantulan dan penyerapan bunyi pada saat percobaan.

Kerja Sama Bersama Orang Tua
Diskusikan dengan orang tua mengenai contoh-contoh makanan tradisional di Indonesia. Tuliskan hasil diskusimu.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 130, 131, 132, 135, 137, 138 - Pembelajaran Kelas 4 Tema Indahnya Kebersamaan Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 130, 131, 132, 135, 137, 138"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel