Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 123, 124, 125, 127, 128

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 123, 124, 125, 127, 128-Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKN, PJOK dan B.Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 116-128 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

 Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 122Ayo Mengamati

Amati gambar dan baca teks dalam hati

Udin, Edo, dan Beni merupakan sahabat dekat. Mereka berasal dari latar belakang budaya yang berbeda-beda. Mereka juga memeluk keyakinan yang berbeda pula. Udin beragama Islam, Edo beragama Katolik, sedangkan Beni beragama Kristen.

Perbedaan budaya dan agama bukanlah merupakan penghalang bagi mereka untuk bekerja sama. Mereka saling bahu-membahu mengerjakan tugas atau pekerjaan yang harus dikerjakan bersamasama.

 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 122 K13

Pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang lalu, Udin, Edo, dan Beni mewakili kelasnya dalam perlombaan Bakiak beregu. Sebelum berlomba mereka bersama-sama mendiskusikan dan merancang strategi agar mereka dapat meraih prestasi dalam lomba tersebut. Mereka pun secara bersama-sama menunjukkan usaha terbaik ketika lomba berlangsung. Alhasil, tim mereka meraih juara dalam lomba tersebut.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 123

Jawab pertanyaan berikut.
1.  Bagaimana pendapatmu tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni?
2. Apakah kamu pernah mempunyai pengalaman bekerja sama dengan teman-teman yan berbeda agama?
Jika pernah, ceritakan secara tertulis.
Jika belum pernah, tuliskan sikapmu jika suatu hari mempunyai kesempatan bekerja sama dengan teman yang berbeda agama.
3.  Apa yang dapat kamu pelajari dari cerita di atas?

Alternatif Jawaban :

1.  Walau berbeda keyakinan dan budaya persahabatan Udin, Edo dan Beni sangat erat, hal tersebut menunjukan bahwa perbedaan latar belakang tidak mempengaruhi untuk tetap bekerja sama.
2.  Pernah, latar belakang agama dan budaya di kelas kami berbeda-beda, akan tetapi kami tetap semangat  dalam belajar dan bekerja sama. 

Jika pernah, ceritakan secara tertulis.
Ketika kita belajar kelompok dengan teman yang berbeda agama kita tidak boleh membeda-bedakan teman, kita harus saling menghotrmati dan menghargai ketika kita memiliki pendapat yang berbeda dengan teman kita yang berbeda agama dan saling menghotrmati dan menghargai ketika salah satu teman kita mau beribadah.  

3.  Perbedaan keyakinan dan budaya bukan merupakan penghalang untuk bekerja sama, justru dengan latar belakang yang berbeda kita bisa saling melengkapi kekurangan masing-masing.
Kamu akan mengikuti lomba Bakiak secara berkelompok.

Apakah kamu masih ingat tentang gerak dasar yang diperlukan dalam bermain Bakiak?
Diskusikan dan peragakan secara berpasangan gerak dasar tersebut!

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 124

Perhatikan kembali cara guru memperagakan gerakan dasar yang diperlukan dalam bermain Bakiak?
Alternatif Jawaban :
Keterampilan lokomotor yang akan dilatih dalam permainan Bakiak adalah Jalan. Siswa diharapkan berjalan dengan sikap tubuh tegak serta mengayunkan kaki dengan tegas dan bertenaga. Jumlah pemain Bakiak paling sedikit 3 hingga 10 pemain. Karena semakin banyak anggota yang memainkan sepasang Bakiak, maka tingkat kesulitan akan semakin tinggi dan memerlukan kerja sama dan kekompakan yang semakin tinggi pula.

Sebelum berlomba, berdiskusilah dengan anggota kelompokmu untuk menentukan strategi dan gerak dasar yang harus diterapkan agar kelompokmu bisa memenangkan pertandingan.

Tulislah hasil diskusimu.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 124

Alternatif Jawaban :
Untuk bermain Bakiak, diperlukan kerja sama anggota tim dan kekompakan gerak. Selain itu juga dibutuhkan keterampilan berjalan dan mengayunkan kaki dengan bertenaga. Saling memberikan semangat antar teman.

Sekarang saatnya kamu dan kelompokmu mengikuti lomba bakiak. Dengarkan penjelasan dari guru tentang aturan lomba.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 125

Ayo Berdiskusi

Setelah selesai mengikuti lomba, silakan berdiskusi kembali dengan kelompokmu tentang kerja sama yang telah dilakukan.
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut!

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 125
Alternatif Jawaban :
Kerja sama yang kami lakukan dalam permainan Bakiak dapat berjalan dengan baik sesuai dengan strategi yang kami rencanakan sebelum permainan dimulai. Masing-masing anggota begitu semangat mengikuti lomba sehingga dapat melakukan gerak yang serentak dengan kompak.

Ayo Menulis

Kamu masih ingat tentang cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’?
Apa hal penting yang kamu ketahui dari cerita tersebut? Diskusikan dengan teman secara berpasangan.
Setelah itu, buatlah ringkasan tentang cerita tersebut.

Alternatif Jawaban :

Perbedaan Bukanlah Penghalang
Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.

Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. Begitu pun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Sebelum membuat ringkasan, perhatikan langkah-langkah membuat ringkasan berikut.
Cara Membuat Ringkasan
1.  Membaca Naskah Asli
• Membaca naskah asli sekali atau dua kali, kalau perlu berulang kali hingga kamu paham.
• Mengetahui kesan umum (inti) tulisan.
• Mengetahui maksud dan sudut pandang penulis naskah asli.

2. Mencatat Gagasan Utama
• Membaca tulisan bagian demi bagian sambil mencatat gagasan pokok.
• Menggunakan gagasan pokok yang digunakan untuk menyusun ringkasan.

3. Gunakan Kalimat Baru
• Menggunakan kesan umum (inti) untuk membuat ringkasan.
• Menyesuaikan urutan isi dengan naskah asli.
• Menggunakan kalimat baru dalam ringkasan.
• Menggambarkan tulisan asli dalam kalimat baru.

4. Ketentuan Tambahan
• Menyusun ringkasan dalam kalimat tunggal.
• Meringkas kalimat menjadi frasa, frasa menjadi kata.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 127

Baca kembali cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’. Kemudian, buatlah ringkasan pada bagan berikut.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 127

Alternatif Jawaban :
Gagasan Pokok: Menghias kelas tanggung jawab bersama
Ringkasan :
Sebelum diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan, Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Gagasan Pokok: Semua siswa hadir
Ringkasan :

Hampir semua siswa sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang terlambat, karena Edo dan Martha harus pergi ke gereja untuk melakukan ibadah pagi, namun sudah meminta izin sebelumnya. Semuanya memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.

Gagasan Pokok: Bekerja sama selalu menyenangkan.
Ringkasan :

Siang hari sekolah semakin ramai. Hiasan kelas-kelas sudah terlihat indah. Menjelang sore, menghias kelas sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak dan sangat indah. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 128

Ayo Renungkan

Setelah belajar hari ini, renungkanlah hal-hal berikut.
•    Apa yang kamu pelajari hari ini?
Alternatif Jawaban :
Bekerja sama dalam keberagaman

•    Apa yang sudah kamu pahami dengan baik?
Alternatif Jawaban :
Menghargai teman yang berbeda agama dan bekerja sama

•    Apa yang masih belum kamu pahami?
Alternatif Jawaban :
Membuat ringkasan

•    Apa rencanamu untuk ke depannya terkait dengan apa yang belum kamu pahami?
Alternatif Jawaban :
Lebih giat lagi dalam belajar dan berlatih

Kerja Sama Bersama Orang Tua
Praktikkan sikap kerja sama bersama teman-temanmu di lingkungan rumah. Tulis pengalaman kerja sama tersebut dan diskusikan dengan orang tua. Tulisan diserahkan kepada guru pada pertemuan berikutnya.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 123, 124, 125, 127, 128- Pembelajaran Kelas 4 Tema Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Pembelajaran 6 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 123, 124, 125, 127, 128"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel