Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 117, 118, 119, 120, 121
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 117, 118, 119, 120, 121 -Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Pembelajaran 5 Terdiri dari Mata Pelajaran Matematika, SBdP dan IPS.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 116-121 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo berkreasi
Apakah kamu masih ingat gerakan tari Bungong Jeumpa dalam formasi duduk?
Diskusikan dan peragakan secara berpasangan menarikan tarian tersebut dalam posisi duduk. Setelah kamu cukup menguasai gerakannya, berlatihlah secara berkelompok dengan iringan musik.
Perhatikan arahan dan peragaan dari guru terlebih dahulu.
Tahukan kamu bahwa Tuhan menciptakan budaya yang berbeda agar kita saling mengenal dan saling menghargai? Tugas kita adalah menciptakan keselarasan di tengah-tengan perbedaan.
Masih ingat tangram yang telah kamu pelajari sebelumnya? Pada tangram tersebut juga terdapat bentuk yang berbeda-beda.
Coba kamu perhatikan kembali berbagai tangram berikut. Dengan bentuk yang berbeda-beda, kita bisa membentuk bangun atau gambar baru yang menarik dan kreatif.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 117, 118
Beri huruf (A, B, C, D, dan seterusnya) di setiap sudut pada tangram tersebut. Tulis taksiranmu untuk besar masing-masing sudut yang sudah kamu beri huruf pada tabel berikut.
Alternatif Jawaban :Sudut : A, C
Perkiraan : 43 º
Hasil pengukuran : 45 º
Sudut : B
Perkiraan : 90 º
Hasil pengukuran :90 º
Sudut : D, F
Perkiraan : 45 º
Hasil pengukuran :45 º
Sudut : E, G
Perkiraan : 135 º
Hasil pengukuran :135 º
Sudut : H, I, J, K
Perkiraan : 45 º
Hasil pengukuran :90 º
Sudut : U
Perkiraan : 90 º
Hasil pengukuran : 90 º
Sudut : T, V
Perkiraan : 90 º
Hasil pengukuran : 45 º
Sudut : S
Perkiraan : 90 º
Hasil pengukuran : 90 º
Sudut : Q, R
Perkiraan : 45 º
Hasil pengukuran :45 º
Sudut : P
Perkiraan : 90 º
Hasil pengukuran : 90 º
Sudut : N, O
Perkiraan : 45 º
Hasil pengukuran : 45 º
Sekarang buktikan taksiranmu dengan mengukur menggunakan busur derajat dan tuliskan hasilnya pada tabel di atas.
Tulis kesimpulanmu tentang hasil pengukuran sudut tersebut.
Alternatif Jawaban :
Tangram terdiri atas bentuk bangun datar yang berbeda-beda, namun ketika bentuk bangun datar yang berbeda-beda setelah ditata sedemikian rupa, maka akan tercipta gambar yang harmonis.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 119, 120
Ayo Berdiskusi
Apakah kamu pernah mengikuti atau melihat perayaan hari besar agama di sekitar tempat tinggalmu? Buatlah gambar yang berkaitan dengan perayaan hari besar agama tersebut!
Alternatif Jawaban :
Sekarang saatnya kamu menceritakan secara tertulis tentang perayaan hari besar keagamaan yang pernah kamu ikuti atau yang pernah kamu lihat di lingkungan tempat tinggalmu.
Alternatif Jawaban :
Jawaban dapat disesuaikan dengan jawaban siswa, jawaban di bawah ini hanya contoh
Suasana semarak dan khas bulan Ramadhan sudah dimulai sejak awal ramadan. Hingga puncaknya adalah perayaan idul fitri. Saat puasa, yang paling menarik buat saya saat itu adalah saat tarawih. Saat takbiran adalah menggembirakan buat semua, terutama anak-anak. Sejak sore di akhir ramadan biasanya anak-anak kecil sudah ramai berkumpul di musola terdekat untuk menabuh beduk dan bertakbir. Kami juga melakukan takbir keliling bersama menggunakan obor. Anak-anak kecil biasanya berbaris rapi dengan membawa obor. Sedang anak-anak yang sudah agak besar bertakbir dengan diiringi memukul bedug yang dibonceng dengan becak.
Di kampung saya biasanya shalat dilaksanakan di masjid yang paling besar. Sejak habis subuh biasanya kami berjalan kaki untuk shalat Id di masjid. Jamaah biasanya sangat banyak dan meluber hingga jalan yang ada di depan dan kiri masjid. Setelah shalat Id, bermaafan dengan orang tua dan keluarga. Lalu bersama teman-teman berkunjung ke rumah tetangga kiri dan kanan dan ke rumah saudara-saudara.
• Presentasikan dan diskusikan dengan teman-temanmu cerita yang telah kamu tulis.
• Beri kesempatan kepada temanmu untuk mengajukan pertanyaan setelah kamu selesai melakukan presentasi.
Keberagaman suku bangsa dan agama di Indonesia adalah sumber kekayaan yang tidak ternilai harganya. Keberagaman tersebut menyebar dari Sabang sampai Merauke.
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 121
Seperti apa keragaman umat beragama di lingkungan provinsimu?
Alternatif Jawaban :
Jawaban dapat disesuaikan dengan jawaban siswa, jawaban di bawah ini hanya contoh
Keberagamaan umat beragama di lingkungan provinsi saya saling menjalin persatuan dan kesatuan dengan cara saling menghormati dan menghargai dan saling tolong menolong.
Bagaimana antar umat beragama saling menjalin persatuan? Ayo, cari tahu dengan menggali dari berbagai sumber.
Alternatif Jawaban :
Jawaban dapat disesuaikan dengan jawaban siswa, jawaban di bawah ini hanya contoh
Untuk menjaga kerukunan antar umat beragama kita harus saling menghormati dan menghargai satu dengan yang lainnya.
Tulis hasil temuanmu pada kertas HVS dan presentasikan dalam kelompok.
Ayo Renungkan
Setelah belajar di hari ini, coba renungkan.
• Apa yang kamu pelajari?
Alternatif Jawaban :
Mengukur tagram dan keragaman umat beragama
• Apa yang akan kamu lakukan untuk mengamalkan nilai kerja sama dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari?
Alternatif Jawaban :
Menengok teman yang sakit walaupun beda agama dan gotong royong membersihkan kelas dan sekitarnya.
Kerja Sama Bersama Orang Tua
Di sekitar rumahmu banyak perayaan keagamaan yang dilakukan oleh penganutnya. Diskusikan dengan kedua orang tuamu perayaan apa saja yang pernah dilakukan? Bagaimana pula kerja sama antarumat beragama di lingkungan rumahmu? Tuliskan hasil diskusi dengan orang tuamu.
Bandingkan hasilnya dengan yang diperoleh temanmu pada pelajaran yang akan datang.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 117, 118, 119, 120, 121 - Pembelajaran Kelas 4 Tema Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Pembelajaran 5 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 117, 118, 119, 120, 121"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.