Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 3 Halaman 89, 90, 93
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 3 Halaman 89, 90, 93 -Pembelajaran Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 2 Wujud Benda Pembelajaran 4 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn, B. Indonesia, dan PJOK.
Related
Pembelajaran 4
Ayo Mencoba
Melihat Benda Cair Lebih Dekat
Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan.
Air adalah benda cair yang sering ditemui.
Pernahkah kamu melihat air dalam gelas tumpah?
Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas?
Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui sifatsifat benda cair.
Mengetahui Sifat Benda Cair
• Lakukan secara berkelompok.
• Alat dan Bahan
1. Air dan minyak goreng
2. Ember
3. Gelas
4. Kantong plastik
• Langkah-Langkah Percobaan
1. Masukkan air ke dalam ember. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.
2. Lakukan hal yang sama dengan minyak goreng.
3. Catatlah hasil pengamatanmu ke dalam tabel di bawah ini!
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 89
Alternatif Jawaban :
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 90
Kamu telah melakukan percobaan. Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda cair?
Benda cair mempunyai sifat.
Alternatif Jawaban :
1. Bentuk benda cair tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya.
2. Wujud benda cair sehingga tidak bisa digenggam.
Ayo Bercerita
Kamu telah melakukan percobaan di atas.
Percobaan untuk membuktikan sifat benda cair.
Kemudian, ceritakan di depan kelas sifat dan manfaat benda cair dalam kehidupan sehari-hari.
Alternatif Jawaban :
Air merupakan salah satu contoh benda cair. Air umumnya digunakan untuk minum, kegiatan lain memerlukan air antara lain mandi dan mencuci. Air juga digunakan para petani untuk mengairi sawah mereka. Para petambak juga membutuhkan air.
Ayo Berlatih
Tubuh manusia, 2/3 bagian terdiri atas air.
Kekurangan cairan akan membuat tubuhmu lemas. Minumlah air putih sesuai takaran setelah
bermain. Seperti habis bermain memantulkan dan menangkap bola.
Permainan diawali dengan melakukan pemanasan.
Caranya, buatlah dua barisan dan pantulkanlah bola kepada teman di seberangmu!
Setiap kelompok harus memindahkan bola. Bola dipindahkan dari satu titik ke titik lainnya. Caranya dengan memantulkan bola sambil berjalan. Siswa yang paling cepat memindahkan, dialah pemenangnya.
Ayo Berdiskusi
Permainan bola diperlukan kerja sama antaranggota kelompok. Bentuk kerja sama contohnya
gotong royong.
Bacalah wacana di bawah ini!
Warga kampung tempat Siti tinggal sedang gotong royong. Mereka sedang menyiapkan lahan untuk bermain anak-anak.
Setiap warga membantu dengan caranya masingmasing. Bapak-bapak membantu membersihkan
lahan. Ada yang membantu tenaga. Ada yang membantu menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti pasir, semen, cat, dan lainnya.
Ibu-ibu dan anak-anak juga tidak mau kalah. Ibuibu menyiapkan minuman dan makanan kecil.
Anak-anak membantu membawakan makanan dan
minuman.
Lahan tempat bermain dapat diselesaikan dengan cepat. Anak-anak bergembira. Karena anak-anak dapat bermain di lapangan.
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 93
Kamu telah membaca cerita di atas!
Diskusikan dengan temanmu!
Apa yang menyebabkan pekerjaan cepat selesai!
1. .................................................................
2. .................................................................
3. .................................................................
Alternatif Jawaban :
1. Gotong royong mengajari setiap orang untuk rela berkorban demi kepentingan bersama.
2. Pekerjaan cepat selesai karena dilaksanakan secara bergotong royong. Gotong royong membuat masyarakat saling bahu-membahu untuk menolong satu sama lain.
3. Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong melahirkan persatuan sehingga mampu menghadapi permasalahan yang muncul.
Kamu telah mengetahui kegiatan gotong royong.
Tuliskan contoh kegiatan tersebut!
Kegiatan gotong royong di lingkungan tempat tinggal
1. Memperbaiki tempat ibadah.
2. Membangun Jalan.
3. Membersihkan Selokan.
Kegiatan gotong royong di rumah
1. Membersihkan rumah.
2. Merawat tanaman.
3. Membersihkan alat makan.
Kegiatan gotong royong di sekolah
1. Membersihkan ruang kelas.
2. Membersihan taman sekolah.
3. Mengerjakan mading sekolah.
Apakah kamu pernah mengikuti kegiatan gotong royong? Ceritakan di depan kelas yang pernah
kamu lakukan!
Kegiatan Bersama Orang Tua
Lakukan diskusi dengan orang tuamu. Diskusi tentang kegiatan gotong royong di lingkungan masyarakat. Orang tua dapat menjelaskan kegiatan gotong royong pada masa lalu maupun masa sekarang.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 3 Halaman 89, 90, 93-Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 2 Wujud Benda Pembelajaran 4 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terimakasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 3 Halaman 89, 90, 93"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.