Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 3 Halaman 55, 56, 58, 61, 62

Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 3 Halaman 55, 56, 58, 61, 62 -Artikel ini berisikan tentang pembahasan mengenai buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 materi bab 3 yang berjudul Lihat Sekitar.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku paket siswa mata pelajaran B. Indonesia Kurikulum Merdeka.

Dalam Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Materi Bab 3 Halaman 51-62 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Artikel  ini sudah di sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban buku paket siswa pada mata pelajaran B. Indonesia kelas 4 kurikulum merdeka.

Siap-siap belajar

Di jalan raya, di terminal, di pasar, atau di tempat-tempat lainnya kalian mungkin pernah melihat tanda atau lambang sebagai petunjuk. Ada tanda tempat pembuangan sampah, ada tanda tempat menyeberang, dan lainnya. Tanda atau lambang seperti itu disebut rambu-rambu. Semua orang harus memahami dan menaati ramburambu supaya semua berjalan dengan tertib demi kebaikan bersama.

Gambar-gambar di bawah ini disebut rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas bisa berupa lambang, huruf, angka, atau kalimat. Gunanya untuk memberikan peringatan, larangan, perintah, dan petunjuk bagi pemakai jalan. Pernahkah kalian melihatnya?

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 52
Perhatikan rambu-rambu yang ditunjukkan guru! Perhatikan warna dan bentuknya!
• Apa yang sama?
• Apa yang berbeda?
• Dapatkah kalian menduga artinya?

Membaca

Bacalah cerita di bawah ini bersama teman kalian!

AWAS !

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 53

 

 Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 54

 

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 55

Kunci Jawaban Bab 3 Lihat Sekitar Kelas 4 Halaman 55

Jelajah Kata

Perhatikan kata-kata yang disorot kuning pada cerita “Awas!” di atas. Tahukah kalian artinya? Agar kalian lebih paham, lengkapilah kalimat di bawah ini dengan kata-kata yang sesuai.
sigap, helm, mengayuh, klakson, lampu lalu lintas, mengerem

1.    Rudi membunyikan bel sepedanya, Bang Tanto membunyikan …sepeda motornya.
2.    Nelayan mendayung sampan, Rudi …. sepeda.
3.    Ayo, bergeraklah dengan …, jangan bermalas-malasan!
4.    Rudi … sepedanya supaya berhenti.
5.     … dipakai untuk melindungi kepala.
6.    Jika … menyala merah, berarti kendaraan harus berhenti.

Alternatif Jawaban :
1. Rudi membunyikan bel sepedanya, Bang Tanto membunyikan klakson sepeda motornya.
2. Nelayan mendayung sampan, Rudi mengayuh sepeda.
3. Ayo, bergeraklah dengan sigap, jangan bermalas-malasan!
4. Rudi mengerem sepedanya supaya berhenti.
5. Helm dipakai untuk melindungi kepala.
6. Jika lampu lalu lintas menyala merah, berarti kendaraan harus berhenti.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 55-2

Kunci Jawaban Bab 3 Lihat Sekitar Kelas 4 Halaman 56

Berdiskusi

Diskusikanlah kembali cerita “Awas!” bersama teman dan guru.
Kalian dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sebagai bahan diskusi.
Sampaikan jawaban kalian setelah dipersilakan guru.
1. Di mana Rudi berada?
2. Mengapa pengendara sepeda motor itu marah kepada Rudi?
3. Mengapa Rudi memutuskan maju saat lampu lalu lintas belum berwarna hijau?
4. Menurut kalian, bagaimana perasaan Rudi?
5. Jika kalian menjadi Rudi, apa yang kalian lakukan?
6. Pernahkah kalian mengalami kejadian seperti itu? Ceritakanlah!

Alternatif Jawaban :
1. Rudi berada di perempatan jalan.
2. Pengendara motor marah kepada Rudi karena Rudi maju saat lampu lalu lintas masih berwarna kuning.
3. Rudi tidak sabar menunggu lampu lalu lintas di depannya berganti hijau.
4. Rudi merasa takut.
5. Jika saya menjadi Rudi saya akan menunggu lampu lalu lintas berganti hijau.
6. Saya belum pernah mengalami kejadian seperti Rudi.

Bahas Bahasa

Paragraf Argumentasi

Saat berdiskusi atau menyampaikan pendapat secara lisan atau tertulis, kalian perlu menyebutkan alasan atau penyebab kalian berpendapat demikian. Makin kuat alasan, atau didukung oleh bukti-bukti seperti peraturan atau data ilmiah, maka makin kuat pula pendapat kalian. Pernyataan yang kalian sampaikan itu disebut argumentasi. Jika argumentasi disampaikan dalam bentuk tertulis atau dalam sebuah paragraf, paragraf yang kalian tulis disebut paragraf argumentasi.

Ciri-ciri paragraf argumentasi yaitu:
• mengandung pendapat, keyakinan, dan pandangan terhadap sebuah permasalahan;
• ada data akurat yang dipakai untuk meyakinkan orang lain;
• menjelaskan permasalahan dengan cara menganalisis dan menganalogikan;
• terdapat kesimpulan dalam bentuk pendapat yang lebih luas, tetapi bukan merupakan penegasan kembali topik utama.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 57

Kunci Jawaban Bab 3 Lihat Sekitar Kelas 4 Halaman 58

Menulis

Tuliskan pendapat kalian dengan menjawab pertanyaan di bawah ini!
1. Menurut kalian, apa yang seharusnya dilakukan Rudi?
Mengapa?
2. Bagaimana pendapat kalian tentang tindakan yang dilakukan pengendara sepeda motor? Jelaskan jawaban kalian!

Alternatif Jawaban :
1. Menurutku seharusnya Rudi bersiap-siap untuk berhenti saat lampu berwarna kuning dan menunggu sampai lalu lintas berwarna hijau. Jika lampu lalu lintas di depan Rudi masih berwarna kuning maka dari arah yang lain lampu lalu lintas masih berwarna hijau. Jika rudi tetap melaju maka akan bertabrakan dengan pengendara yang lain.
2. Menurutku tindakan yang dilakukan oleh pengendara sepeda motor memarahi Rudi tidak tepat karena pengendara motor juga melakukan kesalahan yaitu tidak memakai helm. Sebaiknya pengendara sepeda motor lebih bersabar karena keduanya tidak ada yang terluka.

Dengan menuliskan pendapat tentang kejadian yang dialami Rudi, kalian berlatih menyampaikan argumentasi.

Menyimak

Jauh dan Dekat

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 58
Ada banyak cara orang bepergian. Paling mudah, tentu saja dengan berjalan kaki. Namun, untuk menempuh jarak yang jauh, berjalan kaki sungguh melelahkan. Kita membutuhkan kendaraan. Dengan demikian, perjalanan bisa ditempuh dengan lebih cepat.

Kendaraan juga disebut alat transportasi. Berdasarkan tenaga penggeraknya, kendaraan terbagi menjadi dua yaitu kendaraan yang digerakkan oleh mesin dan kendaraan yang digerakkan oleh makhluk hidup, termasuk manusia. Kendaraan yang digerakkan oleh mesin antara lain mobil, sepeda motor, pesawat terbang, dan kereta api.
Sementara itu, delman, gerobak, kereta kuda digerakkan oleh hewan, sedangkan sepeda digerakkan oleh kaki pengendaranya.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 59
Menariknya, orang-orang juga mengendarai hewan secara langsung, tidak duduk di atas kereta atau gerobak yang ditarik hewan. Hewan yang dijadikan tunggangan ataupun sebagai penarik kereta biasanya memiliki kelebihan seperti kuat berjalan jauh, kuat membawa beban, atau mampu berlari kencang. Mungkin kalian sudah tahu kuda, sapi, atau kerbau dijadikan tunggangan ataupun penarik kereta. Di negara lain orang-orang juga menaiki keledai, unta, bahkan gajah.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 59-2
Berdasarkan tempat pemakaiannya, ada kendaraan yang digunakan di daratan, di perairan, dan di udara. Kendaraan darat misalnya sepeda, mobil, truk, kereta api, atau hewan seperti kuda dan unta.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 60
Di sebagian daerah yang memiliki banyak sungai, bepergian lewat air terkadang lebih disukai. Walaupun sudah ada jalan raya, banyak orang di sana yang tetap memilih lewat sungai. Alat transportasi di sungai antara lain sampan, perahu cepat, atau kapal. Kapal yang berukuran besar bahkan bisa mengarungi lautan.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 60-2
Ada jenis kendaraan yang mampu melintas di udara. Ada helikopter dan pesawat terbang, kecil ataupun besar. Ada pula kendaraan yang sampai ke luar angkasa, disebut pesawat luar angkasa.

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 61

Kunci Jawaban Bab 3 Lihat Sekitar Kelas 4 Halaman 61

Berdiskusi

1. Mendiskusikan Bacaan
Setelah membaca teks “Jauh dan Dekat”, berdiskusilah membahas topik kendaraan. Sebelum berdiskusi, kalian boleh mencari sumber bacaan lain tentang kendaraan. Saat berdiskusi, acungkan jari untuk meminta giliran. Berbicaralah setelah dipersilakan guru!
a. Apa saja alat transportasi yang dapat digunakan di sungai atau di laut? Adakah yang sama?
b. Tahukan kalian alat transportasi darat yang disebut dokar?
Apa yang dapat kalian ceritakan tentang dokar?
c. Di sebagian daerah, perahu disebut sampan. Apa sebutan untuk perahu di daerah kalian?
d. Menurut kalian, mengapa ada begitu banyak jenis kendaraan?

Alternatif Jawaban :
a. Alat transportasi yang digunakan di sungai dan laut adalah sampan, perahu cepat, atau kapal. Ada alat transportasi yang sama yaitu kapal dapat digunakan baik di sungai maupun di laut.
b. Dokar merupakan kendaraan tradisional beroda 2 yang ditarik kuda, Pengemudi dokar disebut kusir. Dokar dapat ditemukan di beberapa tempat-tempat wisata, seperti Parangtritis, Alun-alun Kidul Yogyakarta, dan Malioboro.
c. Di daerahku (Jawa Tengah) perahu disebut dengan prau.
d. Menurut saya penyebab beragamnya jenis kendaraan adalah karena beragamnya kebutuhan manusia dan kondisi alam yang berbeda. Beragamanya kebutuhan dan kondisi alam yang berbeda menuntut manusia menyesuaikan diri.

Kunci Jawaban Bab 3 Lihat Sekitar Kelas 4 Halaman 62

2. Pilih Kendaraan
Untuk kegiatan berikut ini, kalian perlu membentuk kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 orang. Setiap kelompok memilih satu moda transportasi di antara empat yang disediakan. Satu moda transportasi hanya boleh dipilih oleh satu kelompok.
• Setiap kelompok mendiskusikan kendaraan pilihannya.
Misalnya, Kelompok Darat memilih mobil, Kelompok Laut memilih perahu cepat, Kelompok Udara memilih pesawat terbang, dan Kelompok Hewan memilih unta. Tentu saja kalian boleh mengusulkan kendaraan lain di kelompok kalian.
• Setiap kelompok mendiskusikan kendaraan pilihannya. Seberapa cepat kendaraannya itu bisa berjalan? Apa keuntungan menggunakan kendaraan tersebut? Apa kekurangannya?
• Tuliskan hasil diskusi tersebut!
• Presentasikan ke depan kelas secara bergiliran!

Alternatif Jawaban :
Hasil diskusi kelompok
Kelompok Transportasi Darat Mobil
Kecepatan mobil berbeda-beda sesuai dengan jenis mesin yang digunakan. Ada beberapa mobil sport yang dapat mencapai kecepatan 300 km/jam. Bahkan kecepatan maksimal sebuah mobil F1 dapat mencapai 379 km/jam

Keuntungan menggunakan mobil
1. Lebih cepat sampai ke tujuan
2. Lebih aman untuk anak-anak
3. Jika perjalanan jarak jauh lebih aman dan nyaman
4. Tidak kepanasan dan kehujanan
5.  Lebih efisien saat bepergian bersama keluarga

Kekurangan Menggunakan Mobil
1. Mengeluarkan banyak asap yang dapat menyebakan polusi udara
2. Harga dan biaya perbaikan mobil lebih mahal dibandingkan motor
3. Lebih besar biaya perjalanan jika dibandingkan menggunakan motor
4. Jika terjadi kemacetan tidak bisa melalui jalan sempit/gang
5. Biaya pajak lebih tinggi

Kelompok Tranportasi Air Kapal Cepat
Perahu cepat/speedboat adalah jenis perahu kecil dan dengan kecepatan tinggi. Jet air ini sanggup berlayar dengan kecepatan maksimal hingga 300 km/jam.

Keuntungan menggunakan kapal cepat
1. Lebih cepat sampai ke tujuan.
2. Dapat bergerak lebih lincah dan lebih leluasa.
3. Dapat menampung lebih banyak penumpang.
4. Bebas dari kemacetan.
5. Fasilitas keamanan lebih lengkap (pelampung)

Kekurangan menggunakan kapal cepat
1.    Bagi yang tidak biasa dapat menyebabkan mabuk
2.    Tarif lebih mahal dibandingkan angkutan lain
3.    Sering terjadi kecelakaan
4.    Biaya perawatan lebih mahal
5.    Menimbulkan polusi udara

Kelompok Transportasi Udara Pesawat Terbang
Pesawat terbang sering juga disebut dengan pesawat udara atau kapal terbang adalah kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Pesawat berjenis Boeing 787 dapat bergerak dengan kecepatan mencapai 1.289 km/jam.

Keuntungan menggunakan pesawat terbang
1. Naik pesawat terbang jauh lebih aman dibanding kendaraan lainnya. Terbukti dari kecelakaan pesawat terbang terbilang lebih sedikit.
2. Hemat waktu dan hemat tenaga.
3. Pilihan rute lebih banyak.
4. Terhindar dari kemacetan
5.  Lebih nyaman dan aman

Kekurangan menggunakan peswat terbang
1. Biaya lebih mahal
2. Jika terjadi kecelakaan akibatnya fatal
3. Menyebabkan mabuk udara
4. Tidak bisa menggunakan ponsel
5. Barang bawaan terbatas

Kelompok Hewan Unta
Unta adalah salah satu hewan paling luar biasa di dunia. Mereka mampu bertahan hidup di gurun, salah satu tempat yang paling ekstrem bagi makhuk hidup. Unta dapat berlari di rute padang pasir sejauh 8 km dengan kecepatan rata-rata 64 km/ jam. 

Keuntungan menggunakan unta
1. Mampu mengangkut beban yang berat
2. Mampu menerjang dinginnya suhu gurun di malam hari
3. Dapat tahan haus selama berhari-hari.
4. Hemat biaya dan tenaga
5. Terhindar kemacetan dan ramah lingkungan

Kekurangan menggunakan unta
1. Membutuhkan waktu lama karena unta berjalan lambat
2. Hanya dapat dinaiki 1 atau 2 orang saja
3. Jika unta mogok/sakit membutuhkan waktu lama untuk penyembuhannya
4. Beban yang dapat dibawa terbatas
5. Kotoran hewan unta dapat mengganggu kenyamanan

Kunci Jawaban B.Indonesia Kela 4 Kurikulum Merdeka Halaman 62
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 3 ( Lihat Sekitar ) Halaman 42, 43, 44, 46, 47 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Selamat belajar sekian dan terimakasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Mata Pelajaran B. Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Materi Bab 3 Halaman 55, 56, 58, 61, 62"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel